REVIEW

ZGirls, Sebuah Strategi Perang Melawan Zombie Bercampur Dating Sim

Andy Chan   15 Jun 2017
ZGirls, Sebuah Strategi Perang Melawan Zombie Bercampur Dating Sim

Dunia telah hancur, para zombie telah menguasai dunia, dan semua manusia yang tersisa berkumpul dalam sebuah kompleks sekolahan untuk bertahan dari serangan para zombie itu. Anda sebagai satu-satunya komandan pria di dalam sekolah tersebut pun harus memimpin seluruh pasukan yang terdiri dari para gadis untuk membela diri. Demikianlah premis dari sebuah game strategi MMO unik buatan Star Ring, yang berjudul ZGirls.

Dalam ZGirls ini, Anda yang berperan sebagai komandan dari pasukan gadis pembasmi zombie ditugaskan untuk membuat pasukan ZGirls sendiri, mendirikan berbagai bangunan untuk meningkatkan daya produksi dan pertahanan serta melakukan riset untuk memperkuat teknologi sekaligus juga berkencan dengan para Enabler pimpinan pasukan Anda yang semuanya merupakan gadis cantik. Tujuan akhirnya, tentu saja, untuk menyelamatkan dunia dari serangan para zombie.

Pemain diberikan sebuah kompleks sekolahan, yang merupakan sebuah kompleks "self sufficient," karena memang memiliki berbagai fasilitas yang bisa mempertahankan hidup para penghuninya. Mulai dari kilang minyak untuk menghasilkan bahan bakar, lahan pertanian untuk menghasilkan makanan hingga nantinya ada bangunan untuk memproduksi besi dan lempengan metalik. Bangunan-banguan tersebut bisa didirikan di lahan yang tersedia. Namun, berhubung lahan yang ada lumayan terbatas, maka pemain pun wajib untuk meng-upgrade bangunan yang ada agar bisa tetap memproduksi dengan tinggi. Selain fasilitas vital, ada juga fasilitas-fasilitas untuk berperang, seperti Military Office, Armed Forces sampai ke Mobil Team Factory dan War Factory untuk memproduksi pasukan gadis ZGirls yang banyak serta persenjataan mereka.

Unik untuk ZGirls adalah keberadaan Enabler, yaitu para individual wanita yang memiliki kemampuan untuk dijadikan pimpinan pasukan. Mereka semua tinggal di Dorm, dan pemain bisa mengunjungi mereka untuk berkencan serta meningkatkan afeksi dari masing-masing gadis. Setelah afeksi mereka mencapai tingkat tertentu, barulah mereka bisa dibawa untuk bertempur menjadi seorang Enabler. Sayangnya, pemain tidak bisa berkencan dengan mereka di setiap saat, karena ada countdown yang membatasi seberapa lama sekali barulah mereka tersedia kembali untuk diajak kencan. Namun, jangan khawatir, ada cara lain untuk meningkatkan afeksi mereka, yaitu dengan memberikan hadiah.

Di sekitar kompleks sekolahan akan ada zombie yang berkeliaran. Para zombie ini bisa dibunuh dengan cara menyentuh mereka saja. Dan asyiknya, mereka pun menghasilkan sumber daya bahan bakar atau makanan untuk menambah suplai milik pemain. Selain itu, setiap beberapa saat sekali, pemain bisa menggelar musik yang keras dengan sengaja di depan kompleks sekolahan. Musik ini akan memancing serombongan zombie untuk datang, dan tinggal dibantai dengan menggunakan persenjataan lengkap. Setelah selesai membantai rombongan tersebut, pemain akan mendapatkan reward yang jumlahnya signifikan.

Di luar kompleks sekolahan milik pemain, juga ada sebuah peta dunia yang memiliki berbagai objek untuk diinteraksikan seperti tanah pertanian, hutan, dan sebagainya. Beberapa dari objek ini bisa diduduki untuk menghasilkan berbagai sumber daya, seperti tanah pertanian untuk menghasilkan makanan. Selain itu, juga terdapat sejumlah zombie untuk dibunuh demi mendapatkan reward.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, ZGirls merupakan sebuah game strategi MMO. Jadi, selain kompleks sekolahan milik pemain, juga ada kompleks sekolahan milik pemain lain. Ini bakal membuka kesempatan untuk saling berperang antar pemain dengan menggunakan sistem PvP dan merebut sumber daya milik mereka. Hati-hati, karena Enabler yang menyerang bisa saja malah tertangkap dan dimasukkan ke penjara oleh pemain lain. Untuk mencegah agar tidak sampai diserang terlalu cepat, seperti biasanya ada semacam pelindung yang mencegah pemain lain untuk menyerang di awal-awal Anda bermain.

