TIPS TRIK

Bisa Kirim Pesan via YouTube? Inilah Caranya!

by Dikdok | 10 Sep 2017
Bisa Kirim Pesan via YouTube? Inilah Caranya!

Dalam beberapa bulan terakhir, YouTube telah menghadirkan banyak perubahan pada layanan jejaring sosial berbasis video miliknya. Selain memberikan penambahan mode tema yang bernuansa gelap, YouTube juga telah memberikan fitur-fitur lainnya, berupa preview pada thumbnail dan perubahan logo baru.

Tidak berhenti hingga di situ, YouTube juga telah menghadirkan berbagai pembaruan untuk layanan aplikasinya di platform iOS mau pun Android. Salah satunya adalah layanan chat terintegrasi. Berbicara mengenai fitur chat terintegrasi ini, masih banyak pengguna yang belum mengerti tentang bagaimana cara untuk menggunakan fitur tersebut. Oleh karena itu, JurnalApps di artikel ini akan sedikit memberikan informasi menyoal bagaimana cara untuk menggunakan fitur chat dari YouTube ini. Marilah disimak baik-baik!

Layanan Chat Terintegrasi YouTube

Untuk dapat menggunakan layanan ini, hal pertama yang harus kalian lakukan adalah memperbarui aplikasi YouTube kalian ke versi teranyar. Selanjutnya, kalian mungkin akan kesulitan untuk menemukan fitur tersebut, sebab YouTube memang tidak menyediakan tab khusus untuk fitur baru dari mereka ini.

Oleh karena itu, untuk dapat memunculkan jendela chat, kalian bisa membagikan sebuah video terlebih dahulu kepada pengguna lain. Untuk berbagi, cukup dengan memilih video yang akan dikirim, ketuk opsi Share, dan pilihlah kontak mana saja yang akan kalian bagikan video. Jika berbagi video dengan kontak via Gmail, YouTube akan mengirimkan sebuah permintaan via e-mail yang perlu untuk disetujui terlebih dahulu oleh sang penerima agar dapat memulai percakapan di jendela chat.

Dalam e-mail tersebut, maka akan ditemukan sebuah tautan yang perlu dan hanyalah dapat diakses melalui smartphone. Dengan mengklik tautan tersebut, akan mengarahkan sang penerima kepada aplikasi YouTube, yang menampilkan halaman Shared dengan permintaan kontak pada posisi teratas di halaman tersebut.

Permintaan tersebut juga akan dilengkapi dengan tanda centang (V) dan silang (X) sebagai indikator apakah permintaan kontak tersebut diterima atau ditolak. Jika akun e-mail belum memiliki akun saluran YouTube, maka permintaan akan muncul dalam bentuk jendela pop-up kecil yang menampilkan permintaan serta opsi terima dan tolak.

Setelahnya, di dalam aplikasi YouTube, kalian nantinya akan menemukan sebuah layar percakapan yang terletak di tab Shared. Ketuklah kontak yang ada di tab Shared, maka YouTube selanjutnya akan segera mengarahkan kalian ke kolom chat. Kolom ini juga mendukung percakapan secara berkelompok, yang dapat dilakukan dengan cara menambahkan kontak-kontak lainnya melalui opsi Add Participats yang terletak di pilihan menu.

Jika penerima pesan percakapan mengirimkan balasan atau mengomentari video yang dibagikan via halaman percakapan, maka kalian juga akan menerima pemberitahuan dari YouTube. Percakapan tersebut nantinya dapat diakses kembali melalui tab Share pada aplikasi mobile YouTube.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top