REVIEW

Perchang, Tantangan bagi Para Pemecah Puzzle Hardcore

by Andy Chan | 31 Aug 2017
Perchang, Tantangan bagi Para Pemecah Puzzle Hardcore

Dibuat oleh GreenLightGames, Perchang merupakan sebuah game puzzle yang menantang bagi Anda. Tujuan utama dari game ini adalah untuk mengirimkan sejumlah bola kecil dari titik awal sampai masuk ke lubang yang menjadi tujuannya. Untuk mencapai ke lubang tujuan tersebut, tugas pemainlah untuk memanipulasi beberapa benda dalam perjalanan dari bola-bola kecil tersebut, baik disusun mau pun digerakkan pada saat tertentu dengan timing yang tepat.

Pemain bakal diberikan sebuah medan, dimana ada satu titik yang menjadi tempat untuk menjatuhkan bola-bola kecil, dan beberapa benda untuk dimanipulasikan yang berwarna biru dan merah, serta sebuah lubang tujuan yang memiliki counter hitungan. Untuk memanipulasi benda berwarna biru dan merah di layar, pemain bisa menyentuh tombol berwarna merah dan biru di pojok kiri dan kanan layar, masing-masingnya bakal memanipulasikan warna yang sama. Warna dari benda yang bisa dimanipulasikan pun bisa diganti dengan cara menyentuh benda tersebut sehingga berubah dari warna biru ke merah, atau pun sebaliknya.

Benda yang bisa dimanipulasikan tersebut berbeda-beda pada setiap levelnya, ada yang berupa jungkat-jungkit, ada yang berupa flipper, ada yang berupa kipas angin, bahkan ada yang berupa pintu. Semua itu harus dimanipulasikan dengan sedemikian rupa agar bisa terbuka jalannya dari titik awal bola menggelinding sampai akhirnya mencapai lubang tujuan. Setiap berhasil memasukkan sebuah bola ke lubang tujuan, maka counter yang ada di lubang tersebut pun bakal bertambah satu. Dan, apabila counter-nya sudah penuh, maka level pun akan selesai.

Tapi, memanipulasikan benda-benda tersebut tidaklah mudah, karena seringkali bakal dibutuhkan timing yang tepat untuk melakukannya. Misalnya, bagaikan menahan bola pinball, pemain harus menyentuh tombol biru ketika bola yang menggelinding hampir mencapai ujung flipper berwarna biru, untuk kemudian meniup bola tersebut di udara dengan menggunakan kipas angin berwarna merah. Ini semuanya membutuhkan kecekatan, keterampilan, serta kemampuan ambidextrous pemain, karena akan sangat sulit untuk memanipulasi dua benda secarasekaligus sambil memperhatikan posisi bola-bola yang jumlah banyak tersebut berada di mana saat ini. Semua itu dan masih ditambah lagi dengan adanya batasan waktu, menjadikan game ini memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang tinggi.

Perchang memiliki grafis 3D yang keren, namun penggunaan warnanya lebih mengarah ke monochrome, sehingga warna-warna yang lebih dominan adalah hitam dan abu-abu. Masuk di akal, karena warna yang vibrant mungkin akan mengganggu indikator warna merah dan biru di saat permainan berlangsung. Animasi dalam game ini juga sesuai dengan hukum fisika, bola akan menggelinding ke bawah di permukaan yang miring, dan akan mengikuti peraturan gravitasi.

Tersedia 50 level yang menantang untuk diselesaikan dalam game Perchang yang free-to-play ini, masing-masingnya dengan solusi yang berbeda dan, tentu saja, bakal memaksa pemain untuk memutar otaknya dengan keras. Game ini bisa dimainkan tanpa menggunakan koneksi Internet, dan ada fitur mikrotransaksi untuk membeli "Continue." Apabila pemain gagal menyelesaikan sebuah level, namun hanya memerlukan waktu yang sedikit lagi saja, maka "Continue" ini bisa dipakai untuk memperpanjang waktu hingga beberapa detik. "Continue" juga bisa didapatkan dengan cara menonton video iklan.

Sebagai game puzzle, Perchang ini bukanlah game untuk casual. Memang, puzzle yang dihadirkan pada awal-awal permainan masihlah sederhana. Namun, dengan semakin tinggi levelnya, manipulasi menggunakan dua buah benda yang posisinya kemungkinan tidak berdekatan akan sangat menantang pemain dan membutuhkan kecekatan, kecermatan, serta kemampuan ambidextrous. Itulah kesulitan yang mungkin akan terjadi, dan dijamin membuat pemain menjadi penasaran, atau malah sampai jadi stress.

Perchang merupakan sebuah game yang menarik bagi Anda yang menggemari tantangan, dan 50 level yang disediakan oleh game-nya ini dijamin bisa menghabiskan waktu Anda, baik di perjalanan saat commuting, atau pun saat bersantai di rumah. Dan, apabila masih merasa kurang, ada 10 level tambahan yang bisa dibeli di dalam game dengan menggunakan uang asli.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top