REVIEW

Menyeramkan! Inilah yang Bisa Dilakukan Facebook dengan Seluruh Data Kita!

Dikdok   19 Sep 2017
Menyeramkan! Inilah yang Bisa Dilakukan Facebook dengan Seluruh Data Kita!

Saat ini, cukup mustahil sepertinya jika ada yang sampai tidak mengenal Facebook, bukan? Bagaimana tidak? Dengan memiliki lebih dari 2 milyar pengguna, media sosial ini bahkan telah mencatatkan dirinya sebagai media sosial yang terbesar di saat ini.

Namun, sadarkah kalian? Dengan banyaknya jumlah pengguna yang ada di Facebook, hal ini menandakan bahwa Facebook juga telah memiliki cukup banyak data untuk mengetahui sebagian identitas bahkan privasi dari para penduduk di berbagai belahan dunia.

Nah, dengan data-data yang dimiliki oleh Facebook ini, lantas hal-hal apa saja yang bisa mereka ketahui dan lakukan terhadap diri kita? Berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Music dan TV

Ketika menggunakan Facebook, kita pastinya pernah mengikuti fanpage dari serial televisi, film, atau pun musik dengan genre tertentu, bukan? Melalui hal tersebut, Facebook dapat mengambil informasi, dan mereka pun dapat mengetahui selera film dan musik dari kita.

2. Nearby Friends

Kalian pastinya tahu dengan fitur yang satu ini, bukan? Dengan mengaktifkan fitur ini, kita dapat menemukan para pengguna Facebook lain yang berada di lingkungan sekitar kita. Untuk dapat melakukannya, kita harus memberikan izin pada Facebook untuk mengakses informasi lokasi kita. Ini mengartikan bahwa Facebook akan mengetahui kita bertinggal di daerah mana.

3. Login Services

Kita pastinya juga pernah melakukan login ke situs-situs tertentu yang membutuhkan registrasi terlebih dahulu. Nah, agar proses registrasi menjadi lebih cepat, banyak pengguna yang memanfaatkan akun Facebook (Login with Facebook) untuk melakukan registrasi. Hasilnya, Facebook juga akan memperoleh setiap data dan akses menyoal kegiatan kita di website dan aplikasi lain yang menggunakan fitur Login Services ini.

4. Sync with Facebook

Dengan memperbolehkan Facebook untuk melakukan sync (sinkronisasi) kontak, seluruh nomor kontak rahasia kita pun akan ter-upload dan tersimpan di server Facebook.

5. Umur, Like, Status, dan Iklan

Informasi mengenai umur, like, dan status merupakan informasi yang sangat mudah untuk didapatkan oleh Facebook, bahkan dari para penggunanya sendiri. Nah, dengan menggunakan seluruh informasi dari data-data tersebut, maka Facebook pun dapat memberikan iklan yang sesuai dengan umur, kesukaan, dan status yang biasanya kita buat.

6. Facebook Messenger

Melalui aplikasi Messenger, orientasi akan kecenderungan menggunakan smartphone (Portrait atau Landscape) pun dapat diketahui oleh Facebook dengan mudah. Mereka juga dapat mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan oleh kita di saat menggunakan berbagai aplikasi secara langsung atau di belakang layar (foreground dan background).

7. Secret Experiments

Tercatat, selama 1 minggu di tahun 2012 lalu, Facebook pernah mengatur News Feeds (beranda) milik 689.003 pengguna. Bahkan, Facebook dapat memanipulasi mood dari setiap user untuk lebih mengarah ke positif atau pun negatif.

8. DeepFace

Facebook memiliki perangkat lunak pengenal wajah DeepFace dengan akurasi tinggi (97,25%) dan mengenal tubuh manusia dengan akurasi yang yang mencapai 97,53%. Dengan begitu, Facebook memiliki akses lebih dari 250 milyar foto-foto milik kita sebagai penggunanya untuk membuat model 3D dari setiap wajah yang ada.

9. Power of Likes

Dengan memberi Like di fanpage tertentu, Facebook dapat menganalisa berbagai hal yang kita sukai. Mulai dari orientasi seksual, hingga hal-hal sensitif lainnya.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top