REVIEW

Ragnarok Clicker, Sebuah Spinoff dari RPG Populer dengan Genre Berbeda

by Andy Chan | 12 Jun 2017
Ragnarok Clicker, Sebuah Spinoff dari RPG Populer dengan Genre Berbeda

Bagi para gamer, terutama yang pernah memiliki hobi untuk memainkan game-game online, dipastikan sudah pernah mendengar atau bahkan memainkan salah satunya yang berjudul Ragnarok Online. Game MMORPG buatan Gravity yang dirilis per tahun 2002~2003 ini sampai sekarang pun masih populer di Tanah Air. Nah, Gravity Interactive kini bekerjasama dengan Playsaurus, pencipta Clicker Heroes, telah membuat sebuah spinoff Ragnarok yang benar-benar berbeda dengan aslinya, yaitu sebagai sebuah game Clicker yang diberi judul Ragnarok Clicker.

Seperti yang sebelumnya sudah banyak diketahui, game clicker merupakan sebuah game untuk membuang waktu, dimana pemain dengan serunya mengklik sesuatu di layar untuk mendapatkan sejumlah uang, dan uang itu bakal digunakan untuk membeli sebuah barang yang bisa melakukan klik secara otomatis, sehingga nantinya tidak perlu capek-capek lagi untuk mengklik secara manual.

Ragnarock Clicker memang merupakan sebuah game Clicker, namun game mobile ini unik karena memasukkan elemen-elemen dari Ragnarok Online ke dalamnya. Konsep permainan di sini adalah tersedianya monster di layar untuk dibunuh. Dan, untuk bisa membunuhnya, pemain harus menyentuh layar dengan berkali-kali sampai HP sang monster habis dan mati. Kemudian, muncullah monster lain lagi. Demikian seterusnya sampai monster di level tersebut akhirnya habis, dan pemain pun bisa berlanjut ke level berikutnya.

Setiap membunuh monster, akan ada sejumlah Zenny yang dijatuhkannya. Dan, dengan mengumpulkan Zenny ini, maka pemain bisa meng-upgrade jumlah damage per click, dan juga membeli berbagai Hero Ragnarok Online untuk membantu membunuhi musuh secara otomatis. Ada banyak Hero yang bisa dibeli, seperti Dagahr The Thief, Randi the Merchant, Ward the Knight, Jess the Wizard, Phyllis the Hunter, Dawn the Assassin, dan masih banyak lagi. Semakin mahal Hero yang dibeli, maka semakin besar juga damage yang bisa mereka lakukan ke para monster.

Setelah membeli Hero, apabila pemain kembali membeli Hero yang sama, maka Hero tersebut akan naik level, menjadikan damage yang dilakukannya lebih tinggi. Semakin tinggi level yang dipunyai seorang Hero, maka dia pun berkesempatan untuk mendapatkan Skill yang bisa dibeli dengan menggunakan Zenny. Ada banyak skill yang sangat berguna bagi pemain, sehingga tidak ada alasan untuk melewatkan salah satu Hero hanya karena ada Hero yang lebih bagus di atasnya. Paling tidak, menunggu sampai semua skill milik Hero tersebut akhirnya terbeli.

Jika sudah berhasil melewati beberapa level, maka akan ada yang namanya Boss level. Untuk Boss level ini, ada sedikit perbedaan dengan biasanya, karena pemain bakal diberikan batas waktu untuk membunuh Boss tersebut. Kalau gagal membunuh Boss dalam waktu yang telah ditentukan, itu mengartikan bahwa pemain harus mengumpulkan Zenny dan melakukan upgrade lagi.

Biasanya, game mobile bertipe clicker ini bisa ditinggal dan mereka pun akan bekerja sendiri demi menghasilkan uang. Demikian juga dengan Ragnarok Clicker, pemain bisa menutup game-nya dan menunggu hasil yang ada sambil mengerjakan hal lain. Tapi, ada satu fitur unik di sini. Dengan menyalakan Progression Mode, pada saat game-nya berhasil menyelesaikan sebuah level secara otomatis, maka dia pun akan melanjutkan ke level berikutnya. Ini berlanjut sampai levelnya mentok dan akhirnya bertemu dengan Boss Battle, yang harus dijalankan sendiri oleh sang pemain.

Berhubung game mobile ini adalah resmi dari pembuat Ragnarok Online, maka kita bisa melihat berbagai monster Ragnarok yang tampil sesuai dengan grafis di Ragnarok Online. Mulai dari monster macam Poring, Pupa, Fabre, Yoyo, Rocker, Sandman sampai ke Boss Monster, seperti Vocal, Phreeoni, Poison Spore, Golden Thief Bug, dan Obeanune. Semua monster tadi tampil dengan backdrop gambar lingkungan yang pastinya dikenali oleh para fans Ragnarok Online. Para monster ini juga memiliki animasi pergerakan di tempat dan animasi mati. Selain itu, Ragnarok Clicker juga memiliki lagu background santai yang menarik, berikut dengan efek-efek suara yang sebenarnya agak mengganggu kalau terus menerus diperdengarkan.

Agak mengherankan juga, mengapa sebuah game clicker free-to-play seperti Ragnarok Clicker ini malah membutuhkan koneksi Internet untuk dimainkan. Begitulah, game-nya bakal menolak Anda untuk masuk ke game apabila ponsel Anda tidak tersambung dengan koneksi Internet, dan akan terus menunggu di layar loading. Lucunya, begitu sudah masuk ke dalam game, Anda nyatanya boleh mematikan koneksi Internet dan tidak akan mengganggu permainan sama sekali. Memang aneh, tapi hal ini berarti apabila terjadi gangguan pada Internet Anda, maka Anda tidak akan bisa memeriksa game sama sekali. Asyiknya, tidak ada gangguan iklan sama sekali selama permainan.

Seperti halnya dengan game free-to-play lainnya, Ragnarok Clicker juga memiliki mikrotransaksi, yang di sini berupa pembelian mata uang premium Emperium. Mata uang premium ini bisa digunakan untuk mempermudah permainan, seperti dengan membeli 2x Damage secara permanen, membeli 3 Hero Transcendent, dan berbagai macam hal lainnya.

Secara garis besar, Ragnarok Clicker ini merupakan game penghabis waktu yang cukup oke. Bisa dimainkan kapan saja kalau sedang iseng. Misalnya dalam perjalanan kereta, atau pun untuk dilihat progress-nya ketika sedang makan siang. Namun, sebagai game kecil yang entah mengapa membutuhkan space sebesar 130MB ini, rasanya hanya sebagian dari para penggemar Ragnarok Online saja yang bisa mengapresiasi spinoff game macam Clicker ini.

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top