NEWS

Presiden RI Ungkap Alasan di Balik Keaktifannya di Media Sosial

by en19ma | 30 Apr 2017
Presiden RI Ungkap Alasan di Balik Keaktifannya di Media Sosial

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap mengunggah berbagai kegiatannya di media sosial. Langkah tersebut ditempuh beliau agar masyarakat Indonesia, termasuk generasi mudanya, mengetahui dan mengambil bagian terhadap segala kebijakan pemerintah.

Seperti telah banyak diketahui, Presiden Jokowi memiliki berbagai akun pribadi di media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter hingga YouTube. Beliau pun mengungkap alasannya untuk aktif di berbagai media sosial tersebut.

“Lebih efektif, kita menggunakan media sosial. Oleh sebab itu, sekarang ini, dalam menyampaikan program pemerintah, saya juga menggunakan video blog (vlog) dalam berkomunikasi dengan anak-anak muda. Saya juga melakukan tanya jawab untuk menanyakan masalah-masalah yang ada di lapangan kepada generasi muda kita untuk kemudian saya jawab,” kata Presiden, Selasa (25/4) siang, saat singgah di sebuah rumah makan di Purwakarta, Jawa Barat.

Presiden Jokowi memang cukup aktif mengunggah vlognya di akun Facebook dan YouTube pribadinya. Dalam sejumlah vlog terbarunya, Presiden Jokowi sengaja melibatkan para generasi muda untuk dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui cara mereka sendiri.

“Saya kira cara berkomunikasi seperti ini penting agar kita bisa menyampaikan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah, program apa yang telah diselesaikan dan sedang berjalan,” tutur Presiden, seperti dilansir dari situs resmi Sekretarian Kabinet Republik Indonesia. http://setkab.go.id.

Cara-cara seperti itu, dinilai Presiden Jokowi, akan bisa menjelaskan perkembangan setiap program, sehingga komunikasinya dengan anak-anak muda dan rakyat selalu terhubung.

Menurut Presiden, vlog yang dibuatnya itu sering kali muncul dari spontanitas terhadap apa yang ia lihat di lapangan. Ia mencontohkan proses pembuatan vlog di Waduk Sei Gong di Batam, Kepulauan Riau, yang diunggahnya pada 31 Maret 2017 lalu.

“Spontan, kadang-kadang 'kan kita ke lapangan. Misalnya, waktu ke waduk Sei Gong. Kok pekerjanya banyak sekali? Saya tanya dari mana asal mereka. Ada yang dari Medan, Tanjung Pinang, Balikpapan, Makassar, NTT. Macam-macam. Langsung, spontan saat itu, saya buat vlog-nya,” ungkap Presiden.

Tentunya, vlog yang dibuat beliau bersama para pekerja di Waduk Sei Gong saat itu bukanlah hanya sekedar formalitas belaka. Ada tujuan yang hendak dicapai dari aktivitas tersebut, yang mungkin belum disadari masyarakat. “Untuk menunjukkan bahwa yang bekerja di situ dari Sabang sampai Merauke. Dan, setiap proyek itu pasti akan membuka lapangan pekerjaan baru,” pungkas Presiden.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
ARTIKEL Terkini
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top