REVIEW

Dirilis Bersamaan, Apa yang Berubah dari iOS 11 Developer Beta 6 & Public Beta 5?

by Dikdok | 20 Aug 2017
Dirilis Bersamaan, Apa yang Berubah dari iOS 11 Developer Beta 6 & Public Beta 5?

Mendekati target peluncuran resmi iOS 11 yang bakal jatuh pada bulan September 2017, Apple terlihat semakin gencar saja untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasinya tersebut. Bahkan, pada pembaruan yang kali ini diberikan, Apple sampai merilis iOS 11 Developer Beta 6 bagi para pengembang terdaftar dan juga iOS 11 Public Beta 5 bagi para pengguna umum di Apple Beta Software Program. Biasanya, update tersebut hadir secara bergantian atau berbeda selang sehari, namun Apple kali ini malah memilih untuk menghadirkan keduanya secara bersamaan.

Sebagaimana dikutip dari beberapa sumber, ada cukup banyak perbaikan yang diberikan oleh Apple pada peluncuran iOS 11 di versi terbaru ini. Secara garis besar, perbaikan kali ini mencakup beberapa perbaikan bug dan peningkatan tampilan hingga jadi lebih menarik. Lalu, apa saja pembaruan yang telah diberikan? Berikut adalah catatannya secara garis besar:

  • Perubahan icon Apple Maps dan App Store
  • Perubahan icon Reminder dengan format list yang terletak di sebelah kiri.
  • Dihilangkannya Live Wallpaper dengan gambar ikan yang sebelumnya diperkenalkan untuk pertama kalinya pada iPhone 6s
  • Perubahan lokasi opsi Auto Brightness, yang semula berada di Settings > Display & Brightness menjadi di Settings > General > Accesibility > Display Acomodation
  • Perubahan di bagian deretan angka untuk icon Clock
  • Perubahan animasi saat melakukan proses pairing ke AirPods
  • Indikator Now Playing Airplay menggunakan warna biru pada saat digunakan.
  • Perbaikan koneksi ke aplikasi Notes untuk mengembalikan catatan dari iCloud setelah aplikasi dihapus dan di-install kembali.
  • Apple Pencil dapat kembali difungsikan dengan lancar pada mode layar tegak atau mendatar.
  • Perbaikan bug system pada layanan Family Sharing.

Berbeda seperti pada pembaruan di versi awal yang banyak memberikan perbaikan bug system, JurnalApps melihat bahwa Apple pada pembaruan kali ini malah lebih banyak memberikan pembaruan guna meningkatkan tampilan iOS menjadi lebih “cantik.” Sementara, pada perbaikan bug, hanyalah sebagian bug minor saja yang terus dibenahi oleh Apple. Hal tersebut memberikan anggapan bahwa dengan sistem operasi yang hampir selesai dikerjakan, maka peluncuran iOS 11 harusnya tidaklah akan mengalami penundaan.

Sebagai catatan tambahan, iOS 11 sendiri mulai diperkenalkan pada WWDC 2017, bersamaan dengan macOS High Sierra, watchOS 4, dan juga tvOS 11. Update iOS 11 ini memberikan banyak tampilan baru seperti Control Center, mode multitasking, dan drag and drop pada perangkat iPad serta banyak perubahan lainnya. Apple juga mulai mengenalkan teknologi AR dengan ARKit untuk membantu para pengembang aplikasi membuat aplikasi berbasis augmented reality serta app Files sebagai pengganti iCloud Drive yang lebih canggih dan mendukung beragam cloud service.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top