REVIEW

Reigns, Saat Nasib Kerajaan Ditentukan oleh Kartu

by Anduril | 28 Aug 2017
Reigns, Saat Nasib Kerajaan Ditentukan oleh Kartu

Unik merupakan kata yang paling pas untuk menggambarkan permainan Reigns. Lewat penyajiannya yang tidak biasa, DevolverDigital tidak hanya membuat sebuah game strategi yang menarik. Tetapi, juga menghadirkan sebuah game ringkas yang tidak menyita banyak waktu bermain. Saking ringkasnya, Reigns dikemas layaknya interaksi pada Tinder yang hanya membutuhkan swipe untuk memainkan gamenya.

Raja dalam beberapa menit. Kira-kira, itulah posisi yang akan kalian perankan dalam Reigns. Sebagai seorang raja, pengambilan keputusanmu secara jelas sekali bakal menentukan perkembangan kondisi negeri yang kalian pimpin. Masalahnya adalah kalian bakal lebih sering mengalami kematian jika dibandingkan dengan berlama-lama duduk di tampuk pemerintahan.

Kalian dituntut untuk bisa mengatur kerajaanmu dengan sesempurna dan selama mungkin. Apa pun keputusan yang kalian ambil, maka kalian perlu untuk mempertimbangkannya agar bisa menyeimbangkan empat indikator kestabilan politik di negerimu. Begitu salah satu indikator tersebut jadi terlalu penuh atau kosong, permainan pun berakhir dengan ending yang berbeda-beda dan tergantung pada indikator mana yang bisa membuat kalian jadi gagal.

Setiap bagian permainan Reigns dipenuhi dengan peristiwa acak yang membuat permainan jadi tak pernah terasa sama untuk yang kedua kalinya. Beberapa keputusan dari sesi permainan sebelumnya bahkan ada pula yang berdampak terhadap permainan berikutnya.

Keberadaan warisan dari tampuk kerajaan sebelumnya bakal berfungsi layaknya sebagai progress dari permainan dalam Reigns. Lewat cara ini, kita bisa membuka beberapa hal baru. Mulai dari membuka percabangan pilihan berikutnya, ending baru, karakter baru, misi dungeon rahasia, dan banyak lagi lainnya. Hal ini memberikan sebuah motivasi baru pada setiap kali bermain.

Salah satu hal yang sangat penting dari sebuah game mobile adalah kemudahan akses kontrol. Reigns merupakan salah satu contoh menarik untuk kasus ini, karena segala hal yang kita lakukan dalam game bisa dikerjakan hanya dengan menggunakan satu tangan saja.

Setiap kejadian yang negeri kita alami akan dideskripsikan secara singkat di bagian atas dari gambar, dan kita bakal memutuskannya sesuai kehendak hati dengan menggeser ke arah kiri atau arah kanan layaknya dalam Tinder. Sangatlah penting untuk membaca deksripsi dari keputusan-keputusan yang diambil sebelum benar-benar menggeser gambar tersebut, karena jika kalian sampai salah mengambil keputusan maka kalian dalam sekejap kemudian akan kehilangan posisi di tampuk pemerintahan.

Mirip dengan Downwell yang juga dirilis oleh DevolverDigital, pengalaman ringkas yang dihadirkan para versi mobile jelaslah tidak akan kalian rasakan pada saat bermain di PC. Dengan bermain Reigns di smartphone, kalian bisa menikmati tantangan menjadi seorang raja dalam hitungan hanya beberapa menit saja sebelum akhirnya kembali beraktivitas dan memasukkan smartphone ke dalam kantong.

Secara keseluruhan, Reigns merupakan selingan yang menarik bagi para penggemar game strategi mau pun kasual di luar sana. Keunikan skema kontrol dan alur permainannya yang acak memberikan hiburan singkat untuk sekedar menghabiskan waktumu di kala menunggu mau pun di sela-sela aktivitas lainnya.

Selain itu, presentasi visual dan audio-nya yang unik membuat game ini jadi tampil berbeda dengan game-game lain. Singkat kata, game ini mungkin bukanlah untuk semua orang, tetapi sekali saja bagi kalian untuk terjerumus ke dalamnya, maka yang bisa kalian perbuat hanyalah melakukan swipe ke arah kiri atau swipe ke arah kanan hingga nasib buruk akhirnya datang untuk menjemputmu.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top