REVIEW

Lebih Canggih, Allo Kini Dilengkapi Asisten Google dalam Bahasa Indonesia

en19ma   24 Aug 2017
Lebih Canggih, Allo Kini Dilengkapi Asisten Google dalam Bahasa Indonesia

Baik saat merencanakan acara untuk malam hari atau hanya sekedar berkumpul, kita semua mengandalkan aplikasi messaging untuk berkomunikasi dengan teman dan orang tercinta. Namun, seringkali kita harus menunda percakapan —mungkin karena harus memeriksa status penerbangan atau karena mencari restoran baru. Jadi, Google pun membuat aplikasi messaging yang bakal membantu Anda untuk menjaga percakapan agar tetap berlangsung, dengan menyediakan bantuan pada saat dibutuhkan.

Google Allo adalah aplikasi messaging canggih untuk Android dan iOS yang bisa membantu Anda untuk menyampaikan dan melakukan banyak hal secara langsung di chat. Google Allo mampu untuk membantu Anda dalam membuat rencana, menemukan informasi, dan mengekspresikan diri dengan lebih mudah di chat. Di Google Allo, Anda juga akan diperkenalkan dengan Asisten Google. Dengan adanya Asisten di Allo, Anda dapat berinteraksi dengan Google —ajukanlah pertanyaan dan biarkan Asisten untuk membantu Anda dalam menyelesaikan berbagai hal secara langsung saat chat.

Hari ini, tanggal 24 Agustus 2017, Google dengan gembira mengumumkan bahwa Asisten Google telah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Kini, Anda dapat berbicara dengan Asisten Google dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Anda tidak perlu lagi keluar dari chat hanya untuk melihat alamat, berbagi video YouTube favorit, atau memilih tempat untuk makan malam. Cukup ketikkan @google untuk memanggil Asisten Anda ke grup chat mana pun. Selain itu, Anda juga dapat melakukan chat pribadi dengan Asisten di Allo.

Berikut adalah beberapa cara Asisten Google untuk membantu Anda di Google Allo:

  • Membuat rencana bersama teman.
    Anda dapat dengan mudah berpindah dari membahas makan malam dengan teman ke membuat rencana untuk bertemu, secara langsung di chat. Cukup tambahkan Asisten ke grup chat, dan tanyakan jadwal film, restoran lokal, dan lainnya. Anda juga dapat menelusuri tujuan wisata, jadwal penerbangan, dan hotel bersama teman.
  • Mendapatkan jawaban.
    Dapatkan info terbaru mengenai apa pun. Mulai dari berita, lalu lintas, olahraga, atau status penerbangan yang akan datang. Mintalah Asisten untuk mengirim update harian mengenai informasi yang penting bagi Anda.
  • Bersenang-senang.
    Minta Asisten untuk berbagi video YouTube yang lucu atau memutar game emoji dengan teman langsung di grup chat —misalnya, Anda dapat bermain tebak judul film berdasarkan serangkaian emoji.

Asisten Google merupakan babak selanjutnya dalam perjalanan Google selama bertahun-tahun untuk membantu kehidupan orang-orang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Google memulainya dengan edisi pratinjau Bahasa Indonesia untuk menunjukkan salah satu cara bagi Asisten untuk membantu Anda di chat.

Merespons secara cepat dengan Smart Reply

Google Allo juga memudahkan Anda untuk memberikan respons dengan cepat dan menjaga percakapan tetap berlangsung, kapan saja di mana saja. Dengan Smart Reply, Anda dapat merespons pesan dengan sekali tap, jadi Anda pun dapat mengirim respons “Yoi” dengan cepat kepada teman yang bertanya “Apakah kamu masih dalam perjalanan?” Smart Reply juga akan menyarankan respons untuk foto. Jika teman mengirimi foto hewan peliharaannya, Anda mungkin melihat saran Smart Reply, seperti “Aduh, imut banget!” Baik Anda merupakan tipe orang yang suka menulis “wkwk” atau pun “􀍲”, Smart Reply akan menyempurnakan saran seiring berjalannya waktu dan menyesuaikan dengan gaya Anda.

Smiley Cerdas:
Salah satu hal yang sangat Google sukai adalah di saat Google menyatukan fitur cerdas dengan ekspresi —untuk membantu Anda mengatakan hal yang benar-benar diinginkan di chat pada saat ingin mengatakannya. Google membuat Smiley Cerdas sehingga Anda dapat menemukan stiker atau emoji yang tepat untuk percakapan dengan mudah. Jadi, Anda juga tidak harus melakukan scroll halaman dan halaman gambar untuk menemukan stiker atau emoji yang tepat. Berdasarkan pada yang Anda ketikkan, Smiley Cerdas akan menyarankan stiker dan emoji secara otomatis yang berkaitan dengan topik. Misalnya, jika Anda mengetik “Ayo, makan ramen,” Smiley Cerdas akan menampilkan stiker dan emoji yang terkait dengan ramen dan makanan. Smiley Cerdas juga dapat membantu Anda untuk menyelesaikan kalimat melalui pencocokan awalan. Jika mulai mengetikkan “Sampai jumpa lagi,” maka Smiley Cerdas akan menyarankan emoji alligator.

Stiker Selfie:
Fitur Allo ini memungkinkan Anda mengubah foto selfie menjadi paket stiker pribadi. Untuk melakukannya, Google menggunakan teknologi computer vision yang mengubah foto selfie Anda menjadi gambar artistik. Dengan mengkombinasikan teknologi ini dengan kemampuan menggambar seniman, Google dapat membuat versi "emoji" dari Anda, yang tidak hanya menggambarkan warna rambut namun juga kepribadian dan gaya. Selain itu, Google pun menyediakan berbagai ilustrasi yang membantu Anda untuk menjadi lebih aktif di chat. Setelah versi stiker foto selfie dibuat, Google menyediakan beberapa opsi penyesuaian untuk membantu dalam menyesuaikan paket stiker menjadi paket stiker yang menurut Anda paling mewakili kepribadian dan diri Anda. Terdapat milyaran kombinasi fitur wajah, yang memberi kanvas yang kaya akan pilihan bagi Anda untuk membuat stiker yang sama persis dengan Anda.

Chat dalam mode Rahasia

Google menjaga privasi dan keamanan dengan ketat di Google Allo. Semua chat di Google Allo dienkripsi dengan menggunakan teknologi standar industri, seperti Transport Layer Security (TLS). Namun, Google telah melangkah lebih jauh lagi dengan membuat mode dalam Google Allo bernama Rahasia (h/t Chrome). Saat melakukan chat di mode Rahasia, pesan memiliki enkripsi yang menyeluruh dan fitur privasi tambahan seperti notifikasi rahasia dan masa kedaluwarsa pesan.

Google ingin segera menghadirkan Google Allo dalam aktivitas Anda. Google Allo tersedia di Android dan iOS.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top