TIPS TRIK

10 Tips Berinternet dengan Aman

Dikdok   19 Aug 2017
10 Tips Berinternet dengan Aman

Perkembangan dunia Internet yang sangat pesat nyatanya juga telah menyebabkan penyebaran informasi yang semakin cepat pula. Bahkan, informasi pribadi sekali pun telah banyak bertebaran di dalam dunia online tersebut. Padahal, data pribadi yang tersebar secara bebas di dunia online sangat beresiko digunakan untuk beragam hal negatif.

Oleh karena itu, guna memberikan proteksi akan informasi pribadi tersebut, Jurnal Apps kali ini akan memberikan 10 tips untuk melindungi perangkat kita terhadap berbagai ancaman dari para kriminal cyber. Berikut adalah caranya, sebagaimana telah dilansir dari Kemenkominfo:

1. Memasang dan Memperbarui Anti-Virus dan Anti-Spyware

Dengan memperbarui kedua jenis perangkat lunak ini, maka serangan malware, seperti virus, worms, atau pun trojan, yang dapat mengganggu perangkat yang kita miliki dapat dicegah untuk sampai terjadi. Aktifkan sistem pembaruan otomatis dari kedua perangkat lunak ini untuk menjaganya tetap update.

2. Memasang dan Memperbarui Firewall

Firewall sendiri berfungsi untuk membantu mencegah akses dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Guna menjaga ancaman tersebut, sebaiknya aktifkan pembaruan perangkat lunak ini secara otomatis.

3. Mengatur Pembaruan Sistem Operasi secara Otomatis

Pembaruan sistem operasi juga perlu dilakukan karena setiap pengembangan sistem operasi baru juga menawarkan pengembangan tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Oleh karena itu, dengan memperbarui sistem operasi secara berkala, maka resiko ancaman keamanan cyber pun dapat diminimalisir.

4. Menggunakan Sistem Operasi yang Masih Dilayani oleh Vendor

Gunakanlah sistem operasi yang cukup baru sehingga Anda akan mendapatkan layanan patches dan fixes dari vendor yang bersangkutan.

5. Memperbarui Peramban dan Mengaktifkan Fungsi Keamanan di Dalamnya

Peramban yang tidak diperbarui juga beresiko menjadi celah untuk masuknya berbagai ancaman jahat ke perangkat kalian. Oleh karena itu, guna menjaga sistem keamanan agar selalu berjalan dengan baik, sebaiknya selalui perbarui aplikasi peramban yang kita miliki.

6. Menggunakan Sandi yang Sulit Diretas dan Menggantinya secara Berkala

Sandi (password) yang masuk ke dalam kategori yang sulit diretas biasanya adalah sandi yang memiliki kombinasi antara huruf besar, kecil, angka, dan juga simbol. Pergantian sandi secara berkala juga tentunya akan membuat peretas bakal menjadi sedikit kesulitan untuk melakukan tindak peretasan terhadap akun milik kalian.

7. Mengatur Kuasa Akun (Account Privileges)

Buatlah akun yang memiliki kuasa terbatas (limited user privilege) ketika perangkat kalian sedang terhubung ke Internet . Karena, jika saja ada satu malware yang masuk ketika kalian sedang menggunakan akun Administrator, maka malware tersebut dapat menjalankan aktivitas jahatnya dengan lebih leluasa di dalam perangkat kalian.

8. Mewaspadai Setiap Tautan dan Lampiran yang Dikirimkan

Hingga saat ini, para peretas masih sering memanfaatkan tautan atau lampiran e-mail untuk melakukan aksi jahatnya dengan menyebarkan bermacam-macam malware. Oleh karena itu, sebagai seorang pengguna Internet, kita sebaiknya dapat lebih mewaspadai akan informasi yang tertera dalam sebuah tautan dan lampiran.

9. Mematikan Koneksi Internet jika Tidak Digunakan

Perangkat yang selalu terhubung dengan Internet nyatanya mempunyai resiko lebih tinggi untuk diserang oleh kriminal cyber. Oleh karena itu, matikanlah koneksi Internet kalian jika sedang tidak digunakan.

10. Membuat Data Cadangan secara Berkala

Membuat data cadangan merupakan sebuah cara yang penting untuk dilakukan guna menjaga ketersediaan berbagai berkas penting yang kita miliki.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top