NEWS

Di Android, Inilah Cara Bikin Rekaman Berformat GIF

by Dikdok | 02 Aug 2017
Di Android, Inilah Cara Bikin Rekaman Berformat GIF

Salah satu dari sekian banyak aplikasi mobile yang telah dirilis oleh Google untuk perangkat berbasis iOS adalah aplikasi pembuat video pendek berformat .GIF bernama Motion Stills. Kini, aplikasi mobile tersebut diketahui juga telah dihadirkan untuk para pengguna Android.

Motion Stills sendiri merupakan sebuah aplikasi mobile besutan Google Research yang memungkinkan para penggunanya untuk mengubah rekaman video menjadi sebuah klip singkat dalam format .GIF. Aplikasi mobile ini juga memungkinkan pengguna untuk merekam sebuah klip dengan durasi yang lebih panjang dan diputar dalam mode gerak cepat melalui sebuah fitur baru yang bernama Fast Forward.

Ketika para pengguna Android ingin merekam video yang berdurasi lebih lama, maka mereka dapat menggunakan fitur Fast Forward ini untuk mempercepat dan memadatkannya menjadi sebuah video yang berdurasi singkat. Aplikasi mobile ini juga memungkinkan penggunanya untuk mempercepat waktu putar dari kecepatan 1x menjadi 8x setelah proses perekaman selesai.

Setelah melakukan proses perekaman dengan menggunakan aplikasi mobile ini, maka hasil perekaman dari kedua mode tersebut nantinya dapat disimpan dalam bentuk format .GIF atau dalam format video biasa. Para penggunanya juga dapat langsung mengirimkan hasil rekaman tersebut melalui media-media sosial lainnya, atau hanya untuk disimpan pada galeri smartphone saja.

Sebagaimana telah diberitakan oleh Phone Arena, Google sendiri sebenarnya tidak memiliki rencana untuk meluncurkan aplikasi Motion Stills ini pada platform Android. Namun, dengan banyaknya permintaan terhadap kehadiran aplikasi mobile tersebut pada platform Android, maka Google akhirnya mencoba untuk meralat keputusannya tersebut.

Aplikasi Motion Stills ini dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki perangkat smartphone dengan sistem operasi Android 5.1 keatas. Hal ini mengartikan bahwa hampir seluruh perangkat Android yang tersedia di saat ini sudah dapat menikmati fungsi menarik dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi mobile ini.

Dijelaskan secara langsung oleh tim Google Research, aplikasi Motion Stills yang dikembangkan pada versi Android ini telah dirancang dengan pendekatan streaming. Dengan begitu, pemrosesan setiap frame bisa dilakukan seiring dengan proses perekaman gambar.

Secara sederhana, hal ini akan menyebabkan hasil rekaman dapat dibagikan dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan menggunakan aplikasi konversi video lainnya. Cara yang demikian ini juga dapat membuat aplikasi Motion Stills bisa bekerja tanpa perlu memakan banyak memori dan baterai.

Walau terlihat keren, aplikasi Motion Stills untuk Android ini nyatanya merupakan sebuah versi yang lebih terbatas ketimbang versi yang sebelumnya telah rilis di platform iOS. Bagusnya, Google dalam waktu dekat ini telah memiliki rencana untuk lebih mengembangkannya hingga memiliki opsi untuk melakukan pengeditan foto.

Tertarik untuk mengunduh aplikasi mobile ini?

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top