REVIEW

Inilah 3 Fitur yang Akan Hadir di Android Oreo!

by Dikdok | 04 Sep 2017
Inilah 3 Fitur yang Akan Hadir di Android Oreo!

Tanggal 21 Agustus 2017 lalu telah menjadi sebuah hari bersejarah, dimana Google akhirnya memperkenalkan nama Oreo sebagai sebuah brand yang disematkan untuk sistem operasi (OS) Android 8.0 terbaru miliknya. Android Oreo sendiri saat ini telah tersedia untuk dilakukan dalam bentuk pengujian atau berada di dalam tahap developer preview.

Dalam tahapan tersebut, ternyata ada beberapa fitur milik Android Oreo yang sudah dapat dijajal oleh beberapa pengguna, lho. Lalu, apa saja fitur tersebut? Apakah menarik untuk digunakan?

Bagi kalian yang merasa penasaran dengan Android Oreo, JurnalApps akan memberikan ulasan singkat mengenai beberapa fitur tersebut, sebagaimana telah dilansir dari Forbes:

1. Background Limits

Sebagaimana dilaporkan oleh Forbes, Android 8.0 akan memiliki proses background (latar belakang) yang berbeda dengan proses background pada OS Android terdahulu. Android 8.0 akan mengidentifikasi berbagai aplikasi yang tengah berjalan di latar belakang smartphone dan mematikan fitur auto refresh pada beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Sebagai contoh, layanan musik akan berjalan dengan normal di latar belakang. Namun, aplikasi-aplikasi lainnya, seperti Instagram, atau Snapchat, yang tengah berjalan di latar belakang, yaitu feed, tidak akan di-refresh oleh sistem Background Limits ini.

Dengan adanya perubahan tersebut, bakal membuat daya tahan baterai yang dimiliki smartphone akan menjadi lebih baik.

2. Autofill API

Bagi sebagian orang, mengingat kata sandi atau password merupakan salah satu hal yag merepotkan untuk dilakukan. Bahkan, sejumlah orang kerap terlupa dengan password yang mereka buat sendiri.

Namun, Android 8.0 kini nyatanya telah mendukung sebuah kemampuan Autofill API (Application Programming Interface), dimana fitur ini memungkinkan pemberian layanan manajemen password dan akan dapat mengisikan password secara otomatis pada setiap aplikasi yang membutuhkan pengisian password.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan memilih pengaturan bahasa dan input pada bagian menu Setting. Setelah itu, pengguna dapat memilih penyedia autofill. Selanjutnya, sistem secara otomatis akan menampilkan data yang telah dimasukkan dari aplikasi. Fitur ini bakal sangat berguna bagi kalian yang sering terlupa dengan password pada akun-akun media sosial.

3. Picture-in-Picture mode

Jika pengguna tidak bisa menonton video sambil melakukan kegiatan lain di smartphone mereka pada OS Android lawas, maka hal tersebut kini ternyata sudah mungkin untuk dilakukan berkat hadirnya fitur Picture in Picture (PiP) di Android 8.0.

Fitur ini sebenarnya telah dikembangkan sebagai bagian dari sistem operasi Android Nougat, namun hanyalah tersedia pada perangkat Android TV saja.

Kini, fitur tersebut akhirnya telah dapat dinikmati oleh para pengguna Android melalui smartphone atau pun tablet. Sebagai catatan, aplikasi yang digunakan haruslah sudah mendukung penggunaan video PiP juga. Beberapa aplikasi yang sudah mendukung video PiP adalah Chrome, YouTube, dan VLC.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna terlebih dahulu harus sudah memutar sebuah video dalam mode full-screen dan melakukan tap pada tombol "Home." Kemudian, ukuran video pun akan mengecil dan bisa terus ditonton sambil mengakses layanan lain yang diinginkan oleh mereka.

Bagaimana? Merasa tertarik untuk mencoba beberapa fitur menarik dari Android Oreo ini? Marilah menunggu beberapa saat lagi hingga OS ini siap untuk disebarkan di berbagai perangkat smartphone!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top