NEWS

Banyak Spammer, Google Bersih-bersih Kolom Komentar YouTube

by Dikdok | 01 Aug 2017
Banyak Spammer, Google Bersih-bersih Kolom Komentar YouTube

Kolom komentar sengaja dihadirkan oleh kebanyakan platform milik penyedia layanan agar para penggunanya dapat saling berinteraksi dengan lebih baik dan juga menyenangkan. Namun, pada kenyataannya, tidak semua orang menggunakan kolom komentar tersebut dengan cara yang sepantasnya. Alih-alih menulis dengan menggunakan kolom komentar untuk membangun interaksi yang baik kepada para pengguna lainnya, banyak orang malah menggunakan kolom komentar tersebut untuk melakukan berbagai hal negatif, seperti mengumpat atau pun memberikan spam.

Dengan banyaknya dan begitu beragamnya hal negatif yang bertebaran pada kolom komentar di YouTube, Google kali ini diketahui tengah melakukan semacam kegiatan bersih-bersih di kolom komentar platform video miliknya itu.

Diketahui bahwa seorang pengguna terkadang memanfaatkan fitur kolom komentar ini untuk mem-posting tautan yang mengarahkan pengguna pada sebuah situs atau iklan tertentu. Hal tersebut yang dinyatakan oleh Google sebagai faktor bagi mereka untuk melakukan kegiatan bersih-bersih di platform YouTube miliknya ini.

Sebagaimana dilaporkan oleh Tech Radar pada beberapa waktu lalu, sebuah pengaturan baru telah dihadirkan untuk para kreator YouTube yang memungkinkan seluruh komentar, yang mengandung hashtag atau pun URL, akan melewati proses ulasan dari Google sebelum diunggah. Dengan begitu, sang kreator dapat memblokir komentar-komentar tersebut jika memang diperlukan.

Pengaturan tersebut telah dihadirkan pada laman Community di YouTube dan menu pengaturan di bawah portal Creator Studio.

Namun, penyaringan komentar ini hanyalah dapat digunakan untuk komentar-komentar yang baru di-posting setelah fitur ini diaktifkan. Sedangkan untuk komentar-komentar pada video-video yang telah lama diunggah, proses penyaringan komentar tidak bakal dapat dilakukan. Pengguna masihlah harus menghapuskan komentar-komentar tersebut secara manual.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top