REVIEW

Dapatkan Koleksi Buku Lengkap melalui Aplikasi Ini

by Dikdok | 18 Jun 2017
Dapatkan Koleksi Buku Lengkap melalui Aplikasi Ini

Perkembangan teknologi bagi berbagai golongan masyarakat tentunya dapat membawa dampak negatif mau pun positif. Dampak negatif, jika pemanfaatan teknologi yang tengah berkembang ini tidaklah dilakukan secara bertanggung jawab. Misalnya saja, memanfaatkan teknologi tersebut untuk melakukan sesuatu yang tidak diperbolehkan atau pun yang merugikan pihak lain. Di lain pihak, pemanfaatan teknologi ini juga bisa berdampak positif jika digunakan misalnya untuk mempermudah banyak kegiatan dan pengumpulan sumber informasi.

Tampaknya, kegiatan yang berdampak positif itulah yang tengah dikembangkan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Dengan merangkul pengembang aplikasi lokal asal Surabaya, Mahoni Global, pihak pemerintah diketahui tengah membuat layanan internet yang bertajuk Buku Sekolah Digital (BSE). Aplikasi mobile ini disebutkan dapat mempermudah berbagai kalangan masyarakat untuk bisa mendapatkan akses pendidikan, kesehatan sekaligus informasi yang memadai bagi mereka sendiri.

Pada dasarnya, layanan Buku Sekolah Digital ini merupakan perpustakaan buku-buku pendidikan dalam format digital atau elektronik, dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Aplikasi ini tersedia sebagai aplikasi mobile untuk Android, iOS, dan Windows, dan bisa didapatkan atau dipelajari melalui situs resminya di alamat http://www.bukusekolahdigital.com.

Hingga saat ini, sudah terdapat lebih dari 2.000 buku yang terkumpul melalui perpustakaan ini dan telah bisa diunduh secara gratis oleh berbagai kalangan masyarakat. Buku-buku tersebut pun sudah terarsip dengan rapi, dan dikelompokkan sesuai dengan kurikulum yang dikeluarkan oleh pihak pemerintah, mulai dari KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) 2006 hingga kurikulum 2013 yang teranyar.

Selain mengoleksi buku-buku pendidikan, BSE nyatanya juga memiliki berbagai koleksi buku-buku yang lebih umum seperti Thesaurus, Kamus Besar Bahasa Indonesia, buku-buku tentang pembelajaran anti korupsi yang disediakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), buku-buku pendidikan keuangan yang disediakan oleh Bank Indonesia (BI), dan masih banyak buku lainnya lagi yang bisa disimak.

Perlu diperhatikan juga, setiap buku yang telah dimasukkan ke dalam layanan BSE ini sudah dibeli hak ciptanya terlebih dahulu masing-masing oleh Depdiknas dari para penulis mau pun penerbit awal mereka.

"Buku-buku yang tersedia akan terus ditambah jumlahnya seiring dengan dikeluarkannya buku-buku baru oleh pemerintah," jelas keterangan yang tertera pada deskripsi dari aplikasi mobile tersebut di toko-toko aplikasi.

Bagaimana? Jadi merasa tertarik untuk meng-install aplikasi mobile ini, bukan? Marilah budayakan membaca buku di berbagai kalangan masyarakat!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top