TIPS

Wajib Tahu, Tips & Trik Seputar Baterai Smartphone Android

by Bruno Mukti | 26 Sep 2017
Wajib Tahu, Tips & Trik Seputar Baterai Smartphone Android

Sumber daya adalah salah satu hal yang paling penting untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet. Tanpa adanya sumber daya seperti baterai, perangkat-perangkat ini tentu saja hanyalah menjadi sesuatu yang sama sekali tak berguna. Sudah begitu, banyak tips dan trik seputar baterai smartphone yang sebenarnya ada di internet, namun yang akan dibahas di sini tidaklah hanya akan berfokus pada satu poin saja.

Ada beberapa tips dan trik seputar baterai smartphone yang wajib untuk kalian ketahui di sini, dimana tips dan trik mengenai baterai tidaklah terbatas hanya melulu tentang ketahanan dan cara menghematnya saja. Berikut adalah berapa tips tentang baterai yang dapat kalian terapkan di ponsel pintar milik kalian.

1. Cara Menjaga Baterai agar Hidup Lebih Lama

Yang dimaksud dengan menjaga baterai agar hidup lebih lama di sini adalah bukanlah tentang umur dari baterai tersebut. Melainkan tentang bagaimana agar ponsel kalian tersebut dapat digunakan dengan lebih lama. Agar ponsel kalian dapat bertahan hidup dengan lebih lama, maka yang harus kalian lakukan adalah dengan menghidupkan mode baterai "Save Mode." Mode ini akan membantu kalian untuk menghemat baterai di ponsel kalian. Untuk cara menghidupkannya adalah sebagai berikut:

  • Bukalah pengaturan yang ada di ponsel kalian, kemudian pilih "Battery"
  • Pilih 3 titik yang ada di kanan atas layar ponsel kalian, kemudian pilih "Battery Saver"
  • Pada bagian atas layar ponsel kalian, pilihlah pengaturan switch menjadi "On." Jika sudah diaktifkan, maka layar ponsel kalian pada bagian atas dan bawah akan berubah menjadi berwarna oranye.
  • Peringatan "Battery Saver" ini akan muncul secara otomatis pada saat ponsel Android kalian dalam keadaan 15%, dan akan kembali muncul pada saat kondisi baterai mencapai 5% sisa daya.

2. Tak akan Lewatkan Alarm Pagi, meski Dalam Keadaan Low-Bat

Salah satu fitur yang tidak banyak diketahui oleh pengguna Android adalah Doze. Padahal fitur ini sangatlah berguna untuk menghemat baterai. Sebab, dengan diaktifkannya fitur penghemat baterai, maka fitur ini akan aktif secara otomatis juga. Namun, fitur Doze hanya ada untuk ponsel-ponsel yang telah menggunakan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow ke atas.

Fitur ini sendiri akan bekerja dengan sensor gerak yang ada di ponsel pintar. Jika ponsel pintar dalam keadaan diam dan sama sekali tidak digunakan dalam kurun waktu yang lama, seperti saat kita sedang tidur di malam hari atau pun sedang beraktivitas, maka fitur Doze akan menyala secara otomatis. Dengan demikian, kalian tidak akan pernah melewatkan alarm pagi kalian meski keadaan baterai kalian dalam keadaan low-bat sekali pun. Jadi, terlupa untuk mengisi baterai di malam hari bukanlah menjadi satu alasan untuk tidak bangun pagi.

3. Mengisi Daya Baterai dengan Lebih Cepat

Teknologi pengisian daya baterai sekarang ini sudah semakin canggih. Sudah bukan jamannya lagi untuk mengisi daya ponsel dan menunggunya dalam kurun waktu yang lama. Bagi kalian yang menginginkan untuk mengisi daya ponsel dengan lebih cepat, maka gunakanlah fitur "Rapid Charging" yang telah disediakan oleh Android. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur "Rapid Charging."

  • Pasanglah charger ke ponsel pintar milik kalian
  • Arahkan navigasi ponsel milik kalian ke pengaturan ponsel
  • Pilihlah pengaturan baterai
  • Berikan centang pada bagian kotak yang ada di sebelah kanan tulisan "Rapid Charging"

4. Hindari Pengeringan Baterai dengan Mengurangi Kecerahan Layar

Usia baterai memang tidak ada yang abadi. Dalam jangka waktu tertentu, baterai lama-kelamaan akan mengalami pengurangan daya hingga akhirnya rusak dan tidak dapat digunakan sama sekali. Untuk memperpanjang umur baterai ini sendiri adalah dengan menjaga agar baterai ponsel tetap selalu dalam keadaan basah. Salah satu faktor yang menyebabkan baterai jadi lebih cepat mengering adalah kecerahan cahaya ponsel yang terlalu terang.

Untuk tetap bisa menghemat usia dari baterai, maka sangat dianjurkan agar kalian tetap menggunakan dan mengaktifkan fitur "Adaptive Brightness" di ponsel kalian. Cara untuk mengaktifkannya sendiri cukuplah mudah, kalian hanya perlu menekan tanda centang yang ada pada bagian paling kanan dari pengaturan kecerahan cahaya yang ada di pengaturan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top