REVIEW

Jomblo Keren: Simulasi bagi Jomblo-jomblo (yang Inginnya Bisa) Bahagia

by EstuPW | 29 Apr 2017
Jomblo Keren: Simulasi bagi Jomblo-jomblo (yang Inginnya Bisa) Bahagia

Wahai, para jones (jomblo ngenes). Sekarang, kalian akan lebih merasa bahagia, sebab developer Raxeon telah membuat game Joker (Jomblo Keren), sebuah game mobile yang akan mengangkat status kalian hingga setinggi-tingginya sampai kejedot eternit.

Game Joker menggunakan formula visual novel plus simulasi yang cukup populer di kalangan jomblo-jomblo yang merangkap sebagai weeaboo (istilah untuk menyebut seseorang yang sebenarnya bukan warga negara Jepang, tapi seringnya menganggap diri mereka sebagai orang Jepang dan malah mencela kebudayaan yang dimiliki negara mereka sendiri).

Joker bakal menyoroti sosok jomblo yang harus melalui seluruh rintangan hidup dalam bentuk pilihan-pilihan labil yang penuh jebakan. Selain itu, Joker akan menenggelamkan kita ke dalam berbagai event lucu hingga yang memasuki ranah konyol. Pada intinya, kalian akan menggawangi setiap langkah yang diambil sambil menikmati segala konsekuensinya.

Untuk memilih setiap tindakan yang hendak kalian ambil, kalian hanyalah perlu melakukan tap pada salah satu jawaban yang ada. Hanya ada dua jawaban yang bisa di-tap pada setiap event, tetapi event-event itu terkadang akan saling terjalin dan berantai.

Raxeon meletakkan event-event tersebut secara acak, sehingga kalian akan merasa kesulitan untuk menghafal setiap langkah yang harus kalian ambil demi mencapai sebuah target. Tapi, 'sulit' bukanlah berarti 'tidak mungkin.' Yang perlu kalian lakukan adalah mengambil buku tulis dan mencatat semua hasil yang pernah keluar pada setiap respon yang ada. Sumpah!

Well, anggap saja bahwa kami tidak pernah menyarankan kalian untuk melakukan hal itu tadi karena bisa-bisa malah akan merusak permainan (dan, jadi terasa seperti menjalani aktivitas sekolah atau kuliah lagi, ya).

Terdapat empat status utama pada Joker, yaitu Perasaan, Sosial, Akademis, dan Keuangan. Nantinya, kalian akan diberi target berupa status apa yang harus kalian penuhi. Sepanjang perjalanan kami menjomblo di dalam game mobile ini, kami harus memenuhi status Akademis, Keuangan, dan Sosial. Jadi, lupakanlah perasaan kalian atau cewek yang malah ujuk-ujuk langsung meminta jadian denganmu. Ingatlah, kalian itu Jomblo Keren secara luar mau pun dalam.

Ada banyak target yang harus kalian penuhi di Joker. Kalian bisa mengoleksi artwork dan status pencapaian di luar target utama yang diberikan. Jujur saja, kami mengalami kesulitan untuk mengumpulkan semuanya, dan sampai review ini selesai ditulis, para jomblo yang kami kerahkan pun masih merasa kesulitan untuk mengejar target status Sosial. Hasil yang kami peroleh tersebut tidak menunjukkan kalau kami itu adalah ansos (anti sosial), tapi kami harus bertanggung jawab untuk mengerjakan review Joker ini, sehingga tidak sempat bersosialisasi (ngeles level jomblo).

Jomblo Keren dibangun di dalam Unity Engine Personal Edition. Kalau dilihat dari status engine-nya, kemungkinan besar yang dapat disimpulkan (atau dituduhkan secara azas praduga ala jomblo) adalah developer Raxeon itu berisikan jomblowan dan jomblowati. Hal ini dilakukan demi mengingat bahwa engine mereka saja bukan Unity Engine Couple Edition. Pastinya, mereka adalah jomblo!

Secara garis besar, Joker cukup membuat kami terkejut. Game mobile sesederhana ini mampu membuat kami terpaku selama berjam-jam di depan smartphone tanpa berkedip apalagi pacaran. Ya, iyalah. Secara kita itu Jomblo Keren luar dalam. Banyak momen menarik yang terjadi di dalam Joker, dan beberapa jawaban atas momen tersebut pun 'berfungsi' layaknya ban kempes. Dijawab A malah ngaco, dijawab B juga tetap ngaco.

Bagi kalian ingin membeli game Joker, kami sarankan untuk langsung membeli game mobile ini tanpa perlu berpikir panjang. Kapan lagi, coba? Bisa-bisanya ada game mobile murah yang memiliki level humor cukup baik dan gameplay yang sederhana tetapi adikitif seperti ini? Kapan lagi? Tambahkan juga elemen hiburan yang mengangkat posisi jomblower hingga ke ujung langit, kalian pastinya bahagia ketika memainkan Joker.

Satu-satunya kelemahan dari Joker adalah game mobile ini bisa habis alias tamat, sehingga kalian akhirnya akan menemukan momen dimana tidak ada lagi yang namanya hal-hal yang bisa kalian lakukan seperti di Joker itu. Kalau sudah begini, kalian mungkin harus move on, kembali ke dunia nyata, dan menjadi Joker sejati yang tidak tergantikan. Kalau perlu, kalian pun tetap menjalani predikat Joker hingga anak cucu kalian telah lahir ke dunia yang fana ini. Hidup Jomblo Keren!

APLIKASI & GAME Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Follow Us
To Top