REVIEW

Gunbound M! Nostalgia Klasik Game Shooter Pertama di Indonesia

Anduril   18 Sep 2017
Gunbound M! Nostalgia Klasik Game Shooter Pertama di Indonesia

Mungkin kalau kami bertanya, "Siapa yang pernah memainkan Nexia atau Redmoon?" Tidak akan ada banyak orang yang mengangkat tangannya. Pasalnya, kedua game tersebut memang hadir di awal meledaknya demam warnet (warung internet) di Indonesia. Tapi, kalau kami bertanya, "Siapa yang pernah memainkan Gunbound?" Niscaya, akan ada banyak millenial yang mengangkat tangannya.

Ya, game yang dikembangkan oleh Softnyx ini akhirnya dimunculkan juga di smartphone. Kali ini, Gunbound mengusung nama Gunbound M! Dan, yang mengembangkan adalah DargomStudio asal Korea Selatan, yang kemungkinan besar masihlah satu perusahaan dengan Softnyx.

Gunbound memang penuh dengan kenangan dan dianggap sebagai sebuah game shooter dengan fitur sidescroll terbaik. Tentunya, gelar ini tidaklah diperoleh dengan begitu saja, karena Gunbound di masanya telah berhasil mengisi genre casual yang memang pada saat itu masihlah sepi peminat.

Gunbound M! menyajikan berbagai mobil yang memiliki kelebihan, kekurangan, dan kemampuan tembakan yang beragam. Jadi, pemain bisa memilih banyak tipe mobil untuk bersaing dengan pemain-pemain lainnya. Selain itu, elemen permainannya sendiri sangatlah kompleks, meski pun masih menampilkan grafis yang sederhana.

Banyak mobil lama yang akhirnya ikut dimunculkan kembali di seri Gunbound M! Jadi, pemain bisa bernostalgia sambil memainkannya. Tidak hanya mobil, game ini juga menampilkan beberapa fitur baru yang tak kalah seru dan kompleks demi menyesuaikan diri dengan pasar gawai yang ada di saat ini.

Pada dasarnya, game ini memiliki gameplay yang tetap sama, karena tetap memberikan sistem yang memungkinkan kalian untuk memperhatikan sudut tembakan, kekuatan tembakan, arah mata angin, dan gangguan-gangguan lainnya. Dikarenakan sistemnya sama, maka tujuan permainannya juga sama. Kalian memiliki tugas untuk menghabisi seluruh mobil yang dimiliki oleh musuh dengan menembaki mereka dengan menggunakan serangan yang dimiliki mobilmu.

Ada dua cara untuk mengalahkan musuhmu, yang pertama adalah menghabisi HP mereka dengan cara langsung, alias menembaki mereka. Sedangkan, cara yang kedua adalah kalian bisa saja menjatuhkan mereka ke jurang. Kedua cara ini sangat bergantung dari strategi dan jenis mobil yang bakal kalian gunakan. Beberapa mobil memang memiliki spesifikasi untuk melukai HP. Sementara itu, ada beberapa mobil lainnya yang bisa menghancurkan pijakan dengan cepat.

Nah, dalam GunBound M!, semua aspek yang sebelumnya kalian kenal di Gunbound biasa telah disederhanakan, sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja dan kapan saja. Kini, sudut tembakan dan kekuatan tembakan menjadi satu bagian dan memiliki petunjuk yang akan membantumu. Meski pun memiliki petunjuk, bantuan ini hanyalah berlaku ketika tidak ada angin yang berhembus di medan pertempuran.

Jadi, pemain masih harus menghitung angin yang berhembus dan arah mata anginnya. Angka bakal menjadi penentu bagi kekuatan angin yang berhembus. Semakin tinggi angka yang muncul pada petunjuk angin, maka semakin kuat angin yang berhembus di arena pertempuran.

Jika arah mata angin menunjuk ke Barat, sedangkan musuhmu berada di Timur, maka kalian harus menembakkan seranganmu dengan lebih kuat ke arah Timur. Apalagi, jika kekuatan angin menunjukkan angka-angka yang besar. Sedangkan, jika ada tornado, kalian harus mempelajari sudut tembakan yang benar, sebab tornado itu bisa saja mengacaukan seluruh amunisi yang kalian tembakkan.

Selama permainan berlangsung, ada berbagai macam tembakan yang bisa kalian lakukan. Misalnya saja, Back Shot yang merupakan tembakan ke arah belakang. Juga, ada Bungie Shot, yaitu tembakan yang mengarah kepada pijakan mobil musuh. Bila tembakan tersebut berhasil menjatuhkan musuh, maka Bungie Shot akan berubah menjadi Dig Shot.

Beberapa tembakan akan dinilai berdasarkan ketepatan dalam menyerang bagian mobil musuh. Bagi kalian yang berhasil membidik sang pengendara atau bagian bawah mobil, maka tembakanmu dinilai Perfect dan menghasilkan kerusakan maksimal. Namun, jika kalian mengenai sisi kanan dan kiri dari mobil, maka tembakanmu dinilai sebagai Great. Ketika mengenai percikan saja, maka tembakanmu hanyalah dinilai Good. Jika meleset, maka dinilai Dumb Shot!

Mobil merupakan aspek paling menentukan di Gunbound M, bahkan mereka juga memiliki level tersendiri. Kalian pun bisa melakukan upgrade dengan menggunakan Jewel. Semakin tinggi level mobil, maka kalian akan semakin banyak membutuhkan Jewel tersebut.

Jewel akan memberikan beberapa kekuatan, seperti meningkatkan damage, meningkatkan HP, meningkatkan hadiah hasil kemenangan, dan sebagainya. Kalian bisa mendapatkan Jewel dengan melakukan gacha di Shop. Kalian juga bisa mendapatkan berbagai jenis mobil melalui gacha di Shop.

Avatar juga merupakan fitur penting di Gunbound M! Kalian tidak perlu mengumpulkan set item secara satu per satu untuk menciptakan avatar keren. Kalian hanya perlu melakukan pembelian saja. Ada beberapa jenis avatar yang disediakan seperti Animal, Alien, hingga Classic. Avatar ini sendiri memiliki empat grade, mulai dari C, B, A, dan S. Masing-masing memiliki skill berbeda yang menentukan kekuatan pemain. Lagi-lagi, avatar ini bisa didapatkan melalui fitur gacha.

Secara garis besar, Gunbound M! adalah game yang cukup menyenangkan untuk dimainkan terutama untuk sekedar iseng atau oleh orang-orang yang memang menyukai game startegi shooter. Di tangan kami, game ini jadi terasa sangat tua karena banyaknya kenangan yang tersimpan di dalamnya. Bagi orang-orang yang baru mengenal Gunbound, maka ini adalah game terbaik yang bisa kalian dapatkan pada saat ini. Jadi, segera unduhlah game ini di gawaimu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top