TIPS TRIK

Kunci Jaringan Sinyal 4G di Ponsel Android dengan 2 Cara ini

by Dikdok | 09 Sep 2017
Kunci Jaringan Sinyal 4G di Ponsel Android dengan 2 Cara ini

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, para operator sekarang ini menawarkan layanan paket data dengan pengaplikasian yang cukup rumit. Misalnya saja, mereka membagi kuota secara khusus untuk 4G, kuota untuk semua jaringan, kuota di jam-jam tertentu, dan masih banyak lagi.

Bagi sebagian pengguna, pembagian alokasi kuota ini dapat dikatakan telah menjadi suatu hal yang mengganggu. Sebab, mereka hanya ingin menikmati layanan dengan bantuan jaringan tersebut, tanpa perlu memikirkan jumlah kuota yang tersisa.

Nah, khusus untuk kuota di jaringan 4G, jika paket data yang kalian gunakan menawarkan kuota tersebut dengan cukup banyak, maka terdapat trik mudah yang bisa kalian lakukan untuk mengunci jaringan hanya di jaringan 4G saja. Penasaran menyoal bagaimana caranya? Ayo, kita simak penjelasannya bersama sama di bawah ini:

Cara Mengunci Jaringan 4G

Pada artikel ini, JurnalApps akan menjelaskan dua cara mudah yang dapat digunakan untuk mengunci jaringan 4G. Cara tersebut terdiri dari metode secara manual mau pun menggunakan aplikasi pihak ketiga.

2. Manual

Metode pertama untuk mengunci jaringan 4G adalah dengan menggunakan cara manual. Untuk menggunakan cara ini, kita harus mengetikkan *#*#4636#*#* lalu tekan OK.

Seketika akan dimunculkan tiga menu, yakni Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information.

Pilihlah opsi Device Information, maka akan dimunculkan berbagai informasi mengenai perangkat yang kita gunakan. Mulai dari nomor IMEI, kekuatan sinyal, jaringan yang saat ini digunakan hingga banyak hal lainnya lagi.

Geserlah layar ke arah bawah, dan cari Set preferred network type. Pilih LTE only.

Selesai. Sekarang, smartphone milikmu hanya akan menerima jaringan 4G. Selanjutnya, ketuklah tombol Home untuk kembali layar utama.

2. Aplikasi Pihak Ketiga

Metode kedua adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan layanan pengunci jaringan 4G. Pada dasarnya, aplikasi ini hanya berperan sebagai jalan pintas dari kode yang telah dibahas pada metode manual sebelumnya.

Untuk dapat menggunakannya, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengunduh aplikasi tersebut di laman Google Play Store. Carilah aplikasi dengan nama 4G Switcher (4G LTE Switch).

Nantinya, ketika aplikasi sudah terpasang di smartphone, kita cukup membuka aplikasi tersebut. Aplikasi 4G LTE Switch ini akan langsung memberikan tampilan menu Device Information, Usage Statistics, dan WiFi Information. Sama seperti pada metode manual sebelumnya. Langkah selanjutnya, cukup dengan mengikuti langkah yang sama seperti pada pengerjaan metode manual sebelumnya.

Namun, yang perlu diperhatikan di sini, trik untuk mengunci jaringan 4G ini hanyalah berlaku untuk kartu SIM 1. Oleh sebab itu, pastikanlah agar kartu SIM operator yang digunakan, telah terpasang tepat di slot 1. Kelemahan lainnya, setiap kali smartphone berada dalam keadaan mati atau di-restart, setelan ini akan berubah seperti semula.

Hal lain yang juga patut diperhatikan adalah area di sekitar kita diharuskan sudah mendukung untuk digunakannya jaringan 4G dari operator. Dan, mungkin kelemahan yang paling fatal dari kedua cara ini juga harus dipertimbangkan dengan matang. Ya, meski pun dua-duanya mendukung keinginan kita untuk mendapatkan akses internet dengan lebih stabil, kita tidak akan bisa melakukan atau pun menerima panggilan telepon dan mengirimkan mau pun mendapatkan SMS (Short Message Service).

Demikianlah cara untuk mengunci jaringan 4G pada smartphone Android. Semoga tips ini berguna untuk kalian yang menginginkan akses Internet cepat, namun dengan kehilangan fungsi panggilan telepon serta fitur SMS pada ponselmu itu.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top