Sayangnya, hal ini berarti ketika pemain menutup ZGirls, maka bakal membuka kesempatan untuk pemain lain jadi bisa menyerang kompleks sekolahan milikmu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk ikut ke dalam sebuah Alliance, dan berkumpul bersama secara lebih aman dibanding bermain secara solo. Kompleks sekolahan milikmu pun bisa dipindahkan ke lokasi lain yang lebih ideal, misalnya berkelompok dengan pemain lain di Alliance. Tapi, yang perlu diingat, untuk memindahkan kompleks sekolah diperlukan item bernama teleport (yang diberikan gratis sebanyak dua buah), dan apabila sudah habis, maka pemain pun perlu membayar sebesar 2000 mata uang premium alias Diamond. Sebuah jumlah yang tidak sedikit.

ZGirls memiliki grafis ala anime. Masing-masing gadis diberikan artwork yang unik dengan animasi ala Live 2D, lengkap dengan model chibi mereka yang berkeliaran di medan, beserta animasi perjalanan dan animasi ketika sedang tembak-tembakan. Game mobile ini juga memiliki voice acting berbahasa Inggris dan dukungan lagu yang bisa membuat suasana menjadi santai di markas, misterius di peta dunia, dan seru ketika sedang mengundang zombie. Bahkan, tidak berhenti hingga di situ saja, karena pemain pun bisa mengunduh voice pack bahasa lain, seperti bahasa Jepang, untuk mengubah suara mereka jadi menggunakan bahasa Jepang. Selain bahasa Jepang, juga tersedia voice pack bahasa Mandarin dan bahasa Korea.

ZGirls bisa dimainkan secara gratis. Namun, sebagai sebuah game MMO, pemain tentu saja wajib memiliki koneksi Internet untuk bisa memainkannya. Sistem yang digunakan merupakan sistem waktu. Jadi, apa pun yang dilakukan oleh pemain bakal memiliki waktu tunggu tersendiri, baik upgrade bangunan, membeli pasukan mau pun menyerang lawan. Untuk mempercepat waktu tunggu tersebut, pemain bisa menggunakan item mempercepat waktu, dan juga bisa dengan membayarkan uang premium berupa Diamond.

Juga, tersedia in-app store untuk membeli macam-macam hal, tidak hanya mata uang premium saja. Star Ring benar-benar melakukan hard sell dengan memasang berbagai macam iklan bonus reward bagi mereka yang bersedia untuk merogoh gocek uang asli demmi membeli barang-barang in-game mereka, baik dari yang paling murah Rp.13.000 sampai dengan yang paling mahal hampir mencapai Rp.1,3 juta. Yang dijual pun tidak tanggung-tanggung. Tersedia Enabler baru, berbagai sumber daya, teknologi, dan termasuk jual Diamond. Benar-benar banyak macamnya, sesuai dengan keperluan pemain. Memang disediakan cara mendapatkan Diamond juga secara normal via rewards, atau pun dengan menduduki tempat tertentu, namun sudah dipastikan bagi mereka yang bersedia untuk membayar uang asli, jadi bisa mempermudah permainan secara signifikan.

ZGirls merupakan game mobile yang cukup adiktif, selama Anda tidak membuat terlalu banyak musuh di dalam game-nya, karena apabila sudah menjadi target farming dari pemain lain, asyiknya bermain game ini akan menjadi sirna dan yang muncul hanyalah makian saja. Yang pasti, game mobile ini bisa ditinggal tanpa diawasi, karena akan ada notifikasi apabila ada kejadian penting, seperti "Komandan, upgrade sudah selesai," atau "Komandan, speaker pengundang zombie sudah bisa digunakan lagi" yang bakal memanggil Anda.

Bagi penggemar game tipe strategi bergrafis anime yang menyukai elemen kencan, game mobile ini jangan sampai dilewatkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top