NEWS

Untuk iOS, Google Trusted Contact Akhirnya Hadir

by Dikdok | 04 Aug 2017
Untuk iOS, Google Trusted Contact Akhirnya Hadir

Google telah kembali menambahkan dukungan aplikasi mobile miliknya untuk para pengguna iOS. Kali ini, aplikasi mobile yang dihadirkan adalah aplikasi Trusted Contacts. Sesuai dengan namanya, aplikasi mobile ini memiliki kegunaan sebagai safety app yang bekerja dengan cara melacak keberadaan dan lokasi dari orang-orang terdekat sang pengguna. Aplikasi mobile ini menawarkan kemampuan untuk melacak mau pun dilacak serta berkomunikasi dengan orang-orang terdekat serta memastikan mereka dalam keadaan yang aman.

“Trusted Contact, sebuah cara baru untuk memberitahukan teman dan keluarga Anda bahwa Anda aman. Orang yang dicintai dapat meminta lokasi Anda -meski pun ponsel Anda offline atau Anda tidak dapat mengaksesnya.” - Google

Untuk mendapatkan aplikasi mobile ini di perangkat iOS pun caranya cukup mudah. Pada awal penggunaannya, aplikasi Trusted Contact ini akan meminta para penggunanya untuk memilih akun e-mail Google yang dapat digunakan sebagai akun utama di Trusted Contact. Selanjutnya, aplikasi mobile ini akan meminta pengguna untuk memasukkan kontak dari orang-orang terdekat mereka untuk berbagi lokasi, baik secara searah mau pun dua arah.

Selanjutnya, ketika ada permintaan lokasi dari kontak, para pengguna dapat menolak atau menerima permintaan tersebut. Namun, jika tidak ada respon yang diberikan selama 5 menit, maka aplikasi mobile ini tetap akan memberitahukan lokasi yang diminta secara otomatis. Jika kondisi ponsel dalam keadaan offline atau kehabisan baterai, maka Trusted Contacts akan memberitahukan lokasi terakhir dari penggunanya.

Selain dapat membagikan lokasi dan melihat lokasi dari orang-orang terdekat, Google Trusted Contact juga memiliki fitur untuk mengirimkan pemberitahuan darurat pada kontak yang terdapat di aplikasi mobile tersebut. Penggunaan fitur ini dapat digunakan hanya dengan menekan icon Drop Pin yang terletak di bagian kanan layar, lalu pilihlah Alert All Contacts Immediately.

Sebagai informasi tambahan, Google sebenarnya sempat mengeluarkan sebuah aplikasi mobile yang memiliki fungsi serupa dengan nama Latitude pada tahun 2013 lalu. Namun, mereka memilih untuk menutup aplikasi mobile tersebut untuk suatu dan lain hal. Dengan kembali meluncurkan aplikasi mobile yang memiliki fungsi serupa, hal ini merupakan salah satu upaya dari Google untuk membantu para penggunanya dalam hal mengatasi tingkat kriminalitas yang cukup tinggi di masyarakat.

Tertarik untuk mencoba aplikasi Trusted Contact? Ayo! Segeralah unduh Google Trusted Contacts dari tautan di bawah ini, ya! Aplikasi mobile ini tersedia secara gratis dan mendukung iOS 9.0 atau versi yang lebih baru.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top