REVIEW

Asah Otak demi Membuka Pintu dalam Seri Game 100 Doors

by Andy Chan | 07 Sep 2017
Asah Otak demi Membuka Pintu dalam Seri Game 100 Doors

Apakah Anda termasuk seorang penggemar game Puzzle? Juga, suka dengan game sejenis Hidden Objects? Dan, suka dengan Escape Room? Tidak perlu jauh-jauh untuk mencarinya, karena Protey Apps kini telah menghadirkan sebuah seri game berjudul 100 Doors, yang terdiri dari 100 Doors Puzzle Box, 100 Doors Challenge, dan 100 Doors: Hidden Objects.

Masing-masing dari game tersebut meski pun ceritanya berbeda-beda, namun intinya tetaplah sama. Yaitu, Anda ditugaskan untuk membuka pintu yang menghalangi dengan cara berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Ada banyak cara untuk memanipulasi lingkungan tersebut, seperti menyentuh sebuah benda, menggeser sebuah benda dengan melakukan slide, menggoncang-goncangkan ponsel Anda untuk menjatuhkan suatu barang, atau bahkan memiringkan ponsel untuk menggelindingkan sesuatu. Semua itu demi bisa berhasil membuka pintu, baik dengan menemukan kunci, atau pun menemukan password yang akan membuka pintu dengan memasukkannya ke panel di sebelah pintu.

Seri 100 Doors ini juga menggunakan sebuah sistem inventory yang sederhana. Terkadang, pemain bisa mendapatkan sebuah benda, dimana benda tersebut bisa digunakan ke benda lain yang ada di dalam ruangan, atau bahkan menggabungkan dua buah benda yang ada di dalam inventory itu sendiri.

Kesulitan yang mungkin didapatkan dalam memainkan seri 100 Doors ini adalah minimnya petunjuk yang diberikan oleh game-nya. Seringkali, pemain dalam sebuah ruangan diberikan puzzle secara langsung tanpa ada penjelasan. Ini bakal menyulitkan dalam proses pemecahan teka-teki, karena pemain justru akan menghabiskan waktu demi mempertanyakan, "Apa maksudnya tampilan ini?!?" Terkadang, dalam sebuah ruangan, malah dengan menyentuh seluruh benda yang ada juga tidak mendapatkan reaksi sama sekali. Ini bisa menambah rasa frustrasi dalam memecahkan teka-teki itu sendiri.

Untungnya, ada sistem Hints di dalam game-nya, dimana pemain bisa langsung menyelesaikan seluruh puzzle yang ada di dalam ruangan dengan cara menonton satu video iklan saja. Bahkan, video iklan tersebut pun bisa dilenyapkan dengan cara mematikan koneksi Internet, sehingga puzzle akan dapat langsung terselesaikan. Yang perlu disayangkan, sistem Hints ini sebenarnya bukanlah benar-benar hint, melainkan langsung melewati puzzle tersebut secara efektif dengan langsung memberikan solusinya. Padahal, akan lebih menantang apabila pemain diberikan hint sedikit saja, agar lebih jelas apa maunya puzzle yang ada di ruangan tersebut. Dan, perlu dicatat, bahwa tidak semua ruangan nyatanya menyediakan hint. Ada beberapa ruangan yang mewajibkan pemain untuk menyelesaikan puzzle-nya sendiri, yang terkadang sangatlah menyebalkan.

Masing-masing game di seri 100 Doors ini memiliki grafis unik. 100 Doors Puzzle Box dan 100 Doors: Hidden Objects memiliki grafis yang agak kartun, sementara 100 Doors Challenge tampil lebih realistik. Tapi, yang pasti, masing-masingnya tetap bakal memiliki daya tarik tersendiri dalam permainannya, dimana 100 Doors Puzzle Box dan 100 Doors: Hidden Objects lebih menekankan pada satu ruangan, sementara 100 Doors Challenge bisa berpindah lokasi ruangan, bahkan juga bisa menembus waktu.

Ketiga game dalam seri 100 Doors ini (Puzzle Box, Challenge, dan Hidden Objects) merupakan game-game free-to-play yang hadir secara gratis tanpa ada mikrotransaksi. Game ini hidup dari iklan-iklan yang mengganggu, dan bisa ditiadakan dengan cara mematikan Internet. Cara untuk mendapatkan hint tanpa menonton video iklan adalah dengan mematikan Mobile Data, tepat sebelum Anda menyentuh tombol Hints. Game-nya tidak akan melancarkan protes apabila itu terjadi, dan bakal langsung melewati puzzle yang sulit tersebut tanpa menayangkan iklannya sama sekali karena tidak bisa mengecek ke server iklan.

Secara garis besar, puzzle-puzzle yang diberikan sangatlah variatif. Banyak puzzle yang cukup menantang, seperti menyusun pipa, puzzle matematika, atau pun puzzle logika. Menurut teori, 100 Doors itu berarti ada 100 pintu yang minta dibuka. Namun, pada kenyataannya, masing-masing game tidak memiliki tepat sebanyak 100 pintu. Ada yang kurang dari 100, dan bahkan ada yang lebih!

Yang pasti, bagi Anda yang penggemar game puzzle dan hidden objects, ketiga game ini merupakan sebuah tantangan yang bakal siap untuk memaksa Anda dalam memutar otak demi memecahkan puzzle tanpa petunjuk guna membuka sebuah pintu. Cobalah 100 Doors Puzzle Box, 100 Doors Challenge, dan 100 Doors: Hidden Objects sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top