NEWS

Ada Celah di Siri! Mungkinkan Orang Lain Matikan Koneksi Data di iPhone?

by en19ma | 04 Jun 2017
Ada Celah di Siri! Mungkinkan Orang Lain Matikan Koneksi Data di iPhone?

Tujuan dari pengaktifan Passcode atau sandi untuk mengunci iPhone adalah demi menghindari adanya orang atau pihak lain yang membuka iPhone, lalu mencuri berbagai informasi di dalamnya. Terutama adalah data-data yang berhubungan dengan informasi finansial milik sang pengguna iPhone.

Kali ini, sebuah celah telah ditemukan pada Siri. Meski tak menimbulkan masalah yang serius seperti kehilangan informasi finansial, celah itu memungkinkan pengguna untuk mematikan koneksi data pada iPhone.

Sebagaimana dikutip dari Phone Arena baru-baru ini, celah tersebut ditemukan oleh seorang pengguna Reddit. Dengan celah itu, siapa pun bisa memutus koneksi data pada tanpa harus membuka kunci dengan memasukkan Passcode.

Jika kalian pernah meminta Siri untuk menonaktifkan koneksi data pada sebuah iPhone yang menjalankan iOS 9 hingga iOS 10.3.3 beta, maka Siri akan memberitahukan bahwa pengguna harus memasukkan Passcode di iPhone tersebut. Memang, tidak ada yang salah sama sekali dengan hal itu.

Namun, jika pengguna ingin bertanya pada Siri mengenai pengaturan data seluler dan status yang terkait, ada bug yang rupanya bakal mengambil alih.

Bug tersebut menunjukkan tombol gulir yang memungkinkan pengguna (atau siapa pun) untuk mematikan koneksi data seluler jika ponsel dalam kondisi terkoneksi dengan data. Sementara, jika ponsel tak terhubung dengan paket data, Siri juga bisa membantu untuk mengaktifkannya.

Semua proses itu bisa dilakukan dengan bantuan Siri, tanpa memerlukan pengguna untuk memasukkan Passcode ke iPhone demi bisa membuka kuncinya. Kemungkinan besar, hal ini bisa terjadi karena adanya celah pada Siri.

Jangan khawatir, hal ini tentunya tak akan berpengaruh pada data-data yang tersimpan pada iPhone milik sang pengguna.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top