REVIEW

Inilah "Rajanya" Game Pinball, Pinball King

by Andy Chan | 13 Sep 2017
Inilah "Rajanya" Game Pinball, Pinball King

Pinball merupakan sejenis game yang sudah lama ada di dunia. Sebuah game klasik dimana pemain mencoba untuk mempertahankan bola di dalam sebuah mesin agar tidak terjatuh ke lubang yang berada di bawah dengan menggunakan dua buah (atau lebih) flipper yang fungsinya untuk mementalkan bola tadi kembali ke atas. Nah, Mobirix yang sudah membuat banyak game, seperti Strikers 1945-III, Gunbird II, dan Zombie Hive, telah ikut membuat sebuah game bertemakan Pinball, yang diberi judul Pinball King.

Dalam Pinball King ini, pemain diberikan sebuah meja bertemakan luar angkasa yang berjudul Planet Escape. Pemain ditugaskan untuk menembak jatuh pesawat-pesawat musuh di dalam Planet Escape. Seperti game pinball biasanya, pemain akan menggunakan kedua posisi touch screen pada sisi kiri dan kanan untuk menggerakkan flipper.

Setelah mementalkan bola ke atas, bola akan turun ke bawah dengan melewati rintangan-rintangan yang sebenarnya tidak terlalu banyak. Tersedia tiga buah flipper, satu di sebelah kanan tempat bola pinball itu turun, sementara dua lagi adalah posisi standar, yakni sepasang yang berada di dekat lubang. Namun sayangnya, meja pinball Planet Escape ini memiliki ruang tengah yang sebagian besar isinya malah kosong melompong, jadi kemungkinan untuk bola pinball tersebut sampai jatuh ke lubang tengah jadi sangatlah besar.

Hanya mempertahankan bola dalam permainan saja tidak akan membuat nilai jadi tinggi. Pemain harus mengarahkan bola pinball tersebut menuju target-target yang ada agar bisa mendapatkan nilai tinggi. Di bagian bawah meja, terdapat sebuah counter mundur yang menunjukkan jumlah nilai yang dibutuhkan untuk bisa naik ke level berikutnya. Setiap berganti level, maka pesawat tempur luar angkasa yang berada di layar pun akan berubah menjadi lebih bagus. Permainan akan berakhir apabila pemain bisa menjatuhkan bola pinball ke lubang bawah hingga sebanyak dua kali, apabila tidak ada asuransi untuk meluncurkan bola kembali.

Uniknya di sini, ada sebuah tombol ajaib di bagian atas layar yang bertuliskan angka "30." Ini merupakan sebuah tombol Auto-play, jadi game-nya akan memainkan pinball secara otomatis tanpa melibatkan masukan dari pemain sama sekali selama 30 detik. Tapi, begitu hitungan waktu selama 30 detik ini habis, maka pemain harus secepatnya memegang kendali kembali kalau tidak menginginkan bolanya sampai terjatuh ke lubang di bawah.

Setiap menyelesaikan satu sesi permainan, pemain akan diukur kesuksesan nilainya dan kemudian diberikan koin sebagai hadiah. Koin ini berguna untuk membeli bola dalam jumlah lebih sebelum permainan dimulai, sehingga jumlah total bola yang dimainkan adalah tiga, bukan hanya dua saja. Koin juga bisa digunakan untuk bermain pinball secara multiplayer online dengan melawan pemain lain.

Juga, ada mode berupa mini game, dimana pemain bakal diberikan waktu selama satu menit untuk memasukkan bola ke target skor yang nilainya bervariasi dengan sebanyak-banyaknya. Mode ini murni untuk mengumpulkan uang, dan uniknya, bisa dimainkan secara Auto alias otomatis. Hal ini bakal mempermudah pemain yang ingin melakukan grinding, meski pun ujung-ujungnya, mini game-nya jadi terasa tidak ada gunanya sebagai sebuah permainan.

Tapi, tampilan Pinball King ini cukup berhasil mewujudkan sebuah meja pinball yang seperti aslinya. Ada banyak lampu kecil yang berkedip-kedip, lengkap dengan efek-efek suara yang otentik menyoal berisiknya. Dan, sebagaimana sebuah video game, tentunya malah memiliki kemampuan yang tidak mungkin dimiliki oleh mesin pinball sesungguhnya, yaitu animasi pesawat luar angkasa yang bergerak melewati layar ketika naik level.

Pinball King memang merupakan sebuah game free-to-play, namun game-nya memiliki banner iklan di bagian atas yang cukup mengganggu, selain iklan yang tentunya sering muncul setiap habis bermain. Di samping itu, game-nya memiliki mata uang premium berupa diamond yang tidak bisa didapatkan secara in-game, dan hanyalah bisa dibeli dengan menggunakan uang asli. Diamond ini bisa digunakan untuk membeli banyak bola cadangan dalam permainan, serta untuk membeli Auto-play yang lebih lama dari hitungan 30 detik saja.

Biasanya, game-game Mobirix itu cukup bagus, dan boleh dikatakan, Pinball King tidaklah mengecewakan. Tapi, sebagai sebuah game yang mengaku sebagai Pinball King, alias rajanya Pinball, game ini rasanya memiliki sangat banyak kekurangan. Misalnya, tidak adanya fitur Tilt, yaitu menggoyangkan mesin untuk mempengaruhi jalannya bola, yang biasanya hadir pada game-game pinball lainnya. Selain itu, meski pun game-nya cukup menantang, namun berhubung hanya tersedia satu buah mesin saja yang berjudul "Planet Escape," maka permainan ini jadi terasa monoton.

Tidak ada salahnya untuk mencoba game Pinball King ini, meski pun mungkin Anda akan bosan dalam waktu singkat dan segera menghapusnya dari memori ponsel Anda.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top