REVIEW

Anehnya Sebuah Game Infinite Runner, LAB Escape!

by Andy Chan | 05 Sep 2017
Anehnya Sebuah Game Infinite Runner, LAB Escape!

Ada banyak game runner yang beredar di Android mau pun iOS. Sebagian memiliki grafis 3D yang bagus, seperti Temple Run atau pun Lara Croft: Relic Run. Sebagian lagi merupakan game runner 2D dimana pemain bergerak terus ke arah samping sampai akhirnya mati karena tertabrak sesuatu. Nah, game berjudul LAB Escape! buatan Doomsday Studio ini merupakan game runner tipe kedua, yaitu versi 2D yang bergerak terus ke arah samping.

Tidak seperti biasanya yang dihadirkan pada game runner, pemain bukan mengendalikan manusia pada LAB Escape! ini, melainkan sebuah makhluk mutan putih yang bentuknya tidak jelas. Ya, Anda akan berperan sebagai sebuah spesimen putih ... yang bentuknya benar-benar aneh dan sangat tidak stabil. Ini dikarenakan makhluk tersebut memiliki kemampuan untuk memakan spesimen lain dan bermutasi menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Pengendalian permainan benar-benar sederhana, makhluk mutan putih tersebut akan terus berjalan ke arah kanan tanpa memerlukan input apa-apa dari pemain. Makhluk tersebut juga akan terus bergerak ke bawah, kecuali pemain menyentuh layar, maka makhluk tersebut akan bergerak ke arah atas. Ada sedikit kekuatan yang bisa diaktivasikan dengan menyentuh tombol panah di pojok kanan bawah. Nah, itu saja yang menjadi mekanisme kendali dari pemain.

Dalam perjalanannya melarikan diri dari laboratorium, makhluk mutan putih tersebut tentunya akan kelaparan. Health dari sang makhluk makin lama akan makin berkurang, yang disebabkan karena kelaparan tersebut. Oleh karena itu, dia harus memakan makhluk lain yang berkeliaran sepanjang medan permainan untuk menambah Health. Makhluk lain tersebut tidak semuanya pasrah menunggu untuk dimakan saja. Ada beberapa yang membawa tameng, ada yang bisa menembak, bahkan menunggangi makhluk lain sambil menembak. Terkena tembakan atau pun menabrak tameng dan rintangan di medan permainan akan menyebabkan Health dari makhluk putih milik Anda jadi berkurang. Dan, kalau sampai habis, maka matilah dia.

Setiap memakan sejumlah daging makhluk lain, maka bar mutasi pun akan terisi sampai penuh. Dan, apabila sudah penuh, maka pemain akan disodorkan tiga buah mutasi untuk membuat makhluk mutan putihnya menjadi lebih baik dibandingkan sebelumnya. Ada banyak macam mutasi yang disediakan, namun hanya tiga saja yang disodorkan secara acak, seperti memberikan kemampuan menembak laser, kemampuan menyedot makhluk lain menggunakan lidah panjang, memanggil Mother Maggot untuk membersihkan layar, dan berbagai macam mutasi unik lainnya.

Di medan permainan, juga terdapat koin-koin yang sebaiknya diambil, karena dengan koin-koin tersebutlah pemain bakal bisa melakukan upgrade pada sang makhluk mutan putih tersebut. Tersedia beberapa macam upgrade, seperti menambahkan Health, mengurangi tingkat kelaparan, menambahkan armor, dan lainnya. Selain untuk melakukan upgrade, koin juga bisa digunakan untuk membeli booster. Misalnya, mulai di titik 150m, melipatgandakan jumlah koin yang didapatkan, dan sebagainya.

Sang makhluk mutan putih pun bisa dikustomisasi dengan berbagai aksesoris lucu. Sayangnya, cara mendapatkan aksesoris ini hanyalah dengan mendapatkan peti kemas, dan kemudian diwajibkan untuk menonton video iklan terlebih dahulu, barulah bisa membuka peti kemas yang berisikan hadiah aksesoris tersebut. Memang menyebalkan, karena dengan demikian, pemain wajib untuk menyalakan Internet. Padahal, game ini sebenarnya tidak membutuhkan koneksi Internet.

Kalau disimak dengan baik-baik, makhluk mutan putih yang dimainkan oleh pemain ini sepertinya mirip dengan kura-kura. Kakinya empat, memiliki semacam tempurung, dan kepala yang bulat. Makhluk ini selalu dianimasikan berlari ke kanan, sementara makhuk-makhluk lainnya juga bisa bergerak. Ada yang berjalan ke kanan, juga ada yang diam menembak-nembak. Semuanya meramaikan medan permainan yang tampil dengan sederhana.

LAB Escape! merupakan sebuah game free-to-play sederhana yang bisa dimainkan kapan saja. Hal ini dikarenakan tidak adanya sistem stamina atau pun kebutuhan akan Internet untuk memainkannya. Sedikit mikrotransaksi bisa dilakukan oleh pemain untuk membeli peti kemas, dan juga bisa untuk menghilangkan iklan.

Sebenarnya, LAB Escape! cukup seru sebagai tantangan menyoal seberapa jauh Anda bisa bermain sebelum akhirnya mati. Dan, sistem upgrade yang dihadirkan untuk memastikan agar Anda merasa ada yang namanya "progress" di dalamnya. Tapi, pada akhirnya, LAB Escape! ini sepertinya adalah sebuah game aneh yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu, asalkan Anda bisa bertahan dengan grafis kartunnya yang kurang menarik itu saja.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top