REVIEW

Seen, Siapkah Dirimu untuk Jatuh Cinta Lagi?

Anduril   21 Sep 2017
Seen, Siapkah Dirimu untuk Jatuh Cinta Lagi?

Seen merupakan sebuah game visual novel yang bercerita tentang kisah Mark Blythe, seorang murid SMA yang berteman dengan salah seorang teman sekelasnya yang bernama Nicole Tyler melalui aplikasi chat. Game ini membiarkan kalian untuk mengganti nama setiap karakter mau pun foto yang mereka gunakan. Untuk sementara, fitur ini tidak kami gunakan agar karakternya tetap sesuai dengan penokohannya.

Menu utama dan UI tempat berlangsungnya pembicaraan dengan Nicole, bentuknya terlihat mirip dengan Facebook Chat. Selama permainan, kalian bisa menjawab setiap pembicaraan dengan menekan tombol keyboard untuk melakukan simulasi atas jari-jari Mark yang sedang mengetik. Sebelum menjawab chat, kalian diberi opsi berupa dialog apa yang ingin kalian ucapkan ke Nicole.

Terkadang Mark akan menghapus chatnya bila terjadi perubahan emosi atau respons. Sebagai contoh, Mark pernah hampir menulis “Go fuc..” ke bekas pacar Nicole, sebelum akhirnya menggantinya menjadi “Sure” atau “I’m busy.” Percakapan ini muncul ketika Mark merasa patah hati terhadap Nicole, dan tidak bisa berbuat apa pun untuk menjangkau dirinya.

Pilihan dialog yang kalian buat akan terasa penting dalam permainan, karena hal itu mempengaruhi bagian percakapan di masa depan. Akan ada callback untuk percakapan sebelumnya yang tergantung pada pilihan yang pernah kalian lakukan. Cerita bakal menjadi semakin dramatis setiap kali kita semakin maju dalam mendekati Nicole.

Beberapa poin membuat kami depresi, berjuang sekuat mungkin untuk tetap berhubungan dengan Nicole. Pada akhirnya, semuanya akan berakhir dan di saat kami mencoba untuk mengembalikan posisi, Nicole malah membawa kami ke rute cerita yang menyedihkan. Sebuah rute yang membuang Mark dari kehidupannya, tetapi ceritanya akan tetap berlanjut.

Seen memberikan musik yang sangat minim, agar kalian bisa merasakan sentuhan emosi yang natural. Kalau pun ada musik di dalamnya, musik tersebut mudah untuk dilupakan dan cukup datar. Satu-satunya suara yang paling kami ingat adalah suara notifikasi yang menuntun kami untuk menjawab setiap reaksi dari Nicole.

Seen akan membawamu ke sebuah dunia dimana semuanya terlalu nyata. Kalian berharap kalau Nicole akan berbicara dengan dirimu lagi. Kalian berharap kalau Nicole akan menegurmu melalui chat. Sayang, semuanya itu sudah terlambat dan kalian hidup di dunia nyata, tanpa ada seorang teman sekelas yang bernama Nicole Tyler di Facebook Chat. Kami tidak bisa membayangkan kalau seandainya kami mengganti nama Mark Blythe dengan nama kami, sedangkan Nicole Tyler dengan nama mantan kami yang memiliki cerita paling menyedihkan. Kami pastinya bakal merasakan kesedihan yang luar biasa lagi bila dibandingkan dengan menggunakan nama Mark Blythe dan Nicole Tyler.

Game ini tidak memiliki IAP (in-app purchases), jadi kalian harus mengumpulkan koin dengan cara melihat iklan-iklan yang ditayangkan demi bisa mengganti nama karakter.

Seperti yang menjadi tagline Seen, siapkah dirimu untuk jatuh cinta lagi? Game ini memberikan sebuah pengalaman bagi kami untuk jatuh cinta pada Nicole Tyler, seorang gadis tanggung dengan segala emosi dan masalahnya, yang mampu membuat kami ingin berjuang demi mendapatkan hatinya.

Seen bukanlah game untuk semua orang, tetapi kalau kalian memang menikmati game-game dengan dasar berupa teks seperti visual novel, maka Seen bisa menjadi salah satu game yang harus kalian mainkan di Android. Game ini juga memiliki fitur untuk membuat cerita sendiri sehingga menambah replayability yang dimilikinya.

Apps Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top