TRIK

Handphone Terkena Air? Jangan Lakukan 4 Hal Ini!

Abay   20 Sep 2017
Handphone Terkena Air? Jangan Lakukan 4 Hal Ini!

Kita tidak pernah mengetahui kapan nasib malang akan menimpa kita. Berbagai hal bisa terjadi kepada kita, termasuk kepada gadget kita. Terkena nasib malang tersebut mungkin adalah buah hasil kesalahan dan ketidaktelitian dari kita.

Handphone terkena air atau bahkan kemasukan air merupakan salah satu nasib malang yang mungkin saja terjadi. Panik? Pastinya, mungkin dikarenakan data dan foto milik kita yang ada di gadget kita dan mungkin dikarenakan semuanya itu belum pernah kita backup. Nah, jika hal tersebut sampai terjadi, hindari untuk melakukan hal-hal seperti di bawah ini.

1. Langsung Dinyalakan

Biasanya, hal ini yang akan kita lakukan jika handphone sampai terkena air, karena kita ingin mengetahui apakah handphone kita masih berfungsi atau tidak.

Nyatanya, hal ini yang justru malah akan merusak gadget kita, karena jika air benar-benar masuk dan mengenai komponen hardware maka yang terjadi adalah korsleting. Karena, listrik yang masuk ke hardware akan mengenai air yang merembes masuk dan akan berakibat fatal.

Jadi, jangan nyalakan gadget kita bila sampai terkena air.

2. Dijemur di Tempat Panas

Kita pasti berpikir, jika basah maka sebaiknya dijemur agar cepat kering, bukan? Pemikiran itu justru nyatanya salah. Karena, hal ini tidak membantu gadget kita menjadi kering, malah akan merusaknya jika dijemur dan terkena cahaya matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

3. Dikeringkan dengan Menggunakan Hair Dryer

Hair dryer merupakan sebuah solusi dalam pikiran kita jika barang kita terutama elektronik sampai terkena air dan harus kering dengan cepat agar bisa digunakan kembali.

Hal ini nyatanya justru malah merusak elektronik akibat eksposur panas yang berlebihan ke komponen gadget kita. Angin yang dihasilkan juga akan membuat air yang merembes masuk akan semakin menyebar ke komponen-komponen di bagian dalam sehingga akan berakibat fatal.

4. Menekan Hampir Semua Tombol

Panik karena gadget kita terkena air bisa mengakibatkan kita akan menekan tombol-tombol di handphone kita secara refleks untuk mengetahui apakah handphone kita masih berfungsi atau tidak.

Hal ini justru harus sangat dihindari karena akan mengakibatkan air akan semakin menyebar ke komponen hardware handphone kita dan juga bisa mengakibatkan korsleting.

Jika memang handphone kita terkena atau kemasukan air, usahakan lap air di permukaan handphone secara perlahan dan diamkan handphone selama 1 hingga 2 hari agar air mengering dengan sendirinya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top