REVIEW

Cara Hindari Hujan? Cari Tahu dengan Bermain Rainy Day - Remastered!

by Andy Chan | 05 Sep 2017
Cara Hindari Hujan? Cari Tahu dengan Bermain Rainy Day - Remastered!

Pagi-pagi, bangun untuk kerja. Setelah beres-beres, makan pagi, dan bersiap untuk berangkat, Anda pun berpikir, "Perlukah saya membawa payung?" Melihat prakiraan cuaca di televisi, semua mengatakan hari ini adalah hari yang cerah. Sangat, sangat cerah. Jadilah Anda pergi ke kantor dan meninggalkan payung di rumah, karena tokh memang hari sangat cerah. Namun, ketika Anda selesai bekerja di kantor, cuaca pun sudah berubah menjadi sangaaaaat gelap. Dan, mulailah. Ada guntur dan kilat yang menemani jatuhnya rintik-rintik hujan, yang semakin lama semakin besar. Sucks to be you. Hari ini ternyata hujan besar, dan prakiraan cuacanya salah! So, bagaimana caranya untuk melewati hujan ini? Dengan berlari menghindari jatuhnya air hujan! Itulah kisah dari game Rainy Day - Remastered, yang merupakan persembahan dari Ideabox ini.

Siapa benci dengan yang namanya hujan? Rainy Day - Remastered merupakan sebuah game yang mengangkat tema atas seseorang yang menghindari hujan, yang sederhana namun menantang untuk dimainkan. Seperti yang telah disebutkan, tujuan utama dari permainan ini adalah berusaha untuk pulang dari kantor sampai tiba dengan selamat di rumah tanpa menjadi basah kuyup.

Pengendalian game Rainy Day - Remastered menggunakan tiga buah tombol virtual, yaitu tombol kanan dan kiri untuk menggerakkan karakter pemain ke kanan dan ke kiri, serta sebuah tombol aksi yang berubah fungsinya tergantung dengan kondisi. Biasanya, tombol aksi ini dipergunakan untuk melompat, namun juga bisa untuk berinteraksi dengan hal-hal yang ada di layar.

Hujan dalam game ini direpresentasikan dengan rintik-rintik air yang berjatuhan ke tanah. Tugas pemain adalah untuk mencoba menggerakkan karakternya ke kanan tanpa terkena air yang berjatuhan tersebut. Sepanjang perjalanan, tersedia beberapa tempat untuk berteduh seperti stand ramen dimana pemain bisa berhenti sejenak sambil makan ramen, atau berteduh di bawah halte bis. Selain hujan, juga ada banyak rintangan yang harus dilalui, seperti kardus basah atau hydrant yang harus dilompati. Beberapa rintangan hanya menghalangi saja, namun terkadang ada yang bisa membuat karakter pemain sampai jatuh.

Dalam Rainy Day - Remastered, Life pemain hadir dalam bentuk persentase kebasahan pakaian. Apabila persentase tersebut sudah mencapai 100%, maka gagal-lah rencana Anda untuk berhasil pulang tanpa basah kuyup. Tingkat kebasahan ini hanyalah akan bertambah apabila pemain terkena hujan saja, namun jatuh tersandung pun bisa mengakibatkan kehujanan, karena membutuhkan waktu untuk bisa kembali bangun dan melanjutkan perjalanan.

Ada beberapa hal yang bisa membantu pemain untuk mencegah pakaian karakternya jadi basah. Semuanya bisa ditemukan di jalanan, seperti topi kertas atau pun payung. Sayangnya, payung yang dihadirkan di game ini sepertinya adalah payung kertas, karena hanya dengan kehujanan beberapa kali saja sudah langsung rusak. Untuk mengurangi tingkat kebasahan pakaian, juga bisa dengan membeli makanan di pinggir jalan atau pun ke laundry. Juga, ada berbagai hal kecil yang bisa diinteraksikan, seperti berinteraksi dengan kucing untuk membuat mereka ikut menemani pemain, atau pun berjalan masuk ke subway untuk menghindari hujan sejenak.

Rainy Day - Remastered tampil secara cantik dengan grafis retro modern, dan memiliki animasi yang menawan untuk dilihat. Pemain tidak dipaksa untuk senantiasa bergerak, karena Anda boleh saja menunggu di bawah halte bis untuk bersantai sejenak, atau pun melihat-lihat kendaraan yang lalu-lalang. Memang, game ini bisa untuk menenangkan hati. Setiap mengulang permainan, seluruh stage pun susunannya berubah total secara acak, sehingga Anda tidak akan menemukan permainan yang sama hingga dua kali.

Sebagai game free-to-play, tidak ada batasan untuk memainkan Rainy Day - Remastered. Sayangnya, game ini banyak iklan, sehingga ada baiknya untuk dimainkan secara offline, alias mematikan Internet. Tidak ada mikrotransaksi sama sekali, game-nya benar-benar murni gratis. Oleh karena itu, pemain bisa menonton iklan untuk mendapatkan payung atau benda-benda lainnya yang membantu.

Meski pun game Rainy Day - Remastered ini tampak sederhana, namun ketika dimainkan nyatanya akan terasa adiktif. Pemain akan merasa tertantang untuk terus menerobos hujan dan melewati rekor terjauh yang pernah mereka capai sebelumnya. Selain itu, sifat game-nya yang memiliki stage random juga membuat pemain jadi tidak merasa terjenuhkan, karena akan ada hal-hal yang tidak terprediksi bisa muncul di permainan mereka. Boleh dibilang, game mungil nan unik yang berukuran tidak sampai 60MB ini cukup pantas untuk berada di jejeran game mobile yang bertengger di ponsel pintar Anda. Yang pasti, game-nya bisa dimainkan di kala Anda menunggu hujan berhenti, bukan?

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top