NEWS

Seeing AI, Cara Baru bagi Penderita Tuna Netra untuk "Melihat Dunia"

by Dikdok | 19 Jul 2017
Seeing AI, Cara Baru bagi Penderita Tuna Netra untuk "Melihat Dunia"

Microsoft telah kembali membawa sebuah inovasi canggih melalui aplikasi berbasis AI (Artificial Intelligence) baru yang mereka kembangkan. Membawa misi utama yang mulia untuk dapat mengajak para pengguna yang memiliki keterbatasan agar bisa “melihat dunia,” aplikasi Seeing AI ini memanfaatkan teknologi neural networks untuk menjelaskan berbagai hal yang ditangkap oleh kamera yang tertanam pada perangkat iPhone.

“Seeing AI merupakan sebuah aplikasi gratis yang menceritakan dunia di sekitar Anda. Dirancang untuk komunitas tuna netra dan low vision, proyek penelitian yang sedang berlangsung ini memanfaatkan kekuatan AI untuk membuka dunia visual dan menggambarkan orang, teks, dan objek terdekat.” - Apple

Secara sederhana, aplikasi ini akan berfungsi ketika penggunanya sedang membidik suatu objek, entah orang, teks, atau hal lainnya. Secara otomatis, Seeing AI nantinya akan menjelaskan aktivitas, deskripsi, atau pun sebuah isi tulisan yang sedang dibidik pengguna tersebut. Bahkan, Seeing AI juga bisa membaca nilai mata uang, pemandangan sekitar serta beberapa fitur yang cukup menarik untuk dicoba.

Sebagai salah satu petinggi di Microsoft, Harry Shum menjelaskan bahwa proyek Seeing AI yang mulai dikembangkan sejak September 2016 tersebut dikatakannya hanyalah sebagai sebuah langkah awal untuk pengembangan AI (Artificial Intelligence) dari Microsoft. Di masa depan, Microsoft berharap dapat membuat teknologi lainnya yang bisa terintegrasi dengan tools atau pun alat khusus yang dibuat untuk penggunaan teknologi AI ini.

Menarik untuk ditunggu, bukan? Nah, sambil menunggu apa yang bisa dilakukan oleh Microsoft terkait pengembangan teknologi AI, tidak ada salahnya jika kita mencoba aplikasi Seeing AI ini terlebih dahulu!

Sebagai tambahan informasi, aplikasi baru dari Microsoft ini barulah tersedia secara terbatas untuk diunduh oleh para pemilik Apple ID regional Amerika Serikat saja. Silakan mengakses tautan di bawah ini jika kalian memiliki Apple ID regional tersebut, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top