TIPS TRIK

Touchscreen Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya!

Dikdok   23 Sep 2017
Touchscreen Bermasalah? Ini Cara Memperbaikinya!

Jika kita dulu hanyalah mengenal perangkat komunikasi yang memiliki tombol fisik, maka kini dengan semakin berkembangnya teknologi, berbagai perangkat tersebut telah bertransformasi dan menggunakan fitur touchscreen sebagai cara untuk melakukan navigasi pada perangkat itu sendiri.

Selain memungkinkan navigasi yang jauh lebih mudah dan beragam, fitur touchsreen telah mengubah desain perangkat komunikasi menjadi lebih simpel namun bertenaga.

Namun, sama halnya dengan perangkat-perangkat lainnya, smartphone yang memiliki fitur touchscreen juga bisa mengalami kerusakan yang menyebabkan touchscreen tidak menjadi sensitif lagi.

Nah, jika kalian mengalami hal tersebut di perangkatmu, jangan terlalu terburu-buru untuk membawa smartphone milikmu itu ke service center, karena masalah tersebut masih bisa diperbaiki dengan cara-cara manual yang mudah. Lalu, bagaimanakah caranya? Berikut ini, akan Jurnal Apps tampilkan cara-cara untuk memperbaiki touchscreen yang bermasalah di smartphone-mu.

1. Bersihkan Memori RAM

Kinerja smartphone sangat bergantung dengan besarnya memori RAM. Jika sisa memori RAM yang ada di perangkat smartphone milikmu itu tersisa dengan sangat sedikit, maka kinerja smartphone juga akan terhambat. Untuk itu, langkah pertama untuk mengatasi masalah pada touchscreen-mu adalah dengan membersihkan memori RAM pada smartphone secara berkala.

2. Kalibrasi Layar Sentuh

Cara lainnya untuk menangani kerusakan dari touchscreen adalah dengan menggunakan aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh. Selain dapat menyesuaikan tingkat sensitivitas dari touchscreen, kalian melalui aplikasi ini juga dapat memperbaiki touchscreen yang macet.

3. Ubah Pengaturan Launcher

Cara untuk memperbaiki touchscreen berikutnya adalah dengan mengubah launcher yang ada pada perangkat kalian. Jika dibutuhkan, hapuslah launcher yang memiliki efek animasi dengan kapasitas yang terlau besar.

Penghapusan launcher ini dapat mempercepat kinerja dari smartphone, karena launcher dengan efek animasi yang berat akan memakan memori RAM yang juga cukup besar.

Ada baiknya jika kalian ingin memakai wallpaper di smartphone untuk memakai yang sifatnya tidak bergerak dan memiliki kapasitas yang cenderung ringan.

4. Restart Smartphone

Jika cara-cara sebelumnya masih belum berhasil juga, maka cara yang bisa kalian lakukan selanjutnya adalah dengan merestart smartphone kalian. Dengan merestart smartphone, semua sistem yang berjalan di perangkat kalian akan kembali untuk berjalan dari awal lagi. Namun, jika cara ini ternyata masih belum berhasil juga, maka kalian mau tidak mau haruslah memperbaikinya ke service center.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika touchscreen kalian bermasalah. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top