TIPS TRIK

Cara Mudah Terjemahkan Kalimat dari Aplikasi Chat

by Dikdok | 09 Sep 2017
Cara Mudah Terjemahkan Kalimat dari Aplikasi Chat

Ketika menggunakan aplikasi peramban Google Chrome, terdapat sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk menerjemahkan kalimat di sebuah situs secara otomatis. Hal yang sama ternyata juga bisa dilakukan di aplikasi pesan instan, lho. Bagaimana caranya?

Kemampuan penerjemahan cepat ini hadir berkat adanya fitur Tap to Translate di aplikasi Google Translate. Namun, karena Apple memiliki regulasi yang ketat, fitur ini untuk sementara hanyalah bisa dinikmati oleh para pengguna Android saja.

Menggunakan fitur ini, kita bisa menerjemahkan sebuah teks dari aplikasi pesan singkat dengan mudah dan cepat tanpa harus melakukan langkah copy & paste ke/dari Google Translate untuk menerjemahkan sebuah kalimat.

Mengaktifkan Opsi Tap to Translate

  1. Untuk dapat menggunakan cara ini, langkah pertama adalah memastikan bahwa Google Translate sudah terpasang di perangkat milik kalian.
  2. Jika aplikasi sudah dipastikan terpasang, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi Google Translate dan pilihlah opsi menu yang ada di kiri atas layar.

  1. Lanjutkan dengan memilih opsi Settings > Tap to Translate dan aktifkan opsi Enable Tap to Translate.

Setelah menyelesaikan tahap ini, pada langkah berikutnya kita sudah tidak perlu membuka aplikasi Google Translate lagi untuk melakukan penerjemahan di sebuah pesan singkat.

Menerjemahkan Kalimat di Aplikasi Chat

  1. Jika menemukan sebuah kalimat yang ingin diterjemahkan pada sebuah aplikasi chat, sorot (highlight) dan salin (copy) kalimat tersebut.
  2. Setelah menyalin kalimat tersebut, seketika akan dimunculkan sebuah pop up icon Google Translate. Tekanlah icon tersebut.

  1. Selanjutnya, Google Translate akan langsung menampilkan terjemahan dari kalimat yang telah dipilih. Tekan icon titik tiga jika ingin menyalin terjemahan tersebut.
  2. Jika ingin membalas pesan dengan bahasa yang dipergunakan oleh lawan bicara, tekanlah New Translation.
  3. Tekan Copy untuk menyalinnya.

  1. Lalu, tekan sedikit lama pada bar penulisan pesan, maka akan dimunculkan opsi Paste. Tekanlah opsi tersebut untuk membubuhkan hasil penerjemahan.

Semoga tips ini bisa membantu kalian dalam melakukan komunikasi dengan lawan bicara yang menggunakan bahasa asing, ya. Selamat mencoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top