TIPS TRIK

Maksimalkan Performa Google Chrome dengan 5 Cara ini

by Dikdok | 06 Sep 2017
Maksimalkan Performa Google Chrome dengan 5 Cara ini

Google Chrome, atau biasa disebut Chrome saja, merupakan salah satu web browser yang populer dan banyak digunakan oleh para pengguna Intenet. Hal tersebut bukanlah menjadi sesuatu yang mengejutkan. Karena, selain memiliki desain yang sederhana, Chrome juga dapat digunakan dengan sangat mudah dan responsif serta memiliki kemampuan untuk mengakses data dengan cepat.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat pengguna jadi betah untuk berlama-dalam lama menggunakan aplikasi Chrome untuk berselancar online, dan menjadikan aplikasi peramban milik Google ini sebagai web browser utama mereka.

Namun, tahukan kalian bahwa terdapat beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan Chrome agar semakin nyaman untuk digunakan? Apa saja caranya? Berikut adalah cara-cara untuk meningkatkan performa Chrome, sebagaimana yang JurnalApps rangkum dari DroidLime:

1. Percepat Halaman dengan Brotli

Kecepatan merupakan sebuah faktor utama ketika sedang melakukan aktivitas online. Nah, untuk mempercepat kemampuan loading atas sebuah halaman, kalian dapat menggunakan fitur yang dinamakan Brotli.

Untuk dapat mengaksesnya, kalian hanyalah perlu membuka halaman atau tab baru di Google Chrome dan masukkan alamat URL:

chrome://flags/#enable-brotli

Setelah berhasil untuk terbuka, kalian akan menemukan sebuah menu yang ditandai dengan warna kuning. Lakukan klik pada menu tersebut, dan pilih opsi “Enabled.” Lanjutkan dengan melakukan restart pada Chrome, dan fitur pun ini akan berhasil untuk diaktifkan.

2. Berpindah Tab dengan Mudah

Ketika sedang berselancar online, kalian tentunya sering membuka lebih dari satu halaman tab, bukan? Biasanya, kebanyakan orang yang membuka lebih dari satu halaman tab akan melakukan klik pada button tab yang terletak pada bagian kanan atas. Namun, ternyata ada cara yang jauh lebih praktis untuk berpindah halaman tab. Cukup dengan menggeser address bar ke kanan atau ke kiri. Jauh lebih praktis, bukan?

3. Menghemat Kuota Data

Permasalahan lainnya yang ada ketika sedang melakukan aktivitas browsing adalah kuota yang terbatas. Namun, tenang saja, Chrome ternyata menyediakan fitur hemat data untuk mengurangi pemakaian paket data. Untuk dapat mengaktifkannya, cukup dengan melakukan klik pada menu di pojok kanan atas, lalu pilih Setting > Data Saver.

4. Buat Shortcut Web Favorit

Google Chrome juga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan sebuah halaman web favorit dalam bentuk sebuah shortcut di halaman utama, lho! Untuk dapat membuat shortcut tersebut, kalian cukup mengunjungi halaman yang ingin dibuat shortcut, lalu pilih opsi menu di pojok kanan atas dan pilih opsi Add to home screen.

5. Sinkronisasi dengan Perangkat Lain

Fitur ini memang bukanlah merupakan sebuah fitur yang baru, namun orang-orang jarang yang menggunakan fitur ini. Sebenarnya, kemampuan sinkronisasi tersebut akan sangat berguna ketika kalian memiliki perangkat lain untuk mengakses Chrome. Fitur ini bakal memungkinkan para pengguna untuk menyimpan data-data, seperti rekam jejak password, bookmarks, history, tabs favotir, dan hal lainnya agar bisa terhubung juga ke perangkat lain.

Untuk dapat mengakses fitur ini, kalian cukup masuk ke menu pengaturan. Lalu, masuklah dengan akun Google yang kalian miliki dan lakukan sinkronisasi.

Itulah beberapa cara untuk memaksimalkan performa yang dimiliki oleh Chrome. Semoga artikel ini membantu, ya!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top