EKSKLUSIF

Aplikasi Dalam Berita Episode 13 - Yogrt

02 May 2017 Conny
Aplikasi Dalam Berita Episode 13 - Yogrt

Digagas sejak Oktober 2014 dan hanya dikembangkan bagi Indonesia untuk sementara ini, Yogrt yang merupakan sebuah wadah social discovery egaliter berbasis lokasi serta makin meraih popularitas kaum muda dan diklaim telah memiliki lebih dari 5 juta pengguna hingga kini, telah mengadakan peluncuran awal atas fitur terbarunya, yakni Live Content, di Jakarta belum lama ini.

Live Content sendiri adalah sebuah fitur yang memungkinkan anak-anak muda berbakat Indonesia —yang telah dipilih Yogrt sebelumnya— untuk menyiarkan konten-konten videonya secara langsung demi memperkaya hiburan dan interaksi antar para pengguna aplikasi media sosial tersebut. Contoh kategori yang bakal ada di fitur Live Content akan meliputi menyanyi, menari, stand-up comedy, fashion/make up, reportase acara, olahraga, wisata, dan lainnya.

Melalui fitur Live Content, Yogrt tahun ini berencana untuk memberdayakan sebanyak 10.000 anak muda Indonesia untuk secara independen mempertunjukkan bakat mereka kepada khalayak yang lebih luas. Tak hanya itu, Yogrt pun berencana untuk berkolaborasi dengan partner-partner potensial dan universitas lewat aktivitas pencarian bakat di beberapa kota Indonesia.

Menurut Head of Operations untuk Yogrt, Damayantri Permata Arif, fitur terbaru ini sengaja diluncurkan sebagai salah satu pengembangan fitur yang strategis, sekaligus memberikan platform baru secara agresif untuk kalangan millennial dalam berbagi kreativitas melalui video secara langsung. Selama ini, pengguna Yogrt hanya bisa berinteraksi melalui teks dan image, serta video pendek.

“Sekarang, dengan teknologi live interactive seperti ini, menjawab kebutuhan mereka. Untuk meningkatkan interaksi mereka lebih tinggi di Yogrt. Selain itu, juga terkait dengan rencana memberdayakan sepuluh ribu talent itu sendiri. Mendorong mereka agar bakat anak-anak muda ini tersalurkan. Supaya, mereka bisa membagikan konten-konten inspiratif dan bermanfaat bagi pengguna Yogrt,” ujar Damayantri.

Selaku Co-founder dan Director untuk Yogrt, Jason Lim menjelaskan, “Para pengguna sosial media di masa ini tahu apa yang mereka inginkan dari semua media yang bersifat real time. Hal ini mencakup kemudahan bernavigasi, tampilan yang bersahabat, dan konten yang menarik.”

“Pendekatan ini tentunya mendobrak sistem media sosial konvensional yang menciptakan elitisme. Yogrt hanya tersedia untuk pasar Indonesia. Mayoritas pengguna Yogrt berada pada target market yang paling berkembang, di kelompok 18-30 tahun, yang tersebar di kota-kota di Indonesia.”

“Lewat sistem Live Content yang ‘berfokus pada anak-anak muda berbakat’, Yogrt menawarkan konten yang lebih menyenangkan dan aman, yang dapat memaksimalkan pengalaman para pengguna ketika mengaksesnya,” tambahnya. Dengan fitur terbaru ini, layanan media sosial tersebut menargetkan bisa menambah jumlah penggunanya hingga angka 15 juta dalam kurun waktu 12 bulan ke depan.

Proses pengecekan yang ketat dilakukan di semua aspek Live Content tersebut. Dari mulai sisi talent tadi hingga konten. Semuanya dilakukan untuk memastikan agar bisa menghasilkan konten yang berkualitas, sesuai, dan aman. Dan, tentunya tetaplah cocok dengan konsep awal yang ditawarkan oleh Yogrt, yaitu kesempatan yang sama kepada seluruh penggunanya untuk terhubung, terdengar, dan berteman tanpa harus melakukan proses follow atau pun confirm terlebih dahulu.

Mengenai pendaftaran menjadi talent untuk Live Content, Damayantri menjelaskan beberapa cara yang disediakan oleh Yogrt. Cara pertama melalui e-mail support@yogrt.co, dan cara kedua melalui aplikasi mobile Yogrt pada menu Contact Us/Hubungi Kami. Apakah manfaatnya jika pengguna bisa lolos seleksi menjadi talent Yogrt? Tidak hanya mendapatkan akses untuk memakai fitur Live Content, mereka juga berpeluang untuk mendapatkan virtual gift dari pemirsanya yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang.

“Di Yogrt, ada sistem virtual gift. Talent berkesempatan memperoleh apresiasi dari para pengguna [lain]. [Virtual gift tersebut] bisa dicairkan,” kata Damayantri. Meski menjamin virtual gift itu bisa ditukarkan dengan uang, Damayantri belum menyebutkan berapa jumlah minimum dari virtual gift tersebut, yang bisa dicairkan oleh para talent.

Belum pernah menjajal Yogrt? Atau, malah sudah tertarik untuk menjadi seorang talent di Live Content milik media sosial, yang dikembangkan oleh KongKo Digital dengan didorong komitmen untuk menjadi yang terbesar di Indonesia tersebut? Segeralah mengunduh aplikasi mobile-nya secara cuma-cuma di Google Play Store dan Apple App Store. Juga, kunjungilah situs resminya untuk informasi lebih lanjut.

SHARE Artikel
Artikel Terkait
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Kantor Taman E3.3 Unit C-6, 5th Floor JL. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7 Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan 12950 Indonesia

+62 21 57901762

redaksi@jurnalapps.co.id

To Top