TIPS

Cari Kiblat dengan Bantuan Google? Bisa, kok!

by Adi P | 30 Aug 2017
Cari Kiblat dengan Bantuan Google? Bisa, kok!

Tantangan kita sebagai pemeluk agama Islam dalam menunaikan ibadah sholat, terutama jika bepergian atau berada di daerah yang asing, adalah menentukan arah kiblat. Kiblat itu sendiri adalah arah yang bakal dituju pada saat seorang muslim melakukan sholat, yakni merujuk pada lokasi Ka’bah di kota Mekkah, Arab Saudi.

Mungkin jika kita berada di daerah yang secara mayoritas juga berpenduduk muslim, kita bisa bertanya ke orang-orang di sekitar. Tapi, bagaimana jika kita sedang berada di daerah yang tidak ada masyarakat muslim, atau pun berada di alam bebas, seperti berkemah di pegunungan?

Nah, di masa modern seperti sekarang ini, Google pun telah dapat membantu kita untuk mencari hampir apa pun yang ingin kita temukan. Termasuk dalam kasus ini adalah menentukan arah kiblat.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan dengan menggunakan handphone atau pun gadget kita yang lain.

1. Pertama, kita bisa membuka tautan qiblafinder.withgoogle.com melalui browser yang kita pergunakan. Lebih disarankan lagi untuk dilakukan melalui Chrome, karena browser tersebut memang salah satu produk keluaran Google sendiri.

Pilihlah opsi bahasa di bagian bawah untuk mengganti pilihan ke bahasa Indonesia untuk lebih memudahkan proses, lalu pilih tombol “Mulai” jika ingin menggunakannya.

2. Chrome akan meminta otorisasi dari kita untuk menggunakan kamera dan GPS pada handphone untuk memandu kita dalam menentukan arah kiblat yang tepat. Perlu diketahui, proses ini akan menggunakan kompas pada handphone kita. Jadi, ada baiknya untuk mengkalibrasikan kompas ini terlebih dahulu.

3. Pernah memainkan game Pokemon Go yang sempat populer itu? Nah, sekedar untuk pengetahuan saja, Virtual Reality yang dipakai dalam proses ini sebenarnya mirip dengan yang ada pada game tersebut. Kita tinggal mengarahkan handphone kita sesuai dengan arahan Google, yang sudah mengukur serta menentukan ke mana arah kiblat serta jaraknya. Fitur ini bisa dinonaktifkan dengan menggeser toogle yang posisinya berada di kanan atas layar.

4. Nah, saat proses ini telah berhasil dilakukan, maka akan ada notifikasi yang memberitahukan kepada kita bahwa posisi kita sudah menghadap ke arah kiblat dan juga ditambahkan dengan jarak kita berada pada saat ini dengan lokasi Ka’bah di kota Mekkah, Arab Saudi.

Dengan menggunakan bantuan dari Google ini, semoga ibadah yang kita tunaikan di mana pun dan kapan pun kita sedang berada bakal semakin lancar, ya.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top