REVIEW

Game Puzzle Seru nan Unik, Need A Hero

Andy Chan   30 May 2017
Game Puzzle Seru nan Unik, Need A Hero

Seorang putri dari sebuah kerajaan yang nun jauh di sana telah diculik oleh seekor naga, dan seorang pemuda pun pergi bertualang bersama dengan keledainya untuk menyelamatkan sang putri dari cengkeraman naga tersebut. Ini bukanlah perjalanan yang mudah. Berbagai macam rintangan telah siap untuk menghadangnya, termasuk sederet monster dan banyak orang jahat. Sanggupkah Anda sebagai sang pemuda bersama keledainya tersebut menyelamatkan sang putri dalam Need A Hero buatan Game Insight ini?

Pada dasarnya, Need A Hero merupakan sebuah game puzzle match-three yang unik dan sangat adiktif. Inti utama dari game mobile ini adalah untuk menarik garis agar simbol-simbol yang berwarna sama di layar bisa dihancurkan. Ada beberapa macam simbol berwarna di layar yang semuanya akan terjatuh ke bawah apabila simbol-simbol di bawahnya sudah dihancurkan. Jika sejumlah simbol berhasil dihancurkan secara sekaligus, maka akan keluar simbol khusus, seperti sihir air yang bisa menghancurkan satu kolom dan satu baris, atau sihir api yang bisa meledakkan sebanyak 9 kotak sekaligus.

Cukup standar, sebenarnya. Namun, Need A Hero menyediakan dua buah mode, yakni Story Mode dan Arcade Mode. Mode utama dari game mobile ini tentu saja adalah Story Mode, dimana Anda sebagai seorang pemuda akan bertualang bersama dengan keledainya untuk menyelamatkan sang putri raja.

Dalam Story Mode, game mobile ini dimainkan dengan menggunakan sebuah peta overworld, dimana Anda bisa berjalan dari sebuah titik ke titik selanjutnya untuk bertarung melawan monster atau pun memilih cabang pada jalan yang biasanya menuju ke sebuah resource tertentu. Peta overworld ini juga memiliki fitur-fitur unik, seperti peti yang setiap beberapa saat bisa menghasilkan harta, kincir angin yang bisa disentuh untuk berputar, atau pun domba-domba yang akan bereaksi apabila disentuh.

Unik untuk Story Mode, permainan match-three bakal dimainkan seolah-olah Anda sedang bertarung melawan monster. Tujuan utamanya adalah untuk mengisi sebuah bar yang berada di bawah sang pemuda, dan apabila bar tersebut sudah penuh, maka dia pun akan bisa menyerang sang monster dan menyakiti monster tersebut sesuai dengan damage yang dihasilkan dari senjata miliknya. Monsternya sendiri tidak bakal ikut bermain puzzle match-three, melainkan memiliki sebuah counter berupa hitungan mundur, yang mana apabila counternya sudah habis, maka dia pun akan menyerang sesuai dengan damage yang dimiliki senjatanya.

Selain menyerang secara biasa, pemain juga berkesempatan untuk melakukan efek-efek tambahan, seperti menyuruh sang keledai untuk menyerang, menggunakan sihir petir, dan sebagainya. Sayangnya, efek-efek tambahan ini harus dibayar dengan menggunakan gold. Bahkan, ada efek yang sangat kuat, yang harus dibayar dengan menggunakan mata uang premium. Yang bisa dipastikan, mode ini cukup santai untuk dimainkan, karena tidak ada batasan waktu sama sekali. Pemain pun jadi bebas untuk berpikir panjang sebelum bergerak.

Untuk mendukung dalam pertarungan, ada yang namanya Crafting. Dan, hal ini bisa dilakukan apabila Anda memiliki material dengan jumlah yang cukup. Dengan melakukan crafting, maka Anda bisa meng-upgrade senjata, armor, dan sebagainya agar sang pemuda bisa menghabisi lawan-lawannya dengan lebih cepat lagi. Crafting tidaklah bisa dilakukan secara instan. Butuh waktu hingga beberapa lama barulah semuanya bisa selesai, kecuali jika Anda bersedia untuk menghabiskan mata uang premium demi mempercepat prosesnya.

Sekali melakukan pertarungan pada peta overworld akan menghabiskan sejumlah makanan. Dan, apabila makanannya habis, maka sang pemuda pun tidak bisa melanjutkan perjalanan sampai makanan telah tersedia lagi. Secara efektif, hal ini merupakan sebuah sistem stamina yang biasa digunakan oleh banyak game free-to-play.

Tapi, janganlah khawatir, karena apabila Anda sampai kehabisan stamina dan tidak bisa memainkan Story Mode, maka masih ada satu mode lagi yang bisa dimainkan tanpa batas, yaitu Arcade Mode. Dalam mode ini, Anda diberikan waktu selama 60 detik untuk mengumpulkan skor dengan sebanyak-banyaknya. Dan, kalau boleh dibilang, ini adalah mode yang sangat adiktif dan menantang. Dalam mode ini, juga ada multiplier skor serta frenzy apabila Anda bisa menghancurkan berbagai macam simbol secara cepat. Sangat enjoyable untuk melihat skor yang tinggi akibat melakukan hal ini.

Need A Hero juga tampil dengan animasi yang sangat bagus. Mulai dari efek-efek penghancuran simbol di layar, berbagai efek gerakan obyek-obyek di peta overworld sampai ke animasi karakter ketika bertarung. Ini semua didukung dengan lagu-lagu yang seru saat bertarung, dan ditambah lagi dengan efek-efek suara yang menggelegar dari para monster serta hancurnya simbol-simbol di layar.

Seperti yang sudah disebutkan, Need A Hero adalah sebuah game gratis yang didukung dengan mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium berupa crystal atau pun pembelian koin. Berhubung game-nya tidak membutuhkan koneksi Internet dan terkadang ada iklan pada saat Anda memainkan game mobile ini, cara terbaik untuk memainkan Need A Hero adalah dengan mematikan mobile data.

Secara garis besar, Need A Hero merupakan sebuah game puzzle yang fantastis untuk platform mobile. Sifat adiktif dari permainan game-nya juga tidaklah akan membuat Anda sampai harus membayar, karena ada Arcade Mode yang seru dan bisa dimainkan untuk mengisi waktu senggang, karena tokh hanya memerlukan waktu sebanyak 60 detik saja untuk sekali main. Inilah game puzzle yang wajib dipasang di ponsel Anda.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top