NEWS

Cortana 2.9.0 Bawa Perombakan Fitur! Apa Saja yang Berubah?

Dikdok   08 Aug 2017
Cortana 2.9.0 Bawa Perombakan Fitur! Apa Saja yang Berubah?

Microsoft kembali mengembangkan versi Android dari layanan asisten pribadi buatannya, Cortana. Membawa pembaruan dengan versi 2.9.0, pembaruan kali ini dirasa telah memberikan peningkatan dan perombakan yang cukup besar jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Pembaruan yang paling terlihat akan hadir pada tampilan halaman pengaturan yang telah dirombak sehingga menghasilkan perubahan desain yang cukup drastis. Perubahan desain ini sengaja dilakukan untuk mempermudah pengelolaan sistem yang dimiliki oleh asisten Cortana.

Cortana 2.8.0

Cortana 2.9.0

Desain sebelumnya yang dimiliki Cortana dinilai cukup membingungkan. Laman pengaturan terletak pada pengaturan pengguna dan fungsi aplikasi terbagi menjadi tiga tab. Pada desain barunya, Cortana untuk Android ini mencoba untuk kembali membawa tampilan menu hamburger dan mengurangi tab menjadi dua bagian.

Selain itu, pengguna pada pembaruan yang dibawa oleh Microsoft di Cortana kali ini juga ditawarkan sebuah layanan yang disebut kontrol “hands-on” sebagai sebuah pengingat, yang bakal memungkinkan pengguna untuk memiliki kendali secara langsung terhadap pengingat mereka. Cortana juga menawarkan pilihan untuk melakukan panggilan dan teks tanpa melibatkan sentuhan tangan.

Asisten digital besutan Microsoft ini juga dikabarkan bakal melepas fitur baru yang membuatnya jadi mirip dengan Google Assistant. Windows Central menyebutkan bahwa Microsoft telah berencana untuk membawa tampilan antarmuka percakapan ke Cortana. Artinya, selain suara, asisten digital itu juga akan menerima perintah melalui teks.

Melalui fitur yang direncanakan bakal hadir ini, pengguna masih bisa mengajukan beberapa pertanyaan seperti cuaca, ketersediaan jadwal penerbangan, memesan meja di restoran, dan lain-lain.

Sebelum Cortana, Siri juga diketahui telah memiliki fitur yang serupa di iOS 11 melalui program beta. Sementara Google sudah merilis fitur tersebut selepas gelaran Google I/O pada Mei 2017 dan telah tersedia di Google Assistant. Berikut sebagaimana yang telah dilansir dari Android Headlines pada beberapa waktu lalu.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top