REVIEW

Colossatron, Mari Hancurkan Dunia dengan Ular Raksasa

by Anduril | 30 Aug 2017
Colossatron, Mari Hancurkan Dunia dengan Ular Raksasa

Colossatron adalah game dimana kalian akan berperan sebagai alien yang menyerang Bumi. Alien ini berbentuk seperti ular besi raksasa dengan badan modular sehingga bisa disambungkan atau dipisah kapan saja. Bagian tubuhnya yang modular itu tak lain adalah kendaraan yang dapat menembak, dan disebut sebagai Powercore.

Pada awalnya, kalian hanya dapat melihat sang ular menghancurkan segala sesuatu. Namun, tidak lama kemudian, akan muncul sebuah kapal kecil dari samping layar dan kalian harus membimbing kapal kecil tersebut menuju ke ularmu dengan cara melakukan tap dan tahan. Begitu kapal kecil tadi masuk, maka kapal kecil ini akan berubah menjadi salah satu bagian dari tubuh sang ular dan ikut menembak.

Kapal kecil tersebut akan datang dalam berbagai warna yang merepresentasikan keunikan dari setiap kapal. Sebagai contoh, kapal berwarna ungu nantinya akan berubah menjadi Powercore yang berfungsi untuk memperbaiki bagian tubuh sang ular. Selain itu, juga ada Powercore berwarna merah yang mempunyai fire rate tinggi, atau Powercore berwarna oranye dengan jangkauan yang pendek namun mempunyai area tembakan yang luas.

Hal lainnya yang menarik adalah jika kalian menaruh Powercore berwarna biru dan kuning secara bersebelahan, maka mereka pun akan bergabung menjadi Powercore berwarna hijau. Jika dirinci, ada tiga warna dasar dengan kemungkinan tiga kombinasi warna, sehingga secara totalnya bakal terdapat sebanyak enam unit dengan kemampuan yang berbeda-beda.

Sepanjang kalian bermain, kalian juga akan ditembaki oleh manusia yang mencoba untuk mempertahankan Bumi kita tercinta ini. Jika salah satu dari unit sudah menerima jumlah damage yang terlalu besar, maka unit tersebut akan rusak dan hancur, sehingga tubuh ular raksasa ini juga akan bertambah pendek. Bila kalian kehilangan seluruh Powercore, maka kalian pun akan menemui layar game over.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan kombinasi unit yang kalian pilih. Jika kalian terlalu fokus dengan serangan jarak dekat, maka helikopter yang menembaki kalian dari jarak jauh pun akan menjadi sebuah mimpi buruk. Namun, seiring kalian mulai mengerti dengan konsepnya, game ini akan menghadirkan tantangan dalam urusan mengatur susunan dengan rapi.

Layar akan dipenuhi dengan begitu banyak musuh, dan juga si ular yang bergerak dengan sangat cepat. Tapi, untungnya, di antara sela-sela level, kalian akan mendapat kesempatan untuk memperbaiki seluruh unit dan juga mengatur ulang posisi dari setiap unit dengan membayar sejumlah uang yang bakal kalian dapatkan selama bermain.

Colossatron juga menyediakan upgrade dan juga skill point yang dapat membantu kalian dalam mengalahkan musuh. Meski begitu, beberapa skill point juga membutuhkan usahamu yang tersendiri dalam mengarahkan sang ular, jadi gamenya tidak akan terasa terlalu pasif.

Colossatron terdiri dari tujuh dunia, dimana setiap dunia tersebut akan terdiri dari empat level. Namun, kalian harus memainkan empat level tanpa menemui layar game over untuk bisa berlanjut ke dunia selanjutnya. Jadi, game ini tidak akan berakhir dengan terlalu cepat. Selain itu, kalian juga dapat mengulang level sebelumnya untuk menjajal mode survival, dimana kalian bakal ditantang untuk bertahan selama mungkin dari serangan musuh.

Collosatron mempunyai grafis 2D yang terbilang cukup baik dan juga detil. Dalam satu layar, kalian bisa melihat ada begitu banyak unit yang saling menembak dan juga ledakan-ledakan yang keren. Namun, hal ini juga mengartikan adanya satu hal tertentu. Ya, Colossatron adalah game yang cukup berat untuk dijalankan, terutama ketika layarnya sedang penuh dengan musuh dan unit ularmu.

Colossatron juga masih menyediakan IAP (in-app purchases) bagi kalian yang benar-benar tidak sabar untuk membuka upgrade. Secara normal, kalian bisa membeli upgrade dengan mengumpulkan Prism selama bermain. Jumlahnya mungkin memang tidak akan terlalu banyak, tapi cukuplah untuk sekedar upgrade biasa. Namun, jika itu dirasa belum cukup, maka kalian juga bisa menukarkan uang yang kalian dapatkan dari bermain dengan Prism.

Colossatron sebenarnya adalah game dengan konsep yang menarik, namun seiring gamenya berlanjut didapati bahwa konsep utamanya malah mulai menghilang. Dan, pada saat yang sama, game ini juga jadi kehilangan pesonanya. Tapi, terlepas dari itu semua, Colossatron tetap adalah sebuah game yang sangat fun.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top