TIPS TRIK

Secara Offline, Begini Cara Akses Google Drive

by Dikdok | 10 Sep 2017
Secara Offline, Begini Cara Akses Google Drive

Salah satu kelebihan dari penggunaan layanan penyimpanan cloud (awan), seperti Google Drive, adalah kita bisa mengakses file-file yang disimpan di mana pun dengan mudah. Meski demikian, sistem penyimpanan cloud nyatanya memiliki sebuah kelemahan, yaitu seluruh data dan file yang disimpan di dalam sistem tersebut tidak akan dapat diakses jika tidak ada koneksi internet yang terhubung dengan perangkat kita.

Bisa dibayangkan, kita akan jadi sangat kerepotan ketika harus menyelesaikan sebuah dokumen pekerjaan yang disimpan di Google Drive, namun hal tersebut pada kenyataannya tidak bisa dilakukan karena tidak ada koneksi internet yang sedang terhubung. Pastinya akan jadi sangat membingungkan, bukan?

Untungnya, Google telah menyadari dan memberikan solusi terkait hal tersebut. Melalui solusi yang diberikan oleh Google, kita kini dapat mengakses berbagai file dan dokumen yang ada di sistem penyimpanan Google Drive meski pun sedang dalam keadaan offline.

Penasaran menyoal bagaimana caranya? Marilah kita bahas bersama-sama:

Akses Google Drive secara Offline

Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk mengakses Google Drive secara offline, yaitu melalui PC dan juga melalui smartphone serta tablet.

Akses melalui PC

  1. Unduhlah ekstensi Google Docs Offline melalui Chrome Web Store.

  1. Pilih menu Settings, lalu tandai opsi Offline yang ada di bagian General. Google akan melakukan sinkronisasi terhadap file dan dokumen yang telah disimpan di Google Drive. Setelah selesai, kalian kini sudah bisa mengaksesnya secara offline.

Akses melalui Smartphone dan Tablet

  1. Unduhlah dan pasang aplikasi Google Drive.
  2. Akses menu pengaturan melalui icon tiga garis horizontal di pojok kiri layar.

  1. Pilihlah opsi Available Offline. Google akan melakukan sinkronisasi terhadap file dan dokumen yang disimpan di Google Drive. Setelah selesai, kalian sudah bisa mengaksesnya secara offline.

Meski demikian, ada beberapa catatan penting yang harus kalian perhatikan ketika menggunakan fitur ini. Pastikanlah agar tidak semua file disinkronisasi, karena jumlah datanya akan sangat besar dan bisa menghabiskan kuota serta penyimanan kalian.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top