REVIEW

Real Drift: Car Racing, Game-nya Penggemar Drift Sejati

by Andy Chan | 15 Jul 2017
Real Drift: Car Racing, Game-nya Penggemar Drift Sejati

Bagi para penggemar balapan, terutama yang menyukai manga/anime berjudul Initial D, tentunya sudah tidaklah asing lagi dengan yang namanya "Drift." Teknik membelok tingkat tinggi tersebut memang keren untuk disaksikan, dan sudah banyak game balapan yang menyediakan fitur Drift tersebut di dalam permainannya. Namun, game mobile buatan RealGames yang diberi judul Real Drift: Car Racing ini merupakan game yang murni memeluk sistem Drift, dan akan membawa pengalaman balapan Drift tersebut ke tangan Anda.

Sesuai dengan judulnya itu, Real Drift: Car Racing ini pada intinya merupakan sebuah game balapan. Namun, yang diberikan nilai di sini bukanlah kecepatan untuk mencapai garis finish, melainkan berapa lama waktu yang bakal ditempuh mobil yang dikendalikan oleh pemain dalam hal mempertahankan Drift ketika membelok. Semakin lama pemain bisa melakukan Drift, maka semakin tinggi pula skor yang bakal didapatkan.

Ada dua cara untuk mengendalikan Real Drift: Car Racing. Yang pertama adalah dengan kendali tilt, yaitu memiringkan posisi ponsel Anda. Dan, yang kedua adalah dengan virtual gamepad. Secara standar, ada tiga buah tombol penting di layar, yaitu tombol gas, tombol rem, dan sebuah tombol rem tangan. Gas dan rem sudah biasa untuk ada pada game-game balapan lainnya, namun tombol rem tangan inilah yang akan membuat kendali Drift jadi unik.

Dalam Career Mode, pemain bakal diberikan tugas untuk memenangkan berbagai kejuaraan yang disediakan. Mulai dari Rookie Championship, Junior Championship, Initial Drift Championship sampai ke yang kelas tinggi macam Ignition Championship dan Drift Master Championship.

Selain Career Mode, ada juga Quick Race, dimana pemain akan bisa mencoba berbagai track yang ada dalam tiga macam mode, yakni Drift Race, Time Attack, dan Freeride. Drift Race sendiri sudah dijelaskan sebelumnya. Sementara Time Attack adalah mode balapan melawan waktu, dimana pemain harus mencetak waktu tercepat dalam mengitari track tersebut. Sedangkan Freeride adalah semacam mode latihan, dimana pemain bebas untuk mencoba Drifting.

Setiap menyelesaikan sebuah race, pemain akan mendapatkan uang. Uang ini bisa digunakan untuk membeli mobil baru, track baru, dan juga bisa digunakan untuk melakukan kustomisasi terhadap mobil. Begitulah, Real Drift: Car Racing memiliki tingkat kustomisasi mobil yang tinggi. Selain bisa mewarnai mobil dan memasang decal, pemain juga bisa melakukan tuning mobil secara mendetil. Mulai dari setting gear ratio, setelan ban sampai ke handling mobil.

Real Drift: Car Racing didukung dengan grafis yang sangat cantik, membuat balapan jadi terasa benar-benar keren. Sayangnya, balapan di sini hanyalah sendirian dalam melawan waktu dan skor saja. Tidak ada pembalap lain yang ikut meramaikan. Balapannya sendiri tetap terdengar seru, karena game mobile ini memang memiliki efek suara yang mantap. Game mobile ini menggunakan lagu-lagu dubstep yang boleh dibilang cukup berisik. Jadi, bagi mereka yang tidak suka dengan lagu dubstep, sebaiknya matikanlah suara dan diganti dengan lagu lain. Seperti lagu-lagu Eurobeat, misalnya. Untuk membuat suasana Drift menjadi kental seperti dalam Initial D.

Game balapan Real Drift: Car Racing ini tidaklah gratis, RealGames menjualnya seharga Rp.12.000. Namun, juga tersedia versi gratisnya yang disebut Real Drift: Car Racing Free untuk dijajal sebagai percobaan. Versi gratis ini memiliki banyak fitur yang terkunci, seperti Career Mode yang hanya bisa menyelesaikan satu kejuaraan saja, sebagian fitur kustomisasi dikunci, dan juga ada gangguan iklan. Game-nya juga memiliki mikrotransaksi berupa pembelian uang agar bisa melakukan upgrade lebih cepat. Yang pasti, game-nya tidak membutuhkan koneksi Internet. Jadi, bisa dimainkan kapan saja, di mana saja.

Bagi penggemar balapan ala Drift, pastinya mengenali mobil Trueno alias Toyota AE86 legendaris yang digunakan oleh karakter bernama Fujiwara Takumi dalam Initial D. Selain itu, juga ada berbagai mobil untuk dibeli, seperti Nissan Skyline, Nissan 370, Toyota 86 GTS, Subaru Impreza WRX STI, Viper, dan masih banyak lainnya lagi (meski pun sebagian besarnya bakal terkunci pada versi gratis). Bahkan, ada fitur replay untuk menyaksikan bagaimana balapan yang baru dilakukan sedang berlangsung, dan juga fitur photo mode untuk mengambil foto serta menyebarkannya lewat media sosial.

Rasanya, untuk para penggemar Drift dan fans Initial D, tidak bakal ada alasan untuk tidak mencoba Real Drift: Car Racing Free. Dan, kalau memang akhirnya suka, Rp.12.000 merupakan harga yang cukup miring untuk game mobile yang keren seperti ini.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top