REVIEW

DC Legends, Usaha DC Saingi Marvel di Kancah Mobile

Anduril   17 Jun 2017
DC Legends, Usaha DC Saingi Marvel di Kancah Mobile

Marvel dan DC bisa dikatakan sebagai dua kubu komik superhero Amerika terbesar yang saling mendominasi pasar dan doktrin internasional mengenai sosok superhero. Sekarang, bahkan tidak hanya terbatas pada komik, serial animasi, dan film saja yang sudah dijadikan sebagai sarana pemasaran bagi masing-masing karakter dari masing-masing kubu, seperti Spider-Man, Iron Man, Batman, Superman, dan lain-lainnya. Game mobile juga telah ikut dijadikan sebagai ladang pertempuran baru bagi keduanya.

Warner Bros. sebagai pihak media, pengembang, dan penerbit dari karya-karya DC mengetahui benar menyoal cara untuk memanjakan para penggemar setianya. Kita bisa menemukan berbagai judul game yang mengangkat tokoh superhero secara individual seperti Batman Arkham Origins, Batman: Arkham City Lockdown, dan Man of Steel. Tidak ketinggalan juga dengan game fighting all stars nya yang masih banyak dimainkan orang-orang, yakni Injustice 2.

Mendengar kabar bahwa duet antara Marvel dan Netmarble yang berhasil merajai jagat game mobile dalam waktu singkat, DC pun langsung ikut mengunjukkan kebolehan dari para karakter super-nya dengan merilis DC Legends.

Meski pun mengusung tajuk Legends, namun kisah yang diceritakan di dalam DC Legends nyatanya agak sedikit bebeda dari kisah-kisah yang diceritakan dalam serialiasi komik Legends dari DC Universe. Cerita dan keberpihakan bukanlah menjadi masalah yang besar di sini. Sebab, para superhero dan villain DC memang akan bekerjasama dalam memberantas siasat The Curse of Black Lantern yang disebarkan oleh para Manhunter. Manhunter sendiri digambarkan sebagai sosok pasukan robot yang hendak menghancurkan kehidupan umat manusia di muka Bumi.

Jadi, secara kurang lebih, tugasmu adalah memulihkan kesadaran para superhero dan villain yang sudah terkena kutukan Black Lantern tersebut agar dapat bersama-sama untuk menyelamatkan Bumi dan umat manusia. Untuk dapat memulihkan tokoh super yang telah terhipnotis, kalian harus mengalahkan mereka dalam pertarungan bergaya turn-based terlebih dahulu. Kalian pun akan memiliki tim yang akan dipimpin oleh Green Lantern dan Zatanna, karena Superman dan Lex Luthor telah lumpuh akibat serangan Manhunt Zero di awal game.

Secara umum, kami tidak mempermasalahkan gaya bertarung turn-based yang dianut, bahkan penulis secara pribadi terkadang lebih menggemari RPG dengan gaya bermain seperti ini. Hanya saja, penulis merasa DC Legends kurang memiliki interface yang apik pada saat pertarungan berlangsung. Setiap karakter superhero/villain memiliki tiga ikon skill tersendiri yang mewakili kekuatan spesialnya. Ada yang berfungsi sebagai serangan normal, serangan luar biasa, serangan multi-target, atau justru malah berfungsi sebagai support buff dan heal.

Setiap stage terdapat tiga kali wave dengan tiga Manhunter yang akan muncul pada tiap wave-nya (total 9 Manhunter dalam satu stage) plus boss di akhir wave. Untungnya, saat sedang malas untuk memberikan perintah pada tim super-mu, kalian dapat menggunakan fitur Auto agar mereka menyerang secara otomatis. Namun, kualitas AI dalam fitur Auto ini terkadang terlalu gegabah. Seringkali, mereka malah langsung mengeluarkan skill ketiganya di wave pertama, padahal skill ketiga itu memiliki kekuatan damage yang besar dan cooldown yang cukup lama.

Pihak Warner Bros. selalu memberikan update tambahan konten karakter sehingga game mobile ini memiliki sangat banyak karakter baru. Untuk membuka karakter-karakter baru, kalian harus memiliki kartu yang nantinya akan memberikan hasil yang acak, kecuali jika kalian memang membeli kartu Character Pack dengan membayarkan sejumlah Coins. Jenis kartu lainnya pun bisa kalian dapatkan setiap kali menyelesaikan sebuah stage, beserta dengan sejumlah Essence dan Coins jika kalian beruntung.

Dari kartu, kalian juga bisa mendapatkan Items secara acak yang berfungsi untuk meningkatkan level dan skill dari para karakter superhero dan villain. Unsur perkembangan karakter seperti ini tentunya sangat penting bagi sebuah game RPG. Namun sayangnya, perkembangan karakter di DC Legends memang hanya terpaku dari Items yang kalian dapat dari karakter, hasil grinding yang dilakukan dengan sesering mungkin di stage yang sama tidak akan mempengaruhi level karakter secara langsung kecuali jika kalian mempergunakan Items yang kalian dapatkan dari kartu dengan baik.

Kami sangat salut dengan kualitas grafis, animasi, sudut pandang kamera, dan efek suara yang dibekalkan Warner Bros. untuk DC Legends. Game-game keluaran Warner Bros. memang tidak pernah mengecewakan kami untuk urusan yang satu ini.

Meski begitu, DC Legends bukanlah permainan untuk semua orang. Jika kalian menyukai RPG dengan banyak statistik yang mesti dipusingkan, mungkin kalian akan mendapati bahwa game mobile ini memiliki banyak batasan. Tapi, jika kalian penggemar pertempuran sederhana dan karakter-karakter DC, kami meyakini bahwa kalian harus memainkan game mobile ini tanpa terkecuali.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top