NEWS

HEIF & HEVC, Format Baru untuk Gambar & Video di iPhone

19 Jun 2017 Dikdok
HEIF & HEVC, Format Baru untuk Gambar & Video di iPhone

Kabar baik kembali hadir bagi para pengguna iPhone dan iPad yang memiliki kapasitas memori rendah. Pasalnya, bersamaan dengan dikenalkannya iOS 11, Apple dikabarkan akan membawa format kamera baru, yakni HEIF dan HEVC, pada sistem operasi terbaru miliknya itu.

Lalu, apakah yang dimaksud dengan format HIEF dan HEVC?

High Efficiency Image File (HEIF) dan juga High Efficiency Video Coding (HEVC) merupakan dua format yang dibuat oleh perusahaan Moving Picture Experts Group (MPEG). HEIF sendiri merupakan standar format gambar yang digunakan oleh Apple untuk selanjutnya menggantikan .JPG di iOS 11. Sedangkan HEVC digunakan untuk selanjutnya menggantikan .MOV yaitu konten video. Keduanya mempunyai kelebihan yang berupa lebih hematnya kapasitas penyimpanan hingga 50% dengan kualitas foto atau video yang tidak menurun dari aslinya.

Selanjutnya, apakah kelebihan yang dimiliki oleh kedua format tersebut?

Karena memakan kapasitas penyimpanan dengan lebih sedikit, pengguna tentunya akan bisa mendapatkan ruang yang lebih banyak untuk menyimpan foto atau video namun tidak mengalami penurunan kualitas. Dengan penggunaan kedua standar tersebut, pengguna juga bisa mendapatkan kualitas video streaming dan video call yang lebih hemat data karena proses pengiriman atau penerimaan dokumen-dokumen berformat multimedia pun menjadi lebih sedikit.

"Gambar .JPG memiliki ukuran file 2 MB, sedangkan gambar HEIC berukuran 1,2 MB. Demikian pula, h.264 encoded video (MPEG-4) lebih besar 61,2 MB, sedangkan h.265 (HEVC) video lebih kecil, yakni 33 MB." – 9to5Mac

Lantas, bagaimana kualitas yang dihasilkan oleh format tersebut?

Pihak Apple dikabarkan telah menggunakan format video HEVC untuk aplikasi FaceTime sejak perangkat iPhone 6 diluncurkan untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, jika pengguna memakai iPhone 6 untuk melakukan FaceTime, maka video pun jadi akan terasa lebih mulus dan lebih menghemat data.

HEVC juga telah digunakan oleh beberapa layanan streaming ternama seperti Netflix dan Amazon, hanya saja belum dipakai untuk perangkat mobile hingga sejauh ini.

Jika ingin menggunakan kedua format tersebut, bagaimana caranya?

Para pengguna yang ingin memakai format ini diharuskan sudah menggunakan sistem operasi iOS 11. Setelah itu, para pengguna bisa masuk pada menu Settings > Camera > Format. Pilihlah opsi Automatic untuk mengirimkan gambar atau video dengan melakukan konversi terlebih dahulu dari format lama.

Bagaimana menurutmu yang para pengguna produk Apple? Apakah sudah tertarik untuk menggunakan format baru HEIF dan HEVC ini?

SHARE Artikel
Artikel Terkait
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Kantor Taman E3.3 Unit C-6, 5th Floor JL. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 Indonesia

+62 21 57901762

redaksi@jurnalapps.co.id

To Top