REVIEW

Saat Offline, Google Chrome Bisa Lakukan 3 Hal Ini

by Dikdok | 11 Sep 2017
Saat Offline, Google Chrome Bisa Lakukan 3 Hal Ini

Setiap peramban (atau browser) pastinya membutuhkan koneksi internet agar bisa berjalan secara sempurna. Hal tersebut menjadi wajar, karena internet merupakan sumber utama bagi peramban agar dapat berjalan dengan baik.

Walau pun begitu, ada peramban yang nyatanya masih bisa dimanfaatkan meski tidak memiliki dukungan dari koneksi internet. Ya, merupakan salah satu aplikasi buatan Google, Chrome adalah peramban yang dimaksudkan oleh JurnalApps tersebut.

Lalu, apa saja fungsi Google Chrome ketika digunakan dalam keadaan offline? Berikut adalah beberapa fungsinya:

1. Akses ke Gmail

Akses Gmail tanpa koneksi internet merupakan salah satu fitur Chrome yang tidak banyak diketahui oleh para pengguna. Dan, untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna hanyalah membutuhkan beberapa langkah yang sederhana.

Yang pertama harus disiapkan adalah pengguna harus memasang ekstensi Gmail Offline terlebih dahulu saat sedang terhubung dengan internet. Selanjutnya, dengan memanfaatkan kemampuan dari ekstensi tersebut, pesan yang tersimpan di Gmail akan tersinkronisasi dengan hard drive bawaan, sehingga dapat diakses secara offline nantinya.

Pengaturan terkait durasi e-mail yang diunduh ini juga bisa dilakukan melalui ekstensi Gmail Offline ini. Pengguna pun bisa mengaturnya mulai dari satu minggu hingga satu bulan.

Namun, e-mail yang dapat dilihat tentunya hanyalah e-mail yang sudah termuat di peramban, sehingga tak dapat membuka e-mail secara real-time. Saat membalas pesan masuk, pengguna pun baru bisa melakukannya setelah kembali terhubung dengan koneksi internet.

2. Akses ke Banyak Layanan Google

Selain akses menuju Gmail secara offline, Chrome juga bisa digunakan untuk mengakses banyak layanan Google lainnya. Chrome dapat digunakan untuk mengakses layanan Google Drive, Docs, Sheets, dan Slides tanpa adanya koneksi internet.

Untuk dapat mengaktifkan kemampuan tersebut, pengguna cukup membuka Google Drive dan mengaktfikan fitur offline. Setelah itu, seluruh dokumen, spreadsheet, dan presentasi akan tersimpan di hard drive perangkat.

Selama berada dalam kondisi offline, pengguna tetap dapat membuat dokumen baru dan mengedit dokumen yang sudah termuat. Namun, untuk dapat mengakses file, seperti video atau musik, di Google Drive, hal tersebut tidak dapat dilakukan, kecuali jika sudah mengunduhnya terlebih dulu secara terpisah.

3. Bermain Game

Google Chrome juga memungkinkan pengguna untuk memainkan permainan (game) secara offline pada perambannya. Selain permainan dinosaurus yang telah diketahui oleh banyak pengguna, Chrome ternyata juga bisa digunakan untuk memainkan permainan lainnya ketika berada di kondisi offline.

Untuk dapat melakukannya, pengguna harus mengunduh permainan tersebut di Chrome Web Store. Di toko aplikasi ini, pengguna dapat menemukan sejumlah permainan dan beragam kelengkapan yang dapat diakses saat tak terhubung dengan internet.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan ketika Chrome berada dalam kondisi offline. Semoga informasi ini membantu kalian, ya!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top