REVIEW

ViuGraph, Media Sosial Lokal dengan Konsep UGC

Anduril   18 Aug 2017
ViuGraph, Media Sosial Lokal dengan Konsep UGC

Media sosial bertebaran di mana-mana, bahkan di tengah-tengah hutan belantara aplikasi mobile, yang telah diunduh hingga 342.000 kali setiap menitnya. Jadi, jelas bahwa tidak ada salahnya kalau setiap orang memiliki lebih dari satu aplikasi media sosial di dalam handphonenya. Mulai dari Path, Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan beragam aplikasi lainnya.

Saat ini, pastinya sudah banyak review untuk berbagai media sosial yang kami sebut di atas. Tetapi, mungkin masih jarang yang membahas ViuGraph, yang digadang-gadangkan sebagai media sosial karya anak bangsa. Seperti apa sebenarnya media sosial milik orang Indonesia ini, sih?

ViuGraph, namanya. Cukup singkat, namun mudah diingat. Mungkin pembuatnya memikirkan kata “view,” namun diplesetkan dengan menggunakan bahasa startup agar lebih kekinian. Yang jelas, nama ViuGraph justru membuat kami teringat akan aplikasi streaming video Viu yang dimiliki oleh perusahaan asal Hong Kong. Kalau dilihat secara sekilas, aplikasi ini malah sangat mirip dengan Instagram yang sedang booming. Aplikasi ini diluncurkan pada tahun 2017 ini, jadi masihlah sangat baru dan terus dikembangkan.

Saat ini, aplikasi ViuGraph baru bisa diunduh secara gratis melalui Play Store di handphone Android. Versi iOS-nya juga akan ada ke depannya. Saat pertama kali mengunduh aplikasi ini, ViuGraph ternyata hanya memiliki ukuran 18MB.

Kami mencoba aplikasi ini di Asus Zenfone Selfie. Semua tulisan terlihat jelas dan tidak sampai terpotong. Sayangnya, menurut review yang beredar di Play Store, beberapa merek lain mengalami tulisan yang terpotong sehingga tidak ketahuan secara jelas menyoal apa isi tulisannya. Sementara itu, ada beberapa smartphone yang tidak kompatibel sama sekali dengan aplikasi ViuGraph. Tampaknya, masalah ini hanya akan berlangsung di saat peluncurannya saja, dan kemungkinan besar sudah diperbaiki.

Pada dasarnya, aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi Instagram, untuk memasukkan foto atau pun video. Tapi, yang membuat ViuGraph agak berbeda adalah pemilihan topik yang disediakan. Kalian bakal menemukan berbagai pengelompokan topik layaknya UC News, sehingga media sosial ini jadi lebih mirip dengan UGC (user generated content) ketimbang media sosial lainnya yang membatasi setiap konten yang kita buat atau baca.

Mereka juga mempunyai tiga pilihan tab di layar utama, yakni Trends, Topics, dan Friends. Kami agak dibingungkan dengan kegunaan dari ketiga menu ini. Apakah ada hal yang berbeda dari ketiganya? Setelah kami utak-atik, setiap menu tersebut ternyata memiliki fungsinya masing-masing. Menu Trends bakal melakukan filter atas trend-trend yang sedang menjadi bahan perbincangan. Sedangkan menu Topics berisikan trend-trend dari topic yang dipilih di awal. Yang terakhir, Friends akan menampilkan postingan dari teman-teman yang ada di lingkaran kita.

Selain itu, ada beberapa tombol di bagian bawah aplikasi. Home, yakni Topics, Take a Picture, Notifications, dan Messages. Tombol-tombol ini dibuat tampil dengan warna putih dan berlatar belakang biru keunguan. Sebenarnya, tampilan ini cukup user-friendly kalau memakai handphone Android dengan layar yang luas.

Saat beberapa kali mencoba untuk meng-upload foto, layaknya UGC, aplikasi ini langsung mencoba untuk membuat filter topik di dalam gambar secara langsung. Jadi, ada tiga kolom yang harus diisi oleh user, yaitu Topic, Location, dan Description. Setelah itu, barulah bisa di-post. ViuGraph memberikan tampilan untuk menulis caption yang sangat sedikit. Jadi, buat orang yang suka menulis caption yang panjang-panjang mungkin bakal agak kesusahan untuk mengakses semua tulisannya.

Secara garis besar, ViuGraph bakal menjadi sebuah tambahan yang menarik bagi dunia media sosial Indonesia. Tampilannya yang biru keunguan cukup adem di mata, fungsi-fungsinya cukup oke walau pun ada bug di sana-sini.

Yang jadi catatan di sini adalah bagaimana strategi dari PT. Svarga Indomulia Mediatama dalam menaklukkan market aplikasi mobile yang terkenal kejam dan tanpa ampun ini. Untuk saat ini, kami belum bisa memberikan penilaian apa-apa, tetapi proses tersebut bakal sangat menarik untuk diikuti.

Apps Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top