REVIEW

Saatnya Ujudkan Impian Jadi Koki Jepang Ternama di Meshi Quest: Five-Star Kitchen

by Andy Chan | 28 Aug 2017
Saatnya Ujudkan Impian Jadi Koki Jepang Ternama di Meshi Quest: Five-Star Kitchen

Sushi, Yakitori, Ramen, Soba, Katsu Curry. Hmmmm. Membayangkannya saja sudah membuat lapar, ya? Apakah Anda bisa memasak makanan-makanan khas Jepang tersebut? Nah, satu game ini bisa mewujudkan impian Anda untuk menjadi seorang koki bagi masakan-masakan Jepang tersebut. Judulnya adalah Meshi Quest: Five-Star Kitchen.

Game persembahan Square Enix ini (iya, Square Enix yang dikenal dengan franchise game Final Fantasy dan Dragon Quest itu) merupakan sebuah game bertipe rush, sehingga pemain diharuskan untuk cekatan dalam melayani para pelanggan yang datang secara beramai-ramai dan tak jarang cepat marah.

Pengendalian permainan ini sebenarnya cukup mudah, namun membutuhkan akurasi yang tinggi. Biasanya, para pengunjung berdatangan dan langsung melakukan pemesanan makanan atas satu atau lebih dari menu yang ada. Pemain harus menyiapkan berbagai perkakas makan, serta tentu saja memasak makanan tersebut. Sebagai contoh, untuk menyediakan sushi, pemain harus menyalakan Rice Cooker, menyediakan piring dan kecap. Setelah nasinya matang, bakal dikepalkan dengan tangan dan digabungkan dengan ikan Salmon, untuk kemudian ditaruh di atas piring dan disajikan kepada para pelanggan. Terkadang, mereka menginginkan adanya wasabi dan minuman. Itu pun harus disediakan secara akurat.

Tentu saja, para pelanggan yang berdatangan tidaklah hanya berjumlah satu orang saja. Sekali datang, mereka mungkin bisa berdua, bertiga, bahkan berempat secara sekaligus. Pemain harus dengan cepat menentukan mana yang bisa dilayani terlebih dahulu agar mereka semuanya itu bisa terpuaskan. Apabila berhasil melayani mereka dengan cepat, maka akan ada hitungan Combo yang bakal menambah nilai akhir nantinya, sekaligus menentukan berapa jumlah bintang yang bakal didapat dari stage tersebut. Di sinilah, bagi pemain yang menggunakan tablet sepertinya akan bisa lebih akurat dalam melayani mereka jika dibandingkan dengan pengguna ponsel pintar yang berukuran kecil.

Tersedia puluhan stage untuk diselesaikan, dan meski pun pemain pada awalnya hanyalah akan membuka restoran sushi saja, namun setelah kotanya bertambah besar, nantinya akan juga bisa membuka restoran-restoran Jepang lainnya, seperti restoran Yakitori, Curry, Ramen, Pasta, dan Burger.

Meshi Quest: Five-Star Kitchen merupakan game yang menggunakan grafis ala anime. Karakter-karakternya tampil dengan sedikit animasi. Misalnya, ketika mereka mulai marah karena belum dilayani juga, maka raut mukanya akan berubah menjadi beringas. Semua makanan di game ini juga tampil secara... lezat. Gambarnya memang bertipe anime, namun lezatnya jadi bisa dibayangkan dengan mudah. Tentu saja, lagu yang disajikan juga bernuansa Jepang, sangat cocok dengan tema game-nya yang berisikan makanan-makanan khas Jepang. Dan, yang paling asyik, game-nya juga memiliki voice acting berbahasa Jepang.

Seperti game-game sejenisnya, Meshi Quest: Five-Star Kitchen juga merupakan sebuah game free-to-play yang wajib dimainkan dengan menggunakan Internet. Ini dikarenakan adanya login bonus, waktu upgrade, serta maraknya penggunaan mata uang premium berupa Gems. Hampir semua upgrade yang dijual di in-game shop tersebut menggunakan Gems. Dan, setelah membeli pun masih diharuskan untuk menunggu hingga beberapa waktu lamanya barulah upgrade tersebut bisa selesai. Gems juga bisa dibeli dengan menggunakan uang asli, namun tetap bisa didapatkan hanya dengan memainkan game-nya saja atau pun dari berbagai bonus yang diberikan. Asyiknya, tidak ada sistem stamina di game ini, sehingga pemain jadi bebas untuk memainkan Meshi Quest: Five-Star Kitchen kapan saja jika diinginkan.

Sedikit gangguan yang mungkin melanda adalah apabila terjadi sedikit gangguan pada koneksi Internet Anda, maka game-nya akan memblokir akses ke toko upgrade. Bahkan, juga bisa menendang Anda ke layar judul. Selain itu, sering ada update yang kadang juga mengganggu ketika ingin main. Well, itulah resiko dari adanya fitur always online.

Bagi penggemar makanan-makanan Jepang dan game bertipe rush, Meshi Quest: Five-Star Kitchen merupakan game impian di ponsel pintar atau pun tablet Anda. Game-nya sendiri tidaklah terlalu besar, hanya berukuran 218 MB saja. Jadi, untuk penggemar makanan Jepang, tunggu apa lagi? Cobalah Meshi Quest: Five-Star Kitchen, sekarang juga!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top