TIPS

Jarang Diketahui Pengguna Android, Google Now Miliki 4 Fitur ini

by en19ma | 02 Jul 2017
Jarang Diketahui Pengguna Android, Google Now Miliki 4 Fitur ini

Sebelumnya, Google diketahui telah mengumumkan kehadiran Google Assistant untuk pengguna smartphone Android di luar Pixel. Namun, belum seluruh pengguna Android dapat mencicipi kemampuan yang dimiliki oleh asisten virtual tersebut.

Meski pun begitu, Google sebenarnya telah menanamkan kemampuan-kemampuan yang tak kalah menarik di Google Now. Sayangnya, tak seluruh pengguna Android yang mengenal kemampuan dari fitur bernama Now on Tap tersebut.

Lantas, apa saja kemampuan dari Now on Tap yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna perangkat Android? Berikut ini adalah empat fitur utama dari kemampuan tersebut, yang telah dikutip dari situs Make Use Of pada beberapa waktu lalu.

1. Menerjemahkan kata

Cara ini sangat cocok bagi kalian yang enggan untuk memasang Google Translate di smartphone. Melalui cara ini, kalian dapat menerjemahkan kata-kata secara langsung tanpa perlu membuka aplikasi tersebut.

Untuk melakukannya, kalian cukup dengan menandai kata yang ingin diterjemahkan. Setelah itu, aktifkanlah Now on Tap di Google Now dengan cara menekan tombol Home selama beberapa detik, dan hasil terjemahan pun akan langsung dimunculkan.

Mengingat tak seluruh teks dapat langsung ditandai, seperti yang terdapat di aplikasi chatting atau media sosial, maka kalian dapat mengaktifkan fitur ini dengan cara yang agak berbeda.

Caranya cukup dengan membuka halaman yang ingin diterjemahkan, lalu aktifkanlah Now on Tap dan pilih ikon seperti jari yang menunjuk. Kemudian, pilihlah kata yang ingin diterjemahkan dan hasil terjemahan pun akan dimunculkan.

2. Akses pintas ke banyak aplikasi

Google Now juga menyediakan akses pintas (shortcut) ke sejumlah aplikasi utama. Pada saat berada di laman utama smartphone, kalian cukup mengaktifkan Now on Tap dan jalan pintas untuk membuat pengingat, menyalakan alarm, atau pun mengaktifkan timer akan dimunculkan di layar.

3. Mengambil screenshot lebih mudah

Metode yang lumrah digunakan untuk mengambil screenshot pada perangkat Android adalah menekan tombol Home dan volume bawah secara bersamaan. Namun, sebenarnya ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan memanfaatkan fitur di Google Now.

Dengan cara ini, kalian cukup memilih layar yang akan diambil, lalu aktifkanlah Now on Tap. Setelah terbuka, pilih tombol Share yang muncul dan layar tersebut secara otomatis akan diambil gambarnya.

4. Mengenal gambar yang ditampilkan

Fungsi lain yang juga jarang diketahui adalah kemampuan untuk mengenali gambar yang ditampilkan di layar smartphone. Kemampuan ini mirip dengan yang dimiliki Bixby, asisten virtual besutan Samsung.

Sama seperti sebelumnya, kalian cukup mengaktifkan Now on Tap ketika ingin mengenal sebuah gambar di layar smartphone. Kemampuan ini dapat dipakai pada gambar yang baru diambil atau yang sudah tersimpan di galeri.

Selamat mencoba fitur-fitur di atas pada smartphone Android milik kalian itu, ya!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top