REVIEW

XPlayer 3D, Pemutar Musik Surround untuk Android-mu

by EstuPW | 11 Sep 2017
XPlayer 3D, Pemutar Musik Surround untuk Android-mu

Bila kalian pernah memiliki Samsung Galaxy S4, kalian dipastikan pernah merasakan betapa lengkapnya audio player yang tersedia di dalam smartphone tersebut. Saking lengkapnya, sampai-sampai, audio player bawaan Samsung tersebut menghadirkan efek virtual 3D surround sound.

Efek virtual 3D dan surround sound 7.1 biasanya tidak dimiliki oleh smartphone, mengingat secara fungsinya memanglah kurang maksimal, apalagi kalau hanya untuk memutar lagu. Tapi, terkadang, ada rasa kehilangan yang muncul, terutama di saat ketika kita mendengarkan musik dengan frekuensi tengah yang kontras, seperti musik akustik atau Jazz, misalnya.

Setelah sekian lama mencari solusi akan alpanya fitur ini, kami akhirnya berjumpa dengan aplikasi XPlayer 3D buatan Tamal Basak. Aplikasi ini tidak hanya menghadirkan equalizer layaknya audio player lainnya di Android, tetapi juga menghadirkan Virtual 3D dan Surround Sound 7.1 yang dipisah berdasarkan fungsi dan mode.

Tampilan awal dari aplikasi ini terlihat sangat intuitif. Dengan melakukan beberapa tap saja, kita sudah langsung diajak ke jantung utama dari aplikasinya, yaitu Virtual 3D dan Surround Sound 7.1. Tapi, bila kita masuk lebih dalam lagi, maka kita akan disuguhi dengan sebuah equalizer yang cukup diiringi berbagai efek virtual lainnya.

Beberapa efek yang tersedia adalah Virtual 3D, Surround Sound 7.1, Bass Boost, Treble Boost, dan Pan. Virtual 3D akan memberikan performa 2.1, dengan pengaturan tambahan berupa jarak speaker satu dan dua serta posisnya virtualnya di telinga kita. Sementara itu, Surround Sound 7.1 akan memberikan pengaturan empat buah speaker surround sound yang lagi-lagi bisa diatur posisi dan jaraknya dari telinga kita.

Perubahan posisi tersebut bakal mempengaruhi pola suara yang muncul dari headphone. Bila keempat speaker surround sound tersebut bertabrakan, maka mereka akan menghasilkan gema atau gaung sehingga kalian harus mengatur posisi dan jarak mereka sampai sedemikan rupa agar efeknya terdengar lebih natural.

Selain efek, XPlayer 3D memuat beberapa equalizer bawaan yang menurut kami cukup pas dengan nama-namanya. Equalizer tersebut terdiri dari Acoustic, Classical, Custom, Dance, Extreme Bass, Flat, Hip-hop, Pop, Rock, dan Speaker. Setiap mode ini memiliki versi 3D-nya masing-masing sehingga cukup memudahkan bila kalian malas untuk mengubah-ubah jarak setiap speaker, demi mendapatkan efek 3D Surround Sound yang optimal.

Melengkapi efek dan mode, XPlayer 3D juga menyediakan fitur playlist yang mudah digunakan layaknya pemutar musik bawaan Android. Playlist ini bisa mengidentifikasikan lagu berdasarkan Track, Album, Artist, Genre, Composer, Year, dan Folder.

Untuk menyusun playlist baru juga cukup mudah, karena XPlayer 3D menyediakan fitur favorite yang bakal menggabungkan semua lagu yang telah kalian beri tanda bintang di bagian pemutar lagu.

XPlayer 3D memang bukanlah player untuk semua Android, karena setiap smartphone memiliki DAC dan Amp masing-masing. Dari beberapa device yang kami coba, LG V20 yang memang memiliki DAC 32-Bit Quad, yakni ESS Sabre ES9218, menjadi device yang paling mantap dalam menerjemahkan efek-efek yang dihadirkan oleh XPlayer 3D. Sementara itu, device dengan audio yang pas-pasan harus dibantu lagi dengan sebuah tendangan yang berasal sound processor DTS atau Dolby Pro Logic.

Selain kualitas DAC dan Amp, XPlayer 3D juga menuntut headphone yang jempolan. Tanpa kehadiran headphone yang apik, niscaya kalian bakal mendengarkan berbagai noise, terutama saat menggeser-geser posisi speaker. Headphone dengan impedance yang rendah merupakan sebuah kewajiban di sini. Karena, bagaimana pun baiknya output audio yang dikeluarkan oleh XPlayer 3D dan smartphone-mu, tetap saja power Amp yang dihasilkan bakal jauh lebih rendah ketimbang Amp yang bertenaga listrik AC.

XPlayer 3D merupakan aplikasi berbayar yang memiliki masa trial selama 15 hari. Biaya yang dikeluarkan untuk memiliki aplikasi ini adalah Rp 159.000. Harga yang cukup rendah dan pantas ketimbang harus membeli sound processor mandiri yang membutuhkan tenaga eksternal, dan biasanya dihargai dengan cukup mahal.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top