TIPS TRIK

Cara Pendaftaran Wajah & Otentifikasi Face ID di iPhone X

by Dikdok | 13 Sep 2017
Cara Pendaftaran Wajah & Otentifikasi Face ID di iPhone X

Salah satu kemampuan dari iPhone X yang terbocorkan di dalam update iOS 11 Golden Master (GM) adalah Face ID. Melalui bocoran yang muncul tersebut, bahkan telah diberikan informasi menyoal bagaimana cara untuk menggunakan fitur tersebut. Adalah seorang pengembang asal Brazil bernama Guilherme Rambo yang memiliki banyak informasi mengenai pembaruan Face ID ini.

Melalui cuitannya di Twitter, Rambo telah memberikan beberapa petunjuk menyoal bagaimana cara untuk melakukan pengaturan Face ID dan Passcode yang digunakan untuk membuka sistem keamanan di iPhone X, konfirmasi pembelian konten-konten di YouTube dan App Store serta Safari Auto-fill.

Lalu, bagaimanakah cara untuk melakukan pengaturan awal dari Face ID ini?

Proses pendaftaran wajah cukup serupa dengan ketika pengguna mendaftarkan sidik jadi untuk pendaftaram Touch ID. Begitu masuk pada menu pendaftaran, pengguna nantinya akan diminta untuk menggerakkan wajah mereka secara perlahan dengan berbagai sudut pandang, sesuai dengan tampilan animasi yang dimunculkan.

Setelah proses pengenalan wajah tersebut berhasil dilakukan, maka rekaman wajah pengguna akan tersimpan di dalam fitur keamanan biometrik iOS 11. Selanjutnya, pengguna bisa menggunakan wajahnya untuk membuka kunci pada layar, mengunduh dan membeli aplikasi hingga mengisi identitas nama untuk melakukan login ke suatu aplikasi secara otomatis di mesin peramban Safari.

Selain itu, Rambo juga memberikan gambaran singkat mengenai proses otentifikasi dengan menggunakan Face ID.

Dalam keterangan yang diberikannya, Rambo tidak meyakini bakal ada semacam preview kamera di saat proses otentifikasi dengan menggunakan Face ID sedang dilakukan. Namun secara persisnya, tampilannya akan seperti itu. Ia juga tidak meyakini bahwa iOS 11 versi final ini bakal memunculkan tampilan animasi tersebut pada setiap kali pengguna melakukan proses otentifikasi.

Face ID sendiri merupakan sistem keamanan yang digunakan oleh Apple sebagai pengganti fitur Touch ID, yang tidak lagi diadopsi oleh Apple pada iPhone X. Fitur Face ID ini diklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih baik, lebih akurat, dan lebih canggih. Pasalnya, teknologi baru ini telah mampu untuk memindai dengan sangat cepat dan mengenali iPhone saat diletakkan pada permukaan datar.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top