REVIEW

Emergency SOS di iOS 11 Permudah Cara Nonaktifkan Touch ID di Kondisi Darurat

Dikdok   25 Aug 2017
Emergency SOS di iOS 11 Permudah Cara Nonaktifkan Touch ID di Kondisi Darurat

Pada pengembangan iOS yang tengah dilakukan, Apple belum lama ini memperkenalkan sebuah fitur keamanan unik yang mereka sematkan di iOS 11. Diberi nama Emergency SOS, layanan ini disematkan untuk mempermudah para pengguna dalam melakukan panggilan darurat ketika dibutuhkan.

Mode layanan ini bisa diakses dengan cara yang cukup mudah dan cepat, yaitu dengan menekan Power Button sebanyak 5 kali secara berturut-turut. Yang membuat layanan ini menjadi unik, Emergency SOS nyatanya juga bisa digunakan untuk menonaktifkan Touch ID di saat pengguna berada di dalam situasi yang darurat.

Lalu, kenapa penonaktifkan Touch ID ini bisa dianggap penting? Secara sederhana, mode menonaktifkan Touch ID ini bisa digunakan untuk membuat perangkat iOS 11 menjadi lebih sulit untuk dibobol oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab.

Terutama, ketika pengguna berada dalam kondisi perampokan yang mungkin disertai dengan tindakan mengancam dari orang yang mengambil iPhone miliknya dan meminta akses sidik jari dengan menodongkan senjata, misalnya.

Mode menonaktifkan Touch ID ini juga bisa dilakukan dengan cara yang cepat dan mudah. Pengguna hanyalah perlu untuk menekan tombol Power sebanyak 5 kali secara berturut-turut. Selanjutnya, layar iOS akan menampilkan 3 tombol yang bisa digeser, yaitu Slide to Power Off, MedicallID, dan Emergency SOS.

Untuk menonaktifkan Touch ID, pengguna cukup menekan tombol cancel yang terletak di bagian bawah. Setelah Touch ID tersebut dinonaktifkan, pengguna kini hanyalah bisa menggunakan Passcode Lock sebagai satu-satunya cara untuk membuka kunci di Lockscreen,

“Ini adalah fitur tersembunyi yang mudah digunakan, karena memungkinkan Touch ID untuk dinonaktifkan dalam situasi di mana seseorang mungkin dapat memaksa perangkat iPhone untuk dibuka dengan sidik jari, seperti perampokan atau penangkapan. Dengan Touch ID dinonaktifkan memakai cara ini, maka tidak ada cara untuk membuka iPhone secara fisik dengan jari tanpa kode sandi perangkat.” - Apple

Fitur yang diterapkan oleh Apple di sistem operasi terbarunya ini sepertinya merupakan salah satu fitur baru yang harus segera diterapkan juga pada banyak perangkat lainnya, mengingat mode tersebut bisa menjadi sebuah mode keamanan tambahan jika memang dibutuhkan.

Untuk bisa melengkapi mode tersebut, para pengguna harus menggunakan Passcode Lock yang aman dan tidak mudah untuk ditebak oleh orang lain.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top