REVIEW

Serunya Jadi Masinis Kereta Api di Indonesian Train Simulator

Anna   25 Sep 2017
Serunya Jadi Masinis Kereta Api di Indonesian Train Simulator

Kabar baik bagi kalian yang para pecinta kereta api, karena sekarang sudah ada game simulasi kereta api Indonesia. Game ini bernama Indonesian Train Simulator dan dikembangkan oleh Highbrow Interactive. Salah satu pengembang game yang berasal dari Australia ini memang sudah mengeluarkan game-game dengan tema serupa, seperti Railroad Crossing, Euro Train Simulator, dan Indian Train Simulator. Lantas, game simulasi kereta Indonesia ini seperti apa, ya? Yuk, marilah kita cek.

Gameplay

Konsep dari game Indonesian Train Simulator ini sebenarnya cukup simpel. Sebagai pemain, kalian berperan sebagai masinis yang menentukan laju dan jalur yang dilalui kereta. Ketika menjalankan game ini untuk pertama kalinya, kalian akan ditawarkan dua pilihan bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Sayangnya, opsi Bahasa Indonesia dalam game ini agak aneh, tapi penulis memakluminya karena pengembang game ini bukanlah berasal dari Indonesia. Memang, jadi agak sulit untuk memahaminya. Tapi, lama-kelamaan, kalian akan bisa memahami dan bakal terbiasa, kok.

Game ini memiliki tiga mode, yaitu Karir, Bermain Cepat, dan Custom atau Sandbox. Mode Karir merupakan mode yang harus kalian mainkan terlebih dahulu sebelum bisa memainkan dua mode lainnya. Di mode Karir, kalian akan disajikan dengan tutorial atau cara bermain untuk memantapkan kalian dalam bermain game ini. Setelah menamatkan tutorial, kalian akan diberi tugas bermain sebagai masinis kereta api pengangkut barang. Setelah itu, kalian akan diberikan tugas sebagai masinis kereta api pengangkut penumpang.

Setelah mencoba mode Karir, kalian pun bisa langsung mencoba mode Bermain Cepat. Di mode ini, kalian tidak perlu repot-repot untuk memilih kereta, karena main engine, gerbong, dan jalur kereta sudah dipilihkan secara acak.

Mode terakhir dalam game ini adalah mode Custom atau Sandbox, dimana kalian bisa mengkustomisasi main engine, gerbong, dan waktu untuk kapan kereta api bakal berangkat dan sampai di tujuan. Secara spesifik, kalian bisa memilih. Mau mengisi gerbongmu dengan barang, bensin atau penumpang? Pilihan waktu untuk kapan kereta api bakal berangkat yang ditawarkan pun cukup spesifik. Dari pagi, tengah hari, siang, sore, dan malam. Kalian juga bisa mengatur cuaca ketika kereta api bakal berangkat. Pilihan cuacanya berkisar antara mendung, berkabut, hujan, atau hujan badai.

Kalian juga bisa menentukan tujuan kereta api. Sayangnya, jalur yang tersedia barulah jalur Jakarta-Bandung.

Game ini menurut penulis cukup mudah untuk dimainkan. Jadi, meski pun tanpa menjalani tutorial, kalian tetaplah akan bisa memainkan game ini. Kunci dari game ini sebenarnya sederhana, kalian hanya perlu untuk patuh terhadap peraturan yang ada. Apabila lampu yang menyala berwarna hijau, maka kalian boleh berjalan. Namun, apabila lampu yang menyala berwarna merah, maka kalian harus berhenti. Jangan lupa untuk terus mengecek batas kecepatan kereta api dan kecepatan mendatang, jangan sampai kalian melebihinya, ya.

Game ini memiliki beberapa fitur yang berguna, seperti lampu untuk ruangan masinis, lampu depan kereta, klakson, dan rem darurat. Semua fitur ini bisa kalian gunakan. Tapi, jangan malah kalian memain-mainkannya hanya karena iseng, lho.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, game Indonesian Train Simulator cukup menyenangkan. Bisa dibilang, game ini merupakan salah satu game pertama yang memiliki konsep perkeretaapian lokal, cocok untuk orang-orang yang tertarik dengan kereta api. Dari sisi grafis dan layout, game ini bisa dibilang cukup impresif namun masih ada beberapa hal yang seharusnya bisa diperbaiki.

Yang terasa kurang di game ini menurut penulis sendiri adalah sedikitnya jalur yang disediakan. Bahasa Indonesianya pun masih berupa terjemahan langsung dan terasa aneh serta tidak natural. Game ini mungkin akan bisa lebih baik apabila jalur keberangkatan dan tujuan ditambah serta bahasanya lebih diperbaiki.

Penulis cukup menikmati dalam memainkan game simulasi kereta api ini. Apabila kalian tertarik untuk memainkannya, maka kalian sudah bisa mendapatkannya secara gratis di Play Store untuk Android. Setelah selesai memainkannya, jangan lupa untuk memberikan komentarmu mengenai game ini di kolom komentar, ya!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top