REVIEW

Full of Music 1, Asyiknya Main Rhythm Game dengan Lagu-lagu Favoritmu

by Andy Chan | 06 Sep 2017
Full of Music 1, Asyiknya Main Rhythm Game dengan Lagu-lagu Favoritmu

Apakah Anda gemar mendengarkan lagu-lagu favorit Anda dengan menggunakan ponsel pintar? Tenggelam dalam alunan nada favorit Anda saat sedang dalam perjalanan menuju kantor dengan menggunakan kereta, misalnya? Apakah Anda ingin bisa sesekali memainkan sebuah game yang berdasarkan lagu-lagu favorit Anda itu? Nah, inilah game yang Anda cari, yaitu Full of Music 1, yang merupakan salah satu persembahan dari Handicrafter!

Mungkin Anda heran, mengapa game ini judulnya Full of Music 1? Apakah maksud dari angka 1 itu? Ternyata, Handicrafter sebelumnya pernah mengeluarkan sebuah game yang berjudul Full of Music saja. Namun, game tersebut terkena masalah kebijakan dari Google sehingga harus dihilangkan dari Play Store. Oleh karena itu, mereka pun mengeluarkan game yang baru ini dengan diberi judul Full of Music 1.

Full of Music 1 merupakan sebuah game rhythm, dimana pemain bakal dituntut untuk bisa menyentuh posisi tertentu di layar yang disesuaikan dengan nada dan garis yang lewat. Pada layar permainan, akan ditampilkan sebanyak 4 buah lajur yang dilewati oleh garis-garis nada. Tugas pemain adalah untuk menyentuh bagian bawah dari lajur tersebut di saat garis-garis tersebut melewati tepat di garis batas.Tidak hanya menyentuh pada saat yang tepat saja, terkadang ada garis menyala dimana pemain juga harus melakukan slide di samping menyentuh pada saat yang tepat.

Apabila pemain berhasil melakukannya tepat di garis batas, maka akan mendapatkan nilai "Perfect." Sementara, jika terlalu cepat atau terlalu lambat, maka akan mendapatkan "Great" atau "Good." Jika benar-benar gagal, pemain bakal mendapatkan nilai "Bad" atau bahkan "Miss" jika tidak menyentuh sama sekali. Semua penilaian tersebut akan ditotal pada akhir lagu, dan memberikan skor secara keseluruhan.

Biasanya, game-game rhythm itu memberikan sejumlah lagu untuk dimainkan. Dan, Full of Music 1 juga memang menyediakan beberapa lagu tersebut. Asyiknya di sini, Full of Music 1 bisa meng-import lagu-lagu berformat MP3 kesukaan Anda yang berada di dalam media penyimpanan ponsel, baik di internal memory mau pun pada SD Card. Lagu-lagu tersebut kemudian diproses oleh game-nya, dan akan memberikan sebuah game rhythm yang sesuai dengan nada-nada dari lagunya.

Full of Music 1 memiliki ketepatan nada yang cukup tinggi, namun tidaklah sempurna. Untuk lagu-lagu yang bernada cepat, game-nya biasanya berhasil hingga 90% untuk memberikan feel game rhythm yang tepat. Sementara, untuk lagu-lagu yang lebih lambat, mungkin ketepatannya hanyalah 70% saja. Uniknya di sini, semua setting kesulitan lagu bisa diubah dengan sesuka hati. Mulai dari tingkat kesulitannya, kemudian kecepatan garis nadanya, keberadaan Slide Note hingga vibrasi. Bahkan, jika merasa tingkat kecocokan lagu dan nadanya kurang, pemain pun bisa mengubahnya sendiri dengan menggunakan fitur Note Adjustment.

Selain itu, pemain juga bisa mengubah orientasi game, apakah ingin memainkannya secara horisontal atau pun vertikal, dimana versi horisontal memiliki tampilan gambar 3D, sementara vertikal hanyalah 2D saja. Tema dari game-nya juga bisa dirubah. Tersedia tema Neon Space, Full Contrast, serta Pink Art. Semuanya ditampilkan dengan grafis yang bernuansa futuristik dan enak untuk dilihat.

Full of Music 1 merupakan sebuah game free-to-play, namun bersiaplah untuk senantiasa diganggu oleh iklan yang akan keluar setiap menyelesaikan sebuah lagu. Tidak ada mikrotransaksi, hanyalah ada tombol untuk donasi saja untuk mematikan iklan. Namun sebenarnya, cukup dengan mematikan koneksi Internet saja untuk melenyapkan keberadaan iklan-iklan tersebut.

Dengan tingkat akurasi nada gameplay yang cukup tinggi, Full of Music 1 merupakan salah satu game music yang bisa menjadikan seluruh MP3 yang ada di ponsel Anda sebagai sebuah stage permainan yang seru. Memang, perlu waktu yang lumayan lama ketika game ini sedang menganalisa lagu-lagu yang diberikan. Selain itu, disarankan untuk menggunakan lagu yang tidak terlalu panjang, karena Anda akan capek sendiri kalau meng-import lagu medley sepanjang 20 menit sebagai sebuah stage, kecuali memang sedang ingin marathon untuk memainkannya.

Inilah salah satu game yang pantas berada di ponsel para penggemar rhythm game dan musik. Apalagi Full of Music 1 ini benar-benar mungil ukurannya, hanyalah memakan hingga 30 MB saja di ponsel Anda (plus tentunya bergiga-giga megabyte MP3 yang sanggup Anda simpan), tidak ada alasan untuk tidak mencoba game ini. Ayo, tune in dan mainkan lagu favoritmu sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top