REVIEW

Kupas Tuntas: GPS Essential, Aplikasi GPS Serba Bisa

by Dikdok | 09 Sep 2017
Kupas Tuntas: GPS Essential, Aplikasi GPS Serba Bisa

Pada awal kehadiran smartphone di tengah masyarakat, fitur GPS ketika itu masihlah dianggap sebagai fitur pelengkap dan belum menjadi bagian penting dari sebuah smartphone yang diharapkan untuk ada di tengah masyarakat. Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan akan informasi terkait lokasi pun berkembang menjadi suatu hal yang penting. Sehingga, kehadiran fitur GPS di smartphone berubah menjadi sebuah keharusan.

Bagi para pengguna awam, keberadaan GPS mungkin hanyalah sekedar digunakan untuk melakukan navigasi atau pun mencari lokasi. Tapi, bagi beberapa pengguna lain, keberadaan GPS memiliki manfaat yang jauh lebih penting, semisal untuk merekam tracking perjalanan (contohnya untuk aktivitas hiking atau touring), atau pun untuk melakukan plotting terhadap sebuah lokasi.

Aplikasi terkait penggunaan GPS pun kini telah banyak hadir untuk dapat digunakan, dari yang gratis hingga yang berbayar. Nah, pada artikel ini, Jurnal Apps akan membahas salah satu dari aplikasi GPS yang sudah cukup dipercaya oleh para pengguna dan telah hadir sudah cukup lama. Aplikasi tersebut adalah GPS Essential. Mengenai tampilan, fitur, dan spesifikasi lainnya, marilah kita bahas bersama-sama!

Tampilan (Interface)

Selain terlihat cukup kuno, tampilan yang dimiliki oleh GPS Essential ini juga terlihat sedikit kaku. Telah hadir dan banyak menerima pembaruan sejak beredarnya Android Froyo, aplikasi ini tidak memberikan banyak perubahan dari segi tampilan. Hampir tidak ada perubahan yang berarti semenjak aplikasi ini muncul di Play Store.

Salah satu poin lebih terkait segi tampilan dari aplikasi ini, GPS Essential memiliki tampilan yang tidak terlalu membingungkan, karena icon yang digunakan lebih mempermudah dalam hal menunjukkan tool-tool apa saja yang ada.

Fitur-Fitur

Aplikasi ini memiliki banyak fungsi yang ditawarkannya. Untuk kemampuan standar sebuah GPS asli, aplikasi ini memiliki seluruh kemampuannya. Mulai dari Accuracy, Altitude, Speed, Battery, Baring, Climb, Course, Date, Declination, Distance, ETA, Latitude, Longitude, Max Speed, Min Speed, Actual Speed, True Speed, Sunrise, Sunset, Moonset, Moonrise, Moon Phase, Target, Time, TTG, hingga Turn.

Selain informasi-informasi dasar, seperti akurasi, ketinggian, dan posisi (X,Y,Z), aplikasi ini juga memiliki banyak informasi tambahan lainnya, seperti navigasi (jarak, waktu, dan kecepatan) hingga informasi mengenai waktu terbaik untuk melakukan kegiatan memancing (Moon Phase).

Aplikasi ini juga dapat dipergunakan untuk merekam sebuah lokasi (waypoints) hingga merekam data tracking. Tidak lupa, fitur kompas, kamera, penunjuk satelit yang terpantau, dan pengaturan aplikasi juga telah disematkan di aplikasi ini.

Penggunaan

Sebagaimana GPS pada umumnya, pengguna juga bisa mengatur berbagai pengaturan dasar GPS. Seperti, melakukan pengaturan interval perekaman GPS, unit (UTM, derajat menit, derajat desimal), dan masih banyak lainnya lagi.

Kesimpulan

Walau pun aplikasi ini terkesan “tertinggal” jika dilihat dari segi tampilan, namun bagi kalian yang lebih mengutamakan fungsionalitas, maka aplikasi ini sangatlah cocok untuk menjadi pertimbangan utama. Meski pun pengaturan dan tool yang ditawarkan tidaklah terlalu selengkap alat GPS asli. Namun, untuk penggunaan normal, aplikasi ini dirasa sudah lebih dari cukup. Selain itu, aplikasi ini sangat ringan, sehingga tidak diperlukan smartphone dengan spesifikasi tinggi untuk menjalankannya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top