REVIEW

Inilah 5 Fitur iOS 10 yang Hilang di iOS 11

by Dikdok | 17 Jun 2017
Inilah 5 Fitur iOS 10 yang Hilang di iOS 11

Pembaruan sistem operasi iOS 11 memang telah membawa banyak fitur baru dan peningkatan layanan yang sangat menarik untuk dapat digunakan. Namun, selain memberikan peningkatan layanan, iOS 11 ternyata juga menghapus beberapa fasilitas yang sebelumnya disematkan pada iOS 10. Lalu, apa sajakah layanan yang dihapus oleh Apple?

Berdasarkan informasi dari layanan yang diberikan pada perangkat iPhone dan iPad dengan iOS 11 Developer Beta, berikut ini adalah beberapa fitur iOS 10 yang hilang di iOS 11:

1. Dukungan untuk Aplikasi 32-Bit

Sebagaimana yang telah marak diberitakan, Apple tampaknya memang tengah gencar untuk menghapus aplikasi-aplikasi mobile yang berjalan dengan mode 32-bit di kemudian hari. Pada iOS 11, pengguna tidak akan menemukan aplikasi-aplikasi mobile yang berjalan dengan mode 32-bit di App Store. Bahkan, jika terdapat aplikasi-aplikasi mobile yang sudah ter-install juga tidak akan bisa digunakan. Hal ini tentunya disebabkan karena sistem operasi iOS 11 yang hanya dibuat dalam mode 64-bit.

2. Refresh App Store dengan Cara Rahasia

Jika pengguna sebelumnya dapat melakukan tab Featured sebanyak 9 kali untuk me-refresh App Store, cara tersebut kini sudah tidak dapat digunakan lagi di iOS 11. Hilangnya fungsi ini disebabkan karena Apple telah mengubah daftar tab tersebut pada iOS 11. Apple juga sudah mengubah tampilan App Store dengan tab Today untuk mempermudah pengguna melihat daftar aplikasi dan permainan terbaru yang bisa diunduh.

3. Aplikasi iCloud Drive

Pada iOS 11, layanan iCloud yang dulu disematkan di iOS 10 kini sudah digantikan dengan datangnya layanan Files. Fitur dari aplikasi Files ini bisa dibilang lebih lengkap dibandingkan dengan iCloud, karena layanan ini telah mendukung adanya integrasi ke layanan cloud service selain iCloud dan juga mode Extensions.

4. Integrasi Media Sosial di Settings

Di iOS 10, pengguna dapat menemukan sebuah integrasi pengaturan media sosial seperti Facebook, Flicker, Twitter, atau pun Vimeo pada opsi Settings. Nah, pada iOS 11 terbaru, keempat layanan media sosial ini tidak akan mendapatkan tempat yang istimewa lagi dari Apple. Semua aplikasi mobile tersebut akan berjalan seperti aplikasi-aplikasi media sosial lainnya dengan modes Share Extensions.

5. Control Center dengan 2 Jendela Tampilan

Sejak adanya iOS 7, Apple telah memanjakan para penggunanya melalui sebuah layanan Control Center dengan 2 jendela tampilan secara langsung. Kini, Apple tampaknya akan mengubah semuanya di iOS 11. Yaitu, dengan menggunakan Control Center yang bersifat modular, alias bisa dimatikan untuk bagian yang tidak diperlukan, dan juga bentuk yang memenuhi layar serta sebuah fitur baru, yaitu Screen Recording.

Tambahan

Sebenarnya, dari daftar yang telah disebutkan di atas, perubahan-perubahan ini bukanlah berarti telah menjadi perubahan yang dipastikan bakal terjadi, mengingat perkembangan iOS 11 masihlah berada pada tahap versi Developer Beta.

Sejauh ini, bagaimana tanggapanmu secara pribadi mengenai perubahan yang dimiliki iOS 11 ini?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